Pengertian Watak

Pengertian Watak
Watak
Pengertian watak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sifat batin manusia yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat. Watak ialah ciri, tanda yang menjadi khas yang dimiliki atau melekat pada seseorang berdasarkan penilaian secara menyeluruh.

Watak merupakan hal empiris, dapat diketahui dengan mempelajari dan dengan cara mengamati. Aspek yang paling mudah untuk digunakan yaitu tampilan fisik seseorang. Tampilan fisik dalam hal ini dibatasi pada gerakan anggota badan seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain. Sebab, secara fungsi fisiologis, berbagai gerakan anggota badan merupakan wujud ekspresi dari muatan pikiran seseorang.

Menurut ahli psikologi behavioristik, sifat-sifat watak dapat disamakan dengan sifat tingkah laku (behavior). Sedangkan menurut sosiopsikologis manusia selalu berhubungan dengan sesamanya, berhubungan dengan alam, dan berhubungan dengan dirinya sendiri.

Cara manusia berhubungan itu bermacam-macam, senang, marah, kasihan, benci, sayang, cinta, bekerja sama, bersaing, dan sebagainya. Dengan segala cara berhubungan itu, manusia berusaha menyesuaikan diri, mencoba berorientasi dengan sesama, dengan alam, bahkan dengan diri sendiri. Oleh sebab itu, dikatakan bahwa inti dari watak ialah orientasi.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Watak"