Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian Sanguinis: Pengertian, Ciri, Profesi yang Cocok, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kepribadian Sanguinis
Kepribadian Sanguinis
Pengertian Kepribadian Sanguinis
Kepribadian sanguinis adalah salah satu dari 4 tipe kepribadian berdasarkan perangai dan watak, selain koleris, melankolis dan plegmatis. Orang dengan kepribadian sanguinis merupakan individu yang optimis serta selalu bersemangat. Orang sanguinis juga selalu kreatif dan ramah dengan orang lain.

Selain itu, orang sanguinis juga memiliki ciri-ciri mudah bergaul dengan orang lain, punya energi yang besar, suka bersenang-senang, suka bertualang, aktif, optimis, ekspresif, memiliki selera humor yang baik, serta tak ragu untuk menunjukkan rasa sayangnya ke orang lain.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang senang dekat dengan si sanguinis. Orang dengan kepribadian ini disebut cocok bekerja di industri hiburan seperti travel, fashion, marketing, atau olahraga.

Ciri Kepribadian Sanguinis
Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, berikut beberapa ciri orang yang memiliki kepribadian sanguinis di antaranya,
1. Senang bercerita dan didengarkan
Seorang sanguinis sangat suka mengutarakan gagasan maupun hal-hal yang ia rasakan. Ia merupakan seorang extrovert dan sangat terbuka dalam menceritakan persoalan hidupnya, bahkan pada orang yang baru ia kenal.

Sanguinis akan sangat antusias bercerita tentang hal apa pun, ia senang orang lain mendengarkan dan menganggap dirinya menjadi pusat perhatian di lingkungan pekerjaan maupun sosial.

Akan tetapi, sifat ini berisiko menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri. Tak jarang malah menjadi jumawa dan enggan mendengarkan pendapat orang lain karena merasa pendapat mereka adalah yang terbaik.

2. Mudah menjalin relasi
Seorang sanguinis senang menjalin relasi dengan siapa pun. Ia dapat berteman dengan mudah, nyaris dengan semua kalangan. Pembawaannya yang ramah dan hangat, mudah memikat hati setiap orang yang ia temui. Tak heran, banyak orang yang senang berteman dengan sanguinis.

Kegemaran sanguinis dalam menjalin relasi juga tidak lepas dari rasa ingin tahunya yang begitu besar pada lingkungan dan orang-orang baru.

Namun, jika teman bicaranya dianggap membosankan, seorang sanguinis akan dengan mudah beralih ke orang lain. Meski ia memiliki banyak teman, sanguinis juga akan mudah merasa kesepian karena semua jalinan relasi yang ia jalani didasarkan pada pola hubungan untung dan rugi.

3. Senang berkelompok
Kegemarannya dalam menjalin relasi dan rasa ingin tahunya yang tinggi, membuat sanguinis kerap menjelajahi satu komunitas ke komunitas lainnya demi memuaskan rasa ingin tahu dan keinginan bertemannya yang besar.

Hal ini juga disebabkan karena sanguinis gemar melakukan kegiatan kelompok ketimbang kegiatan individual.

4. Energinya besar
Untuk dapat bercerita panjang lebar dan melakukan beragam kegiatan di banyak kelompok, seorang sanguinis membutuhkan energi yang besar, dan memang biasanya mereka diberkahi semangat dan energi yang meluap-luap.

Sanguinis dapat dengan mudah melakukan banyak kegiatan dalam sehari, berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mengisi kesehariannya. Energinya yang besar membuat sanguinis terlihat seperti orang yang tidak pernah lelah dalam menjalani aktivitas.

Meski demikian, sanguinis juga harus telaten memperhatikan kesehatannya. Sebab terlalu memaksakan diri untuk selalu berpindah-pindah dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan mereka.

5. Selalu optimis
Orang dengan kepribadian sanguinis biasanya memiliki optimisme yang tinggi. Mereka lebih memilih untuk melihat sisi baik dalam kehidupan dan ingin menjalani hidup sepenuhnya. Mereka jarang atau bahkan tidak pernah melihat sisi buruk dari situasi-situasi yang mereka hadapi.

Orang dengan kepribadian ini percaya bahwa hidup adalah pengalaman menyenangkan yang harus dinikmati.

6. Mudah beradaptasi
Sebab pikirannya yang selalu positif ditambah dengan kemampuannya menjalin relasi, seorang sanguinis mudah beradaptasi nyaris di segala lingkungan dan keadaan. Ia tak sulit menerima perubahan di tempat kerja maupun beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan sosial yang baru.

7. Impulsif
Salah satu ciri khas lain dari sanguinis adalah impulsif. Sanguinis sangat sulit mengendalikan keinginan mereka, bahkan tak jarang keputusan mereka yang serba mendadak dan kerap tidak didasari pemikiran yang matang, dapat merugikan diri mereka sendiri.

Mereka rentan terjebak pada aktivitas maupun hal yang dapat merusak kehidupan serta karier yang telah dibangun. Selain itu, sanguinis juga memiliki mood yang mudah berubah sehingga mereka rentan mengalami depresi.

Profesi yang Cocok Kepribadian Sanguinis
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seseorang dengan karakter sanguinis cenderung optimis, bersemangat, petualang, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Dalam dunia pekerjaan, si sanguinis akan mencari profesi yang memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal baru, menantang, dan tak segan untuk mengambil risiko.

Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan secara berulang, monoton dan tidak banyak variasi di dalamnya kurang cocok untuk sanguinis yang kreatif dan bersemangat. Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk karakter sanguinis di antaranya,
1. Aktor
Aktor akan menjadi profesi yang menyenangkan dan menggairahkan untuk sanguinis. Berperan menjadi berbagai karakter adalah hal yang menantang dan tidak membosankan untuk para sanguinis. Oleh karenanya, profesi ini membutuhkan sosok yang optimis, terbiasa dengan menjadi pusat perhatian, suka menghibur orang lain, dan tidak monoton.

Meskipun sedikit berisiko, namun profesi ini bisa jadi pekerjaan yang menantang untuk sanguinis. Terlebih, untuk menjadi seorang aktor atau seseorang yang bekerja di dunia hiburan tak memerlukan pendidikan formal.

Bahkan sebagian orang dapat menempuh pendidikan teater atau drama di sekolah akting untuk meningkatkan skill dalam beradu peran.

2. Art Director
Art director adalah pekerjaan yang umum di media cetak maupun elektronik seperti majalah, koran, televisi, hingga perfilman.

Art director bertanggung jawab untuk mengembangkan keseluruhan visi artistik kemudian memberitahukannya visi tersebut dengan semua staf lain untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas artistik tertinggi.

Profesi ini membutuhkan banyak bertanggung jawab untuk mengembangkan keseluruhan visi artistik dan kemudian membagikan visi tersebut dengan semua staf lain untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas artistik tertinggi.

3. Pemasaran atau Marketing
Pemasaran bertugas untuk memasarkan produk dan mengembangkan strategi agar penjualan produk meningkat. Pekerjaan ini cocok untuk sanguinis karena bertemu dengan banyak orang baru, penuh tantangan, dan memungkinkannya untuk menggunakan cara-cara kreatif agar masalah bisa terpecahkan dengan baik.

Selain itu, sebagai seorang marketing dibutuhkan juga mental yang kuat dan pantang menyerah. Tentunya sangat sesuai dengan sanguinis yang penuh optimisme.

4. Pengusaha
Sebagai seorang pengusaha, sanguinis terbilang cocok untuk profesi ini. Sebab, pengusaha membutuhkan banyak kreativitas untuk mengembangkan produk jualannya. Mulai dari mencari produk, mencari cara kreatif untuk memasarkannya dan ide-ide unik agar produknya mudah dikenal masyarakat dan laku dipasaran.

Hal ini sangat cocok dengan sanguinis yang penuh ide-ide out-of-the-box dan kreatif. Selain itu, sebagai pengusaha, sanguinis juga akan bertemu orang-orang baru, pelanggan, hingga kerjasama dengan banyak orang. Tentunya profesi ini penuh risiko namun layak dicoba oleh sanguinis.

5. Produser atau Sutradara
Meskipun serupa, tapi profesi ini tidaklah sama. Produser bertugas untuk membuat keputusan besar dalam bisnis perfilman, teater, atau industri televisi. Selain itu, produser juga bertanggung jawab untuk mempekerjakan semua kru, termasuk sutradara dan memastikan proyek tersebut didanai dengan benar.

Kelebihan Kepribadian Sanguinis
Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian sanguinis di antaranya,
1. Mudah bergaul
Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam European Journal of Education Studies, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini pasti mudah bergaul dan memiliki banyak teman.

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung percaya diri untuk mengajak orang lain berkenalan, atau memulai percakapan baik dengan orang yang sudah dikenal maupun orang yang baru dikenalnya. Tak heran sanguinis juga bisa disebut sebagai seorang ekstrovert.

2. Optimis
Selain mudah bergaul, seorang sanguinis juga cenderung sangat optimis dalam berbagai hal. Daripada murung, galau, atau memikirkan hal yang membuatnya merasa sedih, sanguinis memilih untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi dirinya.

Bahkan, dalam menghadapi situasi yang buruk, orang dengan tipe kepribadian ini bisa lebih berpikiran positif jika dibandingkan dengan orang dengan tipe kepribadian lainnya. Maka itu, seorang sanguinis sangat menikmati hidupnya.

3. Mudah mengekspresikan perasaan
Orang yang bisa dengan mudah mengekspresikan perasaannya adalah orang yang beruntung. Daripada harus memendam perasaan marah, kesal, sedih, dan berbagai perasaan negatif yang dimiliki, tentu lebih nyaman jika bisa mengeluarkan perasaan tersebut dan segera melupakannya.

Orang dengan tipe kepribadian yang satu ini sangat mudah menunjukkan perasaannya. Oleh sebab itu, jika mengenal seorang dengan tipe kepribadian ini, Anda pasti lebih mudah memahami perasaannya karena setiap emosi yang dimilikinya akan terpancar dari sikap, perilaku, hingga ekspresi wajahnya.

Kekurangan Kepribadian Sanguinis
Meski demikian, sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya,
1. Impulsif
Jika dibandingkan dengan tipe kepribadian lain, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini dikenal sebagai orang yang paling impulsif. Jika dihadapkan dengan sesuatu yang kelihatannya menarik dan menyenangkan, ia akan cenderung memilih untuk melakukannya. Namun, biasanya ia tidak memikirkan terlebih dahulu apa konsekuensi dari pilihannya tersebut.

Sebenarnya, tindakan impulsif bisa memberikan dampak positif, tapi sering kali sifat ini justru memberikan dampak negatif kepada orang yang melakukannya. Jika keputusan yang diambilnya salah, tentu hal ini dapat merugikan dirinya sendiri.

2. Suka cari perhatian
Salah satu karakteristik dari seorang sanguinis adalah gemar mencari perhatian. Jika ia merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pasangannya, ia akan mencari perhatian dari orang lain.

Hal ini tentu saja tidak hanya berhenti sampai di situ. Pasalnya, setiap kali ia merasa tidak mendapatkan perhatian, baik dari saudaranya, temannya, atau orang-orang terdekatnya, ia akan mencari orang lain yang akan memberikan perhatian yang diinginkannya tersebut.

3. Suka melebih-lebihkan sesuatu
Baik saat bercerita, berekspresi, hingga menunjukkan perasaannya, orang dengan tipe kepribadian yang satu ini sering kali melebih-lebihkan. Hal ini dianggap menjadi sisi yang kurang baik dari seorang sanguinis, karena bisa jadi dalam bercerita, ia menambah-nambahkan hal yang tidak terjadi, atau dalam kata lain, berbohong.

Meski begitu, kepribadian adalah hal yang sangat kompleks. Bisa jadi, seorang sanguinis tidak sama dengan para sanguinis lainnya. Oleh sebab itu, cobalah mengenal tipe kepribadian Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian Sanguinis: Pengertian, Ciri, Profesi yang Cocok, Kelebihan, dan Kekurangannya"