Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian Plegmatis: Pengertian, Karakter, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian Plegmatis
Kepribadian Plegmatis
Pengertian Kepribadian Plegmatis
Kepribadian plegmatis adalah salah satu dari 4 tipe kepribadian berdasarkan perangai dan watak, selain koleris, melankolis dan sanguinis. Seorang dengan kepribadian plegmatis biasanya memiliki pembawaan tenang, kalem, tidak terburu-buru, dan menghindari terjadinya konflik.

Pada beberapa kondisi, mereka cenderung memerlukan waktu lebih banyak untuk berpikir saat membuat suatu keputusan. Mereka perlu melakukan analisis dulu atas semua pro dan kontranya. Setelah itu, barulah mereka dapat membuat keputusan yang matang dan bebas risiko.

Tipe kepribadian plegmatis ini dimiliki oleh hampir 30% sampai 35% dari jumlah populasi penduduk di dunia.

Kepribadian Plegmatis Menurut Para Ahli
1. Britannica, plegmatis adalah kepribadian yang tidak mudah galau, senang, atau marah.
2. Dictionary.com, plegmatis adalah kepribadian yang tidak mudah bersemangat untuk bertindak atau menampilkan emosi, apatis, dan lamban.

Karakter Kepribadian Plegmatis
Seseorang yang memiliki karakter plegmatis dikenal sebagai sosok yang menyukai kedamaian dan cenderung menghindari konflik. Ketika seorang plegmatis mengalami masalah dalam hidupnya maka ia akan dengan segera mencari solusi dengan cara damai atau tidak menimbulkan konflik dan pertengkaran.

Tipe ini biasanya mencari keharmonisan antar-pribadi dan hubungan yang erat. Maka tak heran jika orang-orang plegmatis menjadi pasangan yang setia atau sosok orang tua yang penuh kasih. Selain itu, terdapat sejumlah karakter lain mengenai kepribadian plegmatis di antaranya,
1. Tenang dan Berperasaan
Melansir dari Psychology Today, salah satu sisi positif dari seorang plegmatis adalah pembawaannya yang tenang.

Selain itu, mereka juga bisa dengan mudah mengetahui perasaan terdalam pada diri orang lain serta berusaha untuk membangun ketertarikan yang intim juga erat dengan orang-orang terdekat dalam hidupnya.

2. Imajinatif
Orang-orang plegmatis juga dikenal sangat imajinatif. Mereka suka berpikir abstrak.

Misalnya, ketika mereka mencoba untuk membaca bahasa tubuh orang lain dan memberitahu apa yang mereka rasakan atau lihat mengenai orang tersebut.

3. Menghindari Konflik
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa plegmatis sering menghindari konflik dan berusaha untuk selalu menengahi orang lain agar tidak tercipta perkelahian, memulihkan kondisi, dan menciptakan harmoni.

Itulah mengapa mereka selalu menjaga ikatan keluarga dan persahabatan seerat mungkin. Apabila terlibat konflik, mereka akan berusaha membuat keadaan kembali kondusif dengan memenuhi kebutuhan setiap orang yang terlibat.

4. Berempati dan Penyayang
Karena mereka adalah sosok yang berperasaan, maka plegmatis selalu mencoba untuk memahami orang lain lalu meresponsnya sesuai dengan apa yang dirasakan dan dipikirkan orang tersebut.

Hal ini adalah cara agar mereka terhubung dengan orang lain. Tak hanya itu, seorang plegmatis juga dikenal suka membantu orang lain yang membutuhkan.

5. Kooperatif
Di sisi lain, seorang plegmatis bisa menjadi sangat kooperatif, perhatian, dermawan, simpatik, percaya, dan hangat.

Mereka suka mengungkapkan perasaan mereka, terkadang mendramatisasi pengalaman mereka, yang merupakan bukti aktivitas estrogen yang tinggi.

6. Suka Berkontribusi
Meskipun menghindari konflik dan cenderung apatis, tapi si plegmatis memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih kepada masyarakat luas.

Misalnya, menyumbang ke panti asuhan, dan membantu orang yang kurang mampu. Mereka juga berusaha untuk selalu mengembangkan diri karena menganggap bahwa itu adalah sebuah keharusan.

7. Dapat Dipercaya
Dengan karakteristik penyayang dan suka membantu orang lain, membuatnya menjadi orang yang setia dan bisa dipercaya. Sebab, mereka juga sangat menghargai orang lain dan memiliki pendirian yang teguh.

Contohnya, selalu menepati janji dan berusaha keras untuk menyenangkan hati orang-orang terdekatnya. Mereka juga tidak memiliki kecenderungan untuk menyakiti orang lain.

Kelebihan Kepribadian Plegmatis
Dikenal dengan pribadi yang santai dan cinta damai, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian plegmatis di antaranya,
1. Plegmatis yang tidak banyak bicara, namun lebih bijaksana dibanding tipe kepribadian lainnya.
2. Penengah dan mediator yang baik. Plegmatis mampu menggabungkan logika dan perasaan.
3. Segala sesuatu dibuat secara teratur dan terorganisir jauh dari kesan berantakan.
4. Pendengar yang baik.
5. Memiliki sifat peduli, simpati, dan belas kasih yang tinggi.
6. Mampu bekerja di bawah tekanan dan mampu memecahkan masalah dengan tenang.
7. Dapat menyembunyikan rasa marah dan sedih, serta menjaga perasaan orang agar tidak tersinggung.
8. Cenderung pendiam namun tetap memiliki selera humor.
9. Sebagai teman dan kekasih, plegmatis adalah tipikal setia.
10. Cinta damai dan tidak suka keributan.

Kekurangan Kepribadian Plegmatis
Dibalik sifat santai dan cinta damai yang dimilikinya, pasti ada kekurangan pada diri plegmatis di antaranya,
1. Dibalik sifatnya yang tidak menyukai konflik dan tidak suka keributan, orang dengan karakter plegmatis kadang menghindari masalah dan suka menggantungkan masalah.
2. Kurang menyukai perubahan dan hal baru, serta tidak menyukai hal-hal yang bersifat kejutan. Ketika dihadapkan pada perubahan dan hal baru, plegmatis tidak bisa langsung antusias, semangat, dan on fire.
3. Plegmatis lebih menyukai bila hidup mereka santai, tenang, dan berjalan apa adanya.
4. Merasa takut dan khawatir tentang banyak hal dalam hidupnya, meski hal itu belum terjadi.
5. Terkadang sifat simpati membuat dirinya kurang tegas ketika menjadi pemimpin.
6. Cenderung pemalu, pendiam, dan lebih suka berperan sebagai penonton.
7. Kurang konsisten, tidak punya pendirian, dan saat membuat keputusan plegmatis akan diselimuti perasaan ragu-ragu.
8. Kurang bisa memotivasi diri.
9. Pada situasi tertentu mudah tertekan, serta tidak mudah menerima saran dan kritik.

Fakta Kepribadian Plegmatis
1. Tipe Plegmatis adalah Pendengar yang Baik
Jika butuh teman cerita dan teman curhat, maka carilah teman dengan karakter plegmatis karena mereka adalah pendengar yang baik. Banyak orang merasa nyaman bila berhadapan dan berada di dekat orang plegmatis. Plegmatis siap mendengar semua keluh kesah dan jarang mengeluh.

Plegmatis juga bisa memberikan solusi dan tetap tenang meski orang yang bercerita dengan menggebu-gebu atau terlalu bersemangat.

Seorang plegmatis juga mudah merasa iba pada orang lain dan hal-hal yang terjadi di sekitar. Jika ada keluarga atau teman yang sedang sedih atau tertimpa masalah, plegmatis akan ikut merasakan dan tergerak untuk membantu tanpa diminta.

Sifat plegmatis yang peduli dan menjadi pendengar yang baik selalu dicari-cari oleh orang-orang di sekitarnya.

2. Karier yang tepat untuk kepribadian plegmatis
Orang dengan tipe kepribadian plegmatis mampu bekerja di bawah tekanan, sehingga pekerjaan dengan kondisi tekanan tinggi pun cocok. Karakteristik orang plegmatis juga merupakan pribadi yang tenang dan penyabar.

Beberapa pekerjaan yang dianggap cocok untuk plegmatis adalah customer service, volunter, tenaga pengajar (guru dan dosen), psikolog, konselor, perawat, bidan, dan dokter. Jika menjadi seorang dokter, plegmatis bisa mendengar keluhan yang disampaikan pasien dengan sabar.

3. Plegmatis Bisa Menjadi Pasangan Sempurna
Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, salah satu karakteristik kepribadian plegmatis adalah bisa menjadi pasangan yang sempurna. Demi menjaga keharmonisan dan mencegah terjadinya konflik atau keributan, pasangan yang berkarakter plegmatis akan rela berkorban dan mengalah untuk pasangannya.

Plegmatis juga biasanya tidak akan membesar-besarkan masalah. Saat menjalin hubungan, plegmatis akan menjaga hubungan dengan sepenuh hati. Selain itu juga berusaha untuk menjaga perasaan pasangan. Meski cenderung tidak banyak bicara, tapi plegmatis sangat bijaksana.

Dalam menghadapi berbagai situasi, plegmatis akan tetap tenang, berpikir sebelum bertindak, dan berusaha menyembunyikan perasaan sedihnya. Plegmatis akan berusaha terlihat baik-baik saja di hadapan pasangan meski sebenarnya sedang ada masalah.

Salah satu keunikan dari seorang yang memiliki ciri-ciri kepribadian plegmatis, dia memang tidak ingin berdebat dan mengungkapkan rasa marah secara berlebih kepada pasangan. Sifat plegmatis akan lebih memilih untuk menangis atau menyendiri.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian Plegmatis: Pengertian, Karakter, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"