Stres Digital: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Stres Digital
Stres Digital

Pengertian Stres Digital
Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Sementara digital menggambarkan suatu keadaan ketika informasi dapat dengan mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital.

Stress digital merupakan gambaran patologi metal yang diakibatkan oleh mekanisme dunia digital yang saat ini hampir menyentuh setiap sektor kehidupan kita. Efek samping kemudahan teknologi tersebut menyertakan berbagai macam paradoks terhadap kesehatan kita, terutama kesehatan mental.

Jenis Stres Digital
1. Information overload
Puluhan atau bahkan ratusan notifikasi dari email atau sosial media kita terima setiap seharinya. Banyak pesan yang diterima berarti banyak informasi yang perlu dicerna. Terlalu banyak informasi yang diterima otak akan mengalami kelelahan dalam mencerna informasi.

Kemudahan dalam mengakses berbagai hal membuat orang mudah melakukan banyak kegiatan dalam waktu yang bersamaan atau disebut multitasking. Niatnya melakukan dua hal dalam waktu bersama agar lebih efisien ternyata otak tidak mampu menerima informasi yang banyak secara bersamaan.

Terlalu banyak informasi maka mempengaruhi kapasitas otak untuk mencerna. Otak dapat mengalami kelelahan yang dapat menyebabkan individu merasa stres.

2. Anxiety Available
Informasi baru yang terus bertambah serta notifikasi yang muncul setiap saat membuat diri kita harus selalu siap sedia merespons. Hal ini menyebabkan adanya tuntutan dan tekanan untuk merespons pesan sesegera mungkin.

Orang cenderung akan mengecek notifikasi terbaru dan berusaha untuk segera membalas pesan. Kalau tidak bisa membalas pesan dengan cepat akan muncul perasaan gelisah. Kondisi seperti ini yang dapat memicu orang mengalami stress.

Baca Juga: Pengertian Kecemasan (Anxiety), Gejala, Penyebab, Jenis, dan Tingkatannya

3. Fear of Missing Out (FOMO)
FOMO (Fear Of Missing Out) adalah gambaran pola perilaku seseorang yang selalu merasa khawatir berlebihan dan merasakan ketakutan akan tertinggal trend yang sedang berjalan. Ciri-cirinya seperti adanya keinginan untuk tetap terkoneksi dengan  apa yang orang lain lakukan.

Ditambah lagi dunia digital yang tidak berhenti dengan berita terbaru membuat orang ingin terus update dengan berita terkini. Orang yang mengalami FOMO memiliki frekuensi tinggi dalam penggunaan media online.

Dia cenderung akan memegang gadget dan memeriksa sosial media saat beraktivitas seperti makan, kuliah, rapat dan lain-lain. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan kelelahan mental atau burnout.

4. Approval Anxiety
Sosial media menjadi wadah untuk berbagi foto, video dan tulisan pada orang lain. Seseorang akan mendapatkan like atau komen dari orang lain. Jumlah like atau komen menjadi sebagai bentuk apresiasi.

Buat seseorang yang haus akan validasi akan merasa cemas dan stres ketika tidak apresiasi yang diinginkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal seperti ini yang akan membuat psikologis kita jadi terganggu yang akhirnya membuat kita stress.

Cara Mengatasi Digital Stres
1. Detoks sosial media
Detoks sosial media yaitu menghentikan penggunaan sosial media dalam waktu tertentu. Melakukan detoks sosial media mengurangi aktivitas untuk scrolling atau memberi komentar serta like. Hal ini dapat mengurangi rasa ketergantungan dan kecanduan dalam menggunakan sosial media.

Bagi yang masih pemula bisa melakukan secara bertahap yaitu selama 7 hari kemudian beri waktu yang lebih lama. Pada umumnya, detoks ini dilakukan selama 30 hari tetapi jika ingin lebih pun bisa.

2. Work life balance
Urusan pekerjaan sering menggunakan whatsapp. Terkadang, banyak orang yang masih menghubungi rekan kerjanya di luar jam kantor. Maka dari itu, agar work-life balance terjaga, perlu mengatur waktu penggunaan media komunikasi dengan mematikan gadget atau notifikasi apabila jam kantor sudah selesai.

3. Selektif di Sosial Media
Perlu memilih akun siapa saja yang akan diikuti. Terlalu banyak mengikuti akun-akun di sosial media maka akan banyak menerima informasi. Pilihan yang bisa dilakukan yaitu unfollow atau hide akun-akun yang menurut kamu tidak relevan.

4. Tidak menggunakan gadget sebelum tidur
Menggunakan gadget akan mempengaruhi pada rutinitas tidur. Awalnya sudah terasa mengantuk namun tiba-tiba kantuk hilang karena keasyikan scrolling sosial media. Maka, lebih baik jika 15 – 30 menit sebelum sudah mematikan ponsel agar tidur lebih nyenyak dan nyaman.

5. Melakukan aktivitas lain
Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu suka atau hobi untuk menghindari penggunaan gadget yang berlebihan. Misalnya olahraga, membaca buku atau bersih-bersih rumah. Melakukan aktivitas lain dapat mengimbangi penggunaan gadget yang berlebihan.

6. Membangun relasi yang bermakna
Digital membuat yang jauh menjadi dekat namun terkadang menjauhkan orang yang terdekat. Sering melihat orang-orang duduk bersamaan namun sibuk dengan gadget masing-masing. Jika Anda mengalami situasi seperti ini masukan gadget Anda dan mulailah ngobrol, bercerita dan memberikan perhatian penuh kepada orang di dekat Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Stres Digital: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasinya"