Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengaktifkan SMTP Gmail

Pengertian SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Pengertian SMTP
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah standar internet untuk transmisi email. SMTP sebagai protokol komunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima.

SMTP pertama kali didefinisikan oleh RFC 821 pada tahun 1982, diperbarui pada 2008 dengan penambahan SMTP yang diperluas oleh RFC 5321; yang merupakan protokol yang digunakan secara luas saat ini. Port SMTP Default
1. Port 25 –  Port tanpa dienkripsi
2. Port 426 – Port SSL/TLS, nama lainnya SMTPS

Fungsi SMTP
SMTP merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim email lebih mudah dan cepat. SMTP sebagai media yang sangat berperan penting untuk mengirim pesan elektronik atau email. Pengguna akan bisa mengirim pesan apabila sudah menggunakan alamat IP pada TCP melalui port 25.

Di dalamnya akan terdapat mesin antar host seperti User Agent, MUA, atau Mail Transfer Agent (MTA). kemudian, pesan email akan diterima oleh IMAP atau POP3. Jika Anda menggunakan POP3, pesan akan diunduh dan disimpan melalui data server di SMTP secara otomatis.

SMTP adalah protokol yang menggunakan TCP dengan Port 10 sehingga pesan akan diunduh seutuhnya dan tidak ada selektif terhadap pesan yang masuk. Apabila pesan sudah masuk dan terunduh, user atau pengguna bisa memutus koneksi internet dan memindahkan semua pesan yang sudah diunduh ke perangkat komputer.

Terdapat beberapa fungsi SMTP lain di antaranya,
1. SMTP adalah protokol standar yang bisa membantu proses pengiriman email menjadi lebih mudah dan cepat
2. Kerahasiaan pribadi user atau pengguna akan lebih terjaga
3. Ada banyak vendor yang telah menyediakan layanan email bagi pengguna
4. Dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun
5. Mempermudah pengguna dalam sistem komunikasi apalagi bagi pengguna yang berada di lokasi sangat jauh atau berbeda negeri.

Cara Kerja SMTP
Prinsip penggunaan SMTP adalah terdapat email server yang berperan sebagai penampung sementara untuk surat elektronik sebelum nanti dikirimkan kepada tujuan.

Pada saat pengguna bermaksud mengirimkan suratnya kepada alamat tujuan, maka surat tersebut akan masuk ke dalam email server terlebih dahulu. Di sini nanti akan mulai proses pencocokan dengan alamat email si penerima.

Pada saat alamat tujuan sudah terdeteksi bahwa memang cocok, maka surat elektronik sudah siap untuk dikirimkan ke alamat tujuan. Pengirim juga akan memperoleh pemberitahuan atau notifikasi bahwa surat elektroniknya sudah berhasil terkirim.

Protokol SMTP juga bisa kita gunakan hanya karena kita sudah mendapatkan bantuan dari ISP atau Internet Service Provider. Mayoritas ISP tersebut sudah menyediakan fitur untuk pengiriman pesan dengan menggunakan SMTP.

Hal tersebut memberikan kemudahan di mana Anda bisa langsung mengirimkan surat elektronik kepada alamat tujuan.

Cara Mengaktifkan SMTP Gmail
Untuk mengaktifkan STP Gmail bisa Anda harus sudah memiliki akun google dan pastikan Anda juga memiliki akses menuju cPanel yang terdapat di hosting Anda. Berikut beberapa langkahnya,
1. Pertama, untuk bisa mengaktifkan Simple Mail Transfer Protocol Gmail secara benar dan tepat, maka Anda harus memulai dengan akses Less Secure Apps.

Dalam hal ini, maka Google akan secara otomatis melakukan pemblokiran di perangkat yang dinilai tingkat keamanannya sudah tidak berstandar di era teknologi modern saat ini. Agar bisa terhindar dari masalah tersebut, maka Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Less Secure Apps pada akun milik Anda.

2. Kedua, Anda harus login ke akun Gmail yang Anda miliki, kemudian Anda pilih menu setting untuk melakukan pengaturan.

Dari Gmail login ini Anda bisa memilih menu Tap Forwarding IMAP/POP yang sudah tersedia. Setelah itu, Anda bisa memilih format Enable IMAP. Jika semua telah selesai, Anda bisa melanjutkan ke tahapan PHPmailer yang berfungsi sebagai script PHP mail yang sudah tersedia yang nantinya akan Anda gunakan.

3. Ketiga, dalam tahap ini Anda sudah bisa mengakses repository PHPMailer di bagian Github dan kemudian langsung mendownload script-nya yang terdapat pada menu Download Zip or Clone.

Dari situlah Anda sudah bisa menyimpan secara langsung ke komputer Anda. Anda juga bisa menggunakan semua fungsi yang terdapat di dalamnya, tentunya dengan cara yang baik dan benar.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "SMTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengaktifkan SMTP Gmail"