Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Remote Working, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Remote Working, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Remote Working

Remote Working atau remote kerja adalah model perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Sederhananya, remote working merupakan pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa perlu pergi ke kantor.

Anda dapat bekerja dari rumah, cafe, coworking space, atau tempat-tempat lainnya. Metode kerja seperti ini dinilai memberikan kenyamanan bagi karyawan, dan seiring berkembangnya dunia kerja, banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem kerja remote atau remote working kepada karyawannya.

Dalam praktiknya, biasanya perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote akan memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dengan karyawannya.

B. Jenis Remote Working
Terdapat beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan cara ini di antaranya,
1. Content writer
Profesi ini dinilai dapat dikerjakan secara remote. Menurut Career Side Kick, biasanya seorang content writer bertugas untuk menulis, mengedit dan mengirimkan dokumen. Jadi, tanpa bertatap muka pun kamu dapat menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa memilih ingin menjadi content writer yang terpaku satu perusahaan atau menjadi seorang freelancer sehingga dapat bekerja dengan banyak perusahaan.

2. Sales
Dari The Balance Careers, posisi sales dapat bekerja secara remote tanpa perlu pergi ke kantor. Karena kebanyakan sales bekerja secara fleksibel. Ada yang mencoba berjualan di mall, supermarket atau tempat-tempat umum lainnya.

Beberapa perusahaan pun tidak keberatan jika posisi sales tidak harus bekerja di kantor, asalkan targetnya dipenuhi dengan baik.

3. Programmer
Sama seperti content writer, profesi yang satu ini juga dapat dikerjakan di mana saja, termasuk dari rumah atau work from home. Programmer biasanya bertugas untuk menguji program dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C++, dan SQL. Dikarenakan pekerjaannya berkaitan erat dengan komputer, programmer dapat bekerja secara remote.

4. Data entry
Data entry pada dasarnya bertugas untuk memasukkan data yang diperoleh dari berbagai sumber ke sistem komputer perusahaan. Meski begitu, Anda dapat menjalankan profesi ini secara remote.

5. Graphic designer
Graphic designer dapat bekerja tanpa perlu pergi ke kantor alias kerja remote. Baik sebagai freelancer atau bekerja full time di sebuah perusahaan, seorang graphic designer dapat bekerja dari mana saja.

Salah satu kunci terbaik untuk menjadi graphic designer adalah membuat portofolio yang bagus dan menyebarkannya ke berbagai platform. Dengan begitu, akan banyak perusahaan yang mengetahui hasil kerja Anda.

6. Customer service
Pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Biasanya, perusahaan membutuhkan posisi seperti customer service untuk melakukan tugas tersebut. Profesi ini juga dapat dikerjakan secara remote. karena tugas dari customer service dapat dilakukan dari rumah lewat telepon atau internet.

Jika tertarik untuk menjalani karier yang satu ini, setidaknya Anda harus mempunyai skill komunikasi yang tinggi serta bakat dalam bidang pemasaran.

C. Manfaat Remote Working
1. Bagi Karyawan
a. Menghemat Budget Perjalanan
Bekerja secara remote ternyata dapat membantu dalam menghemat budget perjalanan seperti uang transportasi, uang bensin, dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu Anda untuk menyimpan uang lebih untuk dana darurat, investasi, dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak yang menyisihkan penghasilannya untuk membuka usaha rumahan secara online.

b. Meningkatkan Semangat Bekerja
Suasana yang lebih luwes membantu dalam memberikan semangat yang baru dalam memulai pekerjaan Anda setiap harinya dan terhindar dari hiruk pikuk kantor yang dapat mengganggu produktivitas kerja. Selain itu, dengan bekerja dari rumah, kita dapat lebih dekat dengan keluarga setiap harinya.

2. Bagi Pemilik Usaha
1. Teknologi Membantu dalam Pertukaran Informasi Secara Cepat
Dengan Remote Working, kita dapat dipermudah dalam bertukar informasi dengan teman atau kolega kerja Anda. Hal ini sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan agar dapat memantau alur kerja yang terjadi secara Real-Time sehingga tidak perlu lagi harus datang ke lokasi. Selain itu, setiap data yang terkumpul dapat diakses dengan mudah melalui internet dan tidak perlu khawatir ada data yang hilang.

2. Mengurangi Biaya Penggunaan Kantor
Kuntungan bagi pemilik perusahaan dengan metode ini adalah dapat mengurangi biaya perawatan dan penggunaan fasilitas kantor seperti listrik, internet, dan air. Walaupun itu semua tergantung di mana lokasi kantor Anda berasal namun setidaknya dalam mengikis sebagian kecil dari utility yang digunakan oleh kantor Anda.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Remote Working, Jenis, dan Manfaatnya"