Internet Positif: Pengertian, Tujuan, Cara kerja, dan Cara Membukanya

Pengertian Internet Positif
Internet Positif

Pengertian Internet Positif
Internet positif adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memblokir dan membatasi konten tertentu yang ada di internet agar tidak bisa diakses oleh pengguna. Internet positif tentu memiliki tujuan agar para pengguna bisa lebih nyaman dan aman dengan memberikan akses internet berdasarkan daftar informasi yang sehat dan terpercaya.

Fitur internet positif digunakan oleh pemerintah terutama untuk memblokir konten yang berbau negatif agar tidak merusak moral bangsa Indonesia. Biasanya situs website yang terdeteksi oleh internet positif adalah situs website yang berisi konten-konten negatif di antaranya berita hoax, mengandung SARA, dan yang berbahaya khususnya untuk yang masih di bawah umur adalah konten yang berbau pornografi.

Baca Juga: Multikulturalisme dan Isu SARA

Pada awalnya istilah internet positif berasal dari Trust+Positif, pada tanggal 17 juli 2014 saat diluncurkannya website trustpositif.kominfo.go.id. Diberlakukan secara publik oleh Kominfo. Semenjak diberlakukan hal tersebut semua website yang berisi konten yang negatif atau website yang terdeteksi ilegal akan digiring kepada website yang lebih sehat dan aman.

Internet positif merupakan website yang dimiliki oleh Telkom atau Telkomsel, website tersebut kemudian dikelola oleh PT. MetraNet yang juga ialah bagian dari perusahaan Telkom.

Tujuan Internet Positif
berikut beberapa tujuan dari diberlakukannya internet positif oleh pemerintah Indonesia di antaranya,
1. Tercapainya internet yang aman dan dapat diakses oleh segala usia karena dengan adanya internet positif dapat menjamin keamanan, perlindungan dan juga penghematan. Tak hanya itu juga memperoleh perlindungan terhadap konten yang ilegal, atau berisi banyak virus sehingga masyarakat tetap aman berselancar di jejaring internet berdasarkan informasi yang sehat dan pastinya terpercaya.
2. Mengenal internet positif kepada masyarakat Indonesia juga memiliki tujuan agar tetap menjaga moral, nilai-nilai etika dan juga segala kaidah yang mampu merusak citra Negara Indonesia.
3. Bertujuan untuk menghemat dari segala pemborosan akses penggunaan internet di negara Indonesia. Berdasarkan terjangkaunya akses internet dan juga harga paket data di Indonesia membuat masyarakat Indonesia mampu menjadi sasaran empuk untuk terpapar dari segala konten yang berbau negatif di jejaring internet.

Cara Kerja Internet Positif
Kementerian Komunikasi dan Informatika atau KOMINFO memiliki kumpulan halaman web yang masuk ke dalam daftar blokir atau blacklist. Pemerintah akan melakukan kerjasama dengan ISP untuk menutup halaman web yang termasuk ke dalam daftar blacklist supaya tidak bisa diakses oleh pengguna.

Kominfo juga memberlakukan perlindungan terhadap Top-Level Domain. Perlindungan terhadap URL, dan perlindungan terhadap Content/Keyword/Expression. Apabila halaman web yang Anda akan akses memiliki keyword atau kata-kata yang dilarang, bisa dipastikan halaman web tersebut akan masuk ke dalam daftar blacklist dari Kominfo.

Cara Membuka Akses Internet Positif
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka blokir dari Situs Internet Positif yang Ingin Anda Akses di antaranya,
1. Mengubah HTTP Menjadi HTTPS
Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengubah protokol ke https dengan cara di antaranya,
a. Buka Browser yang Anda gunakan, Arahkan kursor pada Address bar browser Anda
b. Kemudian, ubah alamat website yang semula http menjadi https contoh http://namadomain(dot)com menjadi https://namadomain(dot)com
c. Kemudian akses kembali dengan menekan Go atau Enter pada keyboard Anda sehingga apabila berhasil akan segera muncul security message atau pesan peringatan dan klik tulisan “Proceed anyway” untuk dapat mengakses website-nya.
 
2. Mengubah Setting Restricted List di Chrome
Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di antaranya,
a. Buka browser Chrome Anda dan klik menu bertanda tiga titik horizontal di sebelah pojok kanan atas Klik “setting”
b. Kemudian klik menut “Show advanced settings”, Pada network section yang ada, klik opsi “Change proxy settings”
c. Klik tab bertuliskan “Security” lalu klik ikon “Restricted site”
d. Klik “Sites” lalu lihat website mana yang ingin Anda akses, buka blokirnya dengan klik tombol bertuliskan “remove”
e. Untuk menutupnya, tinggal klik opsi “Close”yang terdapat di bawah dan klik “OK”
 
3. Menggunakan Ekstensi VPN pada Google Chrome
Anda juga dapat menggunakan VPN untuk bisa mengakses website yang terkena Internet positif dengan cara di antaranya,
a. Kunjungi Chrome Web Store Anda
b. Temukan VPN Zen Mate dengan mengetik nama tersebut di kolom pencarian pada sebelah kiri tampilan Chrome Web Store
c. Lalu bila sudah ketemu, klik “Add to Chrome”
d. Klik “Add Extension” untuk memunculkan ikon berwarna biru pada ujung kanan di sebelah browser Chrome Anda
e. Bagi yang versi premium, klik langsung “Activate Instantly” dan bagi versi gratis, klik “Get Limited”
f. Kemudian klik “Log In” dan masukkan alamat email serta password untuk mengkatifkan Zen Mate
g. Terakhir, pilihlah dari VPN server di mana, Anda ingin mengakses website yang terblokir sebelumnya. Ada berbagai macam lokasi pilihan seperti pada gambar di bawah ini:
 
4. Menggunakan Chrome Proxy
Jika Anda pengguna Google Chrome, Anda bisa mencoba cara ini juga di antaranya,
a. Buka menu Chrome, Klik “Setting” dan Kemudian klik Menu “Advance”
b. Pilih setting “on open proxy” dari network section yang ada
c. Pilih tab “Connections” lalu klik “LAN setting option”
d. Hilangkan centang pada kolom bertuliskan “Automatic detect”pada setting LAN yang ada, langsung ke section Proxy server yang ada dan klik opsi “Use a proxy server for your LAN”
e. Kemudian, Anda perlu menerima IP address dari proxy server dan port number Anda lewat email secara terpisah. Barulah setelah itu masukkan IP address dan port number yang sudah Anda terima lewat email barusan ke kolom yang tersedia
f. Terakhir, klik “OK”untuk menutup tab “LAN setting” dan klik lagi “OK”agar setting-an proxy yang tadi Anda atur dapat tersimpan

5. Membuka Blokir Internet Positif di Smartphone Android
Bagi Anda para pengguna Android, Anda dapat mengikuti beberapa langkah ini tanpa melakukan root terlebih dahulu di smartphone Anda di antaranya,
a. Download VPN tool Rocket VPN (Anda bisa saja menggunakan tool lain, namun kali ini kami akan memberi langkah-langkah spesifik bagi tool Rocket VPN. Cara kerjanya pada dasarnya sama namun mungkin dengan pengaturan yang sedikit berbeda di tiap tool)
b. Lakukan instalasi Rocket VPN yang sudah Anda download barusan
c. Buka aplikasinya, klik menu “Connect”
d. Akan ada pop-up bertuliskan “Attention, Rocket VPN attempts to create a VPN connection” lalu klik centang pada menu bertuliskan “I trust this application”dan klik “OK”
e. Biarkan atau abaikan hp Anda beberapa saat hingga internet terkoneksi dengan baik kembali, bila tanda yang ada pada aplikasi berubah menjadi menu bertuliskan “Disconnected” maka Anda sudah bisa tersambung dan mengakses website-website yang diblokir seperti biasa tanpa melakukan root di hp Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Internet Positif: Pengertian, Tujuan, Cara kerja, dan Cara Membukanya"