Pengertian Proxy Server, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Proxy Server atau peladen pewali
Proxy Server (Peladen Pewali)

A. Pengertian Proxy Server
Proxy Server (peladen pewali) adalah suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang berada di internet, jadi dengan proxy server sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.

Umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Dari proxy server tersebut, biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, di mana aplikasi client dapat berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

Proxy Server Menurut Para Ahli
Wagito, proxy server adalah server yang diletakkan di antara sebuah aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client tersebut bisa berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP, dan sebagainya. Proxy Server yang berada di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut dapat digunakan sebagai pengendali maupun monotoring lalu-lintas paket data yang melewatinya.

B. Cara Kerja Proxy
Proxy sangat berperan penting sebagai penghubung komputer dengan internet, sehingga cara kerja program ini yaitu user akan menggunakan layanan pada server proxy kemudian akan melakukan permintaan data yang terdapat di internet (public server). Selanjutnya, proxy akan meneruskan permintaan tadi ke internet dengan membuat server seoulah olah memintanya.
 
Jika pengguna sudah mendapatkan permintaannya tadi maka proxy akan memberi respons kepada user di mana seolah ia yang menjadi public servernya. Singkatnya, di sini server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

C. Fungsi Proxy Server
Terdapat 3 fungsi utama server proxy di antaranya,
1. Fungsi Connection Sharing
Disini server proxy berfungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gateaway di mana berperan untuk membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar. Sehingga jika jaringan komputer perusahaan menanamkan program server proxy maka dapat mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan internet secara bersamaan.

2. Fungsi Filtering
Dalam fungsi ini, server proxy bertindak seperti Firewall sebagai media penyaringan atau filtering sebuah jaringan internet di mana setiap paket-paket data yang ditransmisikan akan discan dan difilter untuk mengurangi kegagalan. Tujuan lainnya juga untuk melindungi jaringan lokal perusahaan dari serangan luar seperti retasan. Selain itu server proxy juga dapat membantu meminimalisir serangan virus dan malware yang merugikan.

3. Fungsi Caching
Adanya server proxy dapat menyimpan objek dan data yang pernah di search atau diminta user saat browsing menggunakan aplikasi internet. Misalnya ketika Anda melakukan pencarian pada situs tertentu maka data-data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.

Semua data yang diminta dan diakses akan disimpan pada proxy server. Sehingga dari fungsi ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi dokumen-dokumen apa saja yang sering diakses di komputer perusahaan.

D. Manfaat Proxy
Ada beberapa alasan mengapa banyak individual dan organisasi menggunakan proxy di antaranya,
1. Mengontrol Penggunaan Internet
Dengan menggunakan proxy, para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya  ketika sedang menggunakan internet. Biasanya, pada perusahaan-perusahaan juga menggunakan proxy agar para karyawanya tidak membuka situs website yang dapat menganggu produktivitas karyawan.

Selain itu, perusahaan juga bisa memonitor dan me-log semua permintaan web, sehingga meskipun mereka tidak mem-block website-websitenya, mereka tahu berapa banyak waktu karyawannya yang menghabiskan waktu untuk membuka website ini.

2. Penyimpanan dan Kecepatan
Manfaat lainnya dari proxy ialah Proxy bisa melakukan cache. Sehingga, saat Anda meminta data dari website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, Sehingga mereka hanya mengambil dari simpanan mereka saja. Hal ini akan membuat akses internet menjadi lebih cepat.

3. Privacy yang terjaga
Perusahaan yang menggunakan proxy untuk browsing internet sebenarnya memiliki privacy yang lebih terjaga. Karena  beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Hal Ini akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP. Sehingga data Anda aman dan tidak mudah untuk dicuri.

E. Jenis Proxy Server
Terdapat empat jenis proxy server berdasarkan karakteristiknya di antaranya,
1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)
Ini adalah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Saat pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, hanya mengetahui IP proxy nya saja.

2. High Anonymity Proxy
Ini adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy server-nya berperan sebagai klien.

3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)
Ini adalah jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa mengungkap informasi komputer si pengguna. Pada umumnya proxy jenis ini banyak dipakai pada komputer di perkantoran.

4. Reverse Proxy
Ini adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data/ informasi sensitif. Dan ketika caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

F. Kelebihan dan Kekurangan Proxy
1. Kelebihan Proxy
a. Suatu jaringan keamanannya terjaga, karena proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
b. Situs atau website yang telah diakses sebelumnya dapat dibuka kembali dan menjadi lebih cepat, karena akses tidak membutuhkan ke jaringan internet luar melainkan sudah ada pada direktori cache proxy.
c. Adanya fasilitas filtering (penyaring), baik filter untuk pengguna, content atu isi dan waktu akses.

2. Kekurangan Proxy
a. Jika sebuah website belum pernah dibuka sebelumnya maka akses terhadap website tersebut akan lebih lambat , karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta atau merequest dari client tersebut kepada penyedia layanan internet.
b. Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Proxy Server, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya"