Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evernote: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Kekurangan, dan Tipsnya

Pengertian Evernote
Evernote
Pengertian Evernote
Evernote adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan (notes), menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain. Evernote mampu menyimpan catatan dalam berbagai format, seperti Office dan PDF.

Evernote adalah aplikasi yang berbayar selama penggunaan tidak melebihi kuota penyimpanan selama 60 MB per bulan. Perangkat lunak ini mirip dengan Sticky Notes yang ada pada Windows 7 dan Vista, namun dengan fitur yang lebih lengkap. Selain itu juga bisa menyimpan foto dan dapat digunakan selama terdapat koneksi internet.

Manfaat Evernote
1. Notebook. Anda bisa manfaatkan untuk notebook yang bisa menjadi tempat untuk mencatat berbagai hal penting. Bahkan notebook yang ada pada Evernote ini dirancang dengan berbeda, di mana notebook tersebut bisa dibuat dalam privacy sehingga tidak bisa diketahui oleh orang lain.
2. Checklist. Jika Anda termasuk orang yang terorganisir, mungkin Anda membutuhkan Evernote ini untuk memastikan bahwa semua aktivitas Anda berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Berbagai aktivitas yang Anda kerjakan juga bisa Anda tandai.
3. Voice Note. Selain menyimpan informasi dalam bentuk teks, Evernote juga bisa menyimpan sebuah informasi dalam bentuk suara. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat berguna apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang suka untuk mengetik.
4. Attachments. Sejumlah lampiran yang perlu untuk Anda simpan juga bisa Anda simpan pada Evernote. Berbagai file mulai dari Cloud sampai Google Drive bisa Anda simpan pada Evernote.
5. Adding Web Clippings. Anda sedang melakukan sebuah penelitian di makalah, dan Anda ingin untuk menyimpan kliping, Anda dapat menggunakan Evernote ini, Anda pun bisa menyimpan artikel web klipping tersebut.
6. Creating Tables. Evernote juga memungkinkan Anda untuk membuat sebuah tabel yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi untuk membuat sebuah tabel yang berwarna dengan ukuran yang dibutuhkan.
7. Sharing. Hasil dari informasi yang sudah Anda simpan pada Evernote juga bisa untuk Anda share ke sejumlah teman maupun kerabat.
8. Setting Reminder. Evernote juga bisa difungsikan sebagai pengingat. Jika ada sejumlah hal yang perlu untuk diingatkan kepada Anda, cukup gunakan Evernote.
9. Syncing. Apa yang telah Anda tuliskan pada Evernote, bisa juga sekaligus Anda siknronkan pada kalender, laptop maupun pada smartphone Anda.
10. Mengembalikan Data Hilang. Mungkin Anda tidak sengaja untuk menghilangkan sejumlah data. Nah, Evernote juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang sudah hilang tersebut. Caranya cukup pilih menu trash.

Keuntungan Menggunakan Evernote
Dengan menggunakan Evernote, bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja. Berikut beberapa keuntungan penggunaan Evernote di antaranya,
1. Bisa Dibuka Kapan Saja. Bila Anda sering mencatat dalam Google Doc. Maka Anda akan kesulitan bila tidak ada koneksi Internet. Beda dengan Evernote. Selain menyimpan data Anda secara online, dia juga menyimpan data secara offline. Sehingga bisa sewaktu-waktu Anda buka di kamar Anda sambil tiduran, tanpa perlu colok modem.
2. Gratis. Evernote gratis selama tidak melebihi kuota (sampai artikel ini ditulis, masih sekitar 60MB). Kuota ini besar, di mana tiap sebulan pasti refresh.
3. Mudah digunakan. Aplikasi ini sangat nyaman digunakan. Bahkan ketika pertama kali menjajal, saya tidak membutuhkan buku panduan untuk menggunakannya.
4. Ada fitur pencariannya. Selain disortir berdasarkan tanggal, di dalam Evernote juga sudah terdapat fasilitas search yang sangat membantu untuk menemukan notes yang berada di halaman belakang.
5. Tag dan kategori. Evernote menggunakan pengelompokan catatan berdasarkan kategori, sub-kategori, dan berdasarkan tag. Jika Anda pernah menjalankan blog, maka Anda akan lebih familiar lagi.
6. Copy paste jadi lebih mudah. Salah satu keunggulan Evernote di banding aplikasi pencatat lainya (sebut saja Word) adalah kemudahan dalam copy paste dari internet. Selain style juga ikut di-copy, alamat URL nya juga ikut.
7. Ada pula fasilitas share. Note yang anda simpan di sini dapat anda share melalui jaringan internet global, sosial media, dan antar sesama pengguna Evernote.

Kekurangan Menggunakan Evernote
Salah satu kelemahan Evernote adalah bahwa Evernote belum dirancang untuk menyinkronkan data yang dimiliki dengan pengguna lain. Dan juga sayangnya, fitur versi gratis terbatas dan bandwidth perbulan.

Kelemahan lainnya yaitu Checklist dan Reminder dimiliki oleh ColorNote, serta Paintnote milik Note Everything. Untuk saat ini, perpaduan antara ColorNote dengan Evernote akan menjadikan Android memiliki aplikasi notepad terlengkap.

Tidak adanya Paintnote pada aplikasi Evernote bukanlah suatu masalah, karena fitur ini tidak memiliki fungsi yang signifikan. Tetapi apabila menyukai kegiatan corat-coret menggunakan handset Android, bisa menambahkan aplikasi Note Everything.

Tips Menggunakan Evernote
Terdapat beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan ketika Anda mungkin ingin mencari cara untuk mendayagunakan layanan ini dengan lebih baik di antaranya,
1. Otomatisasi
Jika biasanya Anda memasukkan data atau catatan secara manual. Anda bisa melakukan otomatisasi, dengan bantuan dari peralatan pihak ketiga seperti IFTTT (If This Then That). IFTTT memiliki berbagai resep yang terkait dengan Evernote.

Misalnya, Ketika Anda bisa mengatur agar semua posting blog Anda disimpan ke dalam buku catatan tertentu di Evernote. Anda bisa mencatat semua kegiatan dari dalam Google Calendar ke dalam Evernote, dan Anda juga bisa menyimpan tautan favoritkan Anda di Twitter.

Otomatisasi tidak hanya bisa dilakukan dengan bantuan IFTTT. Evernote menyediakan alamat surel tertentu yang bisa berfungsi sebagai penampung catatan lewat surel. Anda bisa mengatur filter di layanan surel seperti Gmail, untuk otomatis mengirim surat tertentu ke Evernote.

Contohnya ialah, Anda mungkin ingin meneruskan catatan dari orang-orang tertentu yang terlibat dalam proyek yang sedang Anda kerjakan. Anda juga mungkin ingin menyimpan tiket elektronik atau bukti pembayaran yang dikirim ke alamat surel Anda di Evernote.

Ini semua bisa dilakukan dengan membuat filter di layanan surel yang mengirimnya secara otomatis ke alamat khusus di Evernote. Alamat khusus Evernote tersebut bisa Anda lihat di ‘Settings’.

2. Keamanan Lebih
Bila Anda sudah lama menggunakan aplikasi ini, bisa jadi Anda menyimpan banyak informasi pribadi dan sensitif di sana. Dalam hal ini sebaiknya Anda mengaktifkan fitur autentikasi dwifaktor (two-factor authentication). Untuk menggunakan fitur autentikasi dwifaktor, Anda harus memasang aplikasi Google Authenticator.

Ketika masuk ke Evernote, Anda tidak hanya harus memasukkan kata sandi, tetapi juga kode yang diberikan oleh Google Authenticator. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan akun Google untuk masuk ke Evernote. Anda bisa memanfaatkan fitur autentikasi dwifaktor yang juga disediakan Google.

Catatan ini bisa dibagikan lewat surat elektronik, atau media sosial. Anda juga bisa membagikan tautan (link) ke catatan tertentu. Orang yang dibagikan catatan ini tidak harus sudah memiliki akun Evernote. Tidak hanya catatan tunggal yang bisa dibagikan ke orang lain, tetapi juga banyak catatan sekaligus, dalam bentuk buku catatan. Fitur ini berguna bila Anda bekerja dengan orang lain.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Evernote: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Kekurangan, dan Tipsnya"