Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CyberPanel VPS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian CyberPanel VPS
CyberPanel VPS
Pengertian CyberPanel VPS
CyberPanel adalah salah satu web panel alternatif cPanel yang bisa digunakan untuk mengelola server. Panel ini bersifat open source dengan dukungan teknologi OpenLiteSpeed untuk versi berbayar dan Litespeed untuk versi enterprise atau premium.

Berbeda dengan cPanel, CyberPanel memang dirancang secara spesifik untuk dapat memungkinkan klien dalam menyebarkan dan menangani situs mereka sendiri dengan mudah tanpa melakukan banyak pekerjaan teknis lainnya. CyberPanel dapat digunakan pada beberapa aplikasi web seperti WordPress, Magento, Prestashop dan Opencart.
 
Kelebihan Penggunaan CyberPanel VPS
Berikut beberapa kelebihan CyberPanel untuk kebutuhan pembuatan website di antaranya,
1. Ringan dan mudah digunakan. Merupakan fitur terbaik yang ditawarkan oleh Cyberpanel yang sangat ringan baik ketika Anda mengoperasikannya ke dalam dedicated server maupun jika Anda menggunakannya di VPS. Kelebihan yang ringan dan mudah digunakan ini didukung teknologi dari OpenLiteSpeed dan LiteSpeed.
2. Proses instalasi yang mudah dilakukan. Hampir sama dengan cara menginstal web panel umum lainnya mengingat CyberPanel bisa berjalan di Command Prompt bagi pengguna Windows, CentOS dan Ubuntu jika Anda menggunakan salah satunya.
3. Dukungan backup yang kuat. CyberPanel datang dengan bantuan backup serta restore yang akan mempermudah pengembalian data maupun migrasi yang membuat CyberPanel lebih unggul dari control panel lain.
4. Mendukung Multi PHP. CyberPanel menjawab kebutuhan ini dengan memungkinkan penggunanya untuk mengganti versi PHP mereka tanpa harus melakukan instalasi. Pengguna dapat menentukan versi PHP mereka sendiri bagi website maupun aplikasi yang mereka kerjakan.
5. Dukungan yang kompatibel dengan Apache .htaccess. Dalam menggunakan CyberPanel, Anda dapat melakukan modifikasi mod_rewrite di OpenLiteSpeed yang cukup kompatibel dengan .htaccess milik Apache web server. Dengan modifikasi ringan, kompatibilitas terhadap CyberPanel dan Apache .htaccess mencapai hingga 90%.
6. Tampilan webmail yang menarik. Secara standar, tiap- tiap web panel mempunyai dukungan layanan dalam mengelola email domain pemiliknya. Begitu juga CyberPanel yang memberikan tampilan webmail terbaik mereka dengan Rainloop Webmail yang memberi kesan profesional dan menarik.
7. Dukungan File Manager. CyberPanel melengkapi kebutuhan ini dengan menghadirkan file manager yang berbasi web yang bisa diakses secara langsung tanpa mengharuskan penggunanya untuk memasukan username dan password mereka.

Kekurangan CyberPanel VPS
Berikut merupakan kekurangan CyberPanel di antaranya,
1. Username di Web Panel Berbeda dengan Username Linux. Kelemahan pertama dari CyberPanel adalah sistem penggunaan username dan password yang berbeda antara web panel dengan Linux. Kondisi ini otomatis bakal merepotkan ketika suatu saat terjadi error di database.
2. DNS Zone Tidak Sepenuhnya Otomatis. Saat ini, DNS Zone di CyberPanel tidak sepenuhnya otomatis ketika kita menambahkan website. Beberapa record yang perlu dipertimbangkan terkait kelemahan DNS Zone ini yakni ketika Anda menambahkan NameServer.
3. Perlu Penyesuaian Untuk User Baru. Bagi Anda yang selama ini sudah terbiasa menggunakan cPanel, Plesk, atau DirectAdmin, tentu butuh melakukan penyesuaian agar bisa lebih mudah mengoperasikannya. Misalnya karena tidak ada menu untuk Addon Domain, Anda harus menambahkan domain sekaligus menambahkan website.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "CyberPanel VPS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya"