Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Litespeed Web Server (LSWS): Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Pengertian Litespeed Web Server atau LSWS
Litespeed Web Server (LSWS)
Pengertian Litespeed Web Server (LSWS)
LiteSpeed Web Server (LSWS) adalah server web yang mempunyai kinerja tinggi yang dikelola oleh teknologi LiteSpeed. LSWS merupakan produk LiteSpeed Technologies yang dirilis pada tahun 2003 silam. Beberapa sumber menyebutkan jika web server ini masuk ke ranking 4 sebagai web server paling terkenal dan populer saat ini.

LSWS dapat menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada, bahkan tanpa harus merusak apa pun. Dengannya, LSWS dapat dengan baik menambah kecepatan situs web dengan berbagai fitur yang lengkap serta dashboard administrasi webs yang mudah digunakan.

Fitur Litespeed Web Server (LSWS)
Litespeed Web Server (LSWS) dikenal memiliki performa kinerja yang lebih unggul dan handal dibanding Apache. Web server ini juga ideal untuk penggunaan beberapa CMS seperti Joomla, Drupal, WordPress dan masih banyak lainnya.

Tersedia berbagai fitur yang membuat kinerjanya cukup memuaskan pengguna di antaranya,
1. Server APIs
LSWS mendukung API server guna melakukan komunikasi untuk web server menggunakan aplikasi eksternal yang dipakai. Performa yang maksimal juga bisa digunakan untuk aplikasi eksternal, misalnya Python, PHP dan juga Ruby.

2. GZIP Compression
Fitur GZIP Compression di web server ini memungkinkan pengguna untuk menghemat bandwidth dengan mengecilkan file yang ingin dikirimkan ke klien. Jadi tidak ada pemborosan bandwidth ketika file tadi dikirimkan.

3. Sistem operasi
Sistem apapun juga kompatible dengan web server ini. Adapun contohnya seperti Mac OSX, FreeBSD, Linux hingga Solaris.

4. Konfigurasi Apache
LiteSpeed juga menyediakan tools untuk mematikan httpd.conf dan juga .htaccess. Pengguna tidak harus mengkonfigurasikan ulang saat pindah ke web server ini. Web server juga menggunakan settingan yang sudah pengguna miliki dan memprosesnya memakai event driven architecture.

5. Control Panels
Semua control panel yang digunakan di Apache bisa bekerja dengan baik di LSWS. Contoh control panel yang kompatibel adalah DirectAdmin, Plesk dan juga cPanel. Plugin tersebut memungkinkan pengguna untuk mengontrol fungsi web server yang disediakan di panel, termasuk cache.

Manfaat Litespeed Web Server (LSWS)
Berikut beberapa manfaat yang menjadi alasan memilih LiteSpeed Web Server dibandingkan Web Server lain di antaranya,
1. Event Driven Architecture
LiteSpeed dibangun di atas arsitektur yang berbeda dengan Apache. Jika Apache Web Server berbasis proses. Artinya memulai proses baru untuk setiap koneksi yang diterima. Maka LiteSpeed bisa lebih efisien, cepat, penggunaan CPU rendah dan tanpa memutakhiran perangkat keras.

Dengan arsitektur Event-Driven LiteSpeed mampu menangani koneksi yang masuk ke sebuah website sebanyak ratusan bahkan ribuan koneksi. Lebih cepat dengan konsumsi CPU dan Memory lebih sedikit daripada Apache.

2. WordPress Acceleration
Salah satu keunggulan LiteSpeed adalah memiliki Plugin Cache untuk WordPress, Joomla, Magento, Prestashop, dan lainya. Yang digunakan untuk menyimpan cache halaman website dan untuk mengurangi waktu pemuatan halaman.

3. Security
LiteSpeed Web Server dapat melindungi server dengan aturan Mod_security, dengan memanfaatkan kemampuan anti DDOS bawaan, dan bandwidth throttling “pembatasan bandwidth”.

4. Apache Compatibility
LiteSpeed Web Server kompatibel dengan Apache Web Server beserta beberapa fiturnya, seperti mod_rewrite, .htaccess, dan mod_security.

5. WebAdmin Console
LiteSpeed Web Server juga kompatibel dengan beberapa kontrol panel, seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin untuk memudahkan manajemen server.

6. Intelligent Cache Acceleration
LiteSpeed Web Server memiliki fitur Cache Acceleration, yang diterapkan secara massal untuk semua WordPress di dalam server.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Litespeed Web Server (LSWS): Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya"