Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Account Based Marketing, Langkah Penerapan, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Account Based Marketing, Langkah Penerapan, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Account Based Marketing (ABM)

Account based marketing (ABM) atau marketing berbasis akun adalah strategi marketing business-to-business yang menggunakan suatu kampanye yang terfokus dan dipersonalisasi pada audiens yang sesuai dengan targetnya. Sehingga proses pemasaran yang dilakukan akan lebih efisien dan tidak akan membuang banyak tenaga dan waktu.

ABM yang menawarkan rentang luas data firmografis, seperti nama perusahaan, industri, dan tipe audiens, serta mengintegrasikan semua hal tersebut ke dalam jaringan dan analisis mobile, perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan masukan bahkan saat kunjungan pertama mereka.

Hal ini, kemudian, memungkinkan entitas bisnis membangun konten yang ditujukan ke segmen konsumen spesifik dan pada saat sama membuat pengalaman multikanal yang melekat dan tak berbatas.

B. Langkah Penerapan Account Based Marketing (ABM)
Berikut panduan langkah demi langkah untuk menyiapkan pemasaran berbasis akun di antaranya,
Langkah 1: Identifikasi akun target bernilai tinggi Anda
Ini adalah akun utama yang memiliki potensi untuk berkontribusi paling besar terhadap pendapatan perusahaan Anda.

Langkah 2: Lakukan penelitian pada akun tersebut
Dapatkan gambaran yang baik tentang kebutuhan pelanggan dan poin rasa sakit mereka, serta di mana mereka berada dalam perjalanan pelanggan mereka.

Langkah 3: Kembangkan kampanye pemasaran khusus
Menggunakan informasi yang Anda pelajari di fase penelitian untuk menginformasikan strategi Anda, kembangkan aset kreatif yang akan beresonansi dengan akun target.

Langkah 4: Jalankan kampanye pemasaran khusus Anda
Luncurkan kampanye Anda ke akun target.

Langkah 5: Ukur kampanye pemasaran khusus Anda
Analisis data untuk melihat bagaimana kinerja kampanye Anda.

C. Manfaat Account Based Marketing (ABM)
Pemasaran berbasis akun adalah pendekatan yang semakin populer untuk perusahaan B2B yang menargetkan akun yang lebih besar. Untuk perusahaan yang mencoba menjual ke dalam akun besar dengan siklus penjualan yang panjang dan ukuran transaksi yang besar, pemasaran berbasis akun menawarkan banyak manfaat dibandingkan pendekatan pemasaran lainnya di antaranya,
1. Pendekatan Pemasaran Pribadi Sebagai Manfaat Account Based Marketing
Alih-alih menggunakan pendekatan umum, pemasar membuat perpesanan yang dipersonalisasi untuk akun target, mengambil apa yang mereka ketahui tentang pelanggan mereka, dan menyesuaikan aset kreatif kampanye mereka dengan atribut dan kebutuhan khusus pelanggan.

2. Penjualan dan Pemasaran Keselarasan
Pemasaran berbasis akun mendorong organisasi pemasaran dan penjualan untuk bekerja bersama, mengidentifikasi akun target, menyusun kampanye khusus untuk mereka, dan bekerja sama untuk memindahkan akun melalui pipa, baik sebelum dan sesudah konversi prospek.

3. Siklus Penjualan Lebih Singkat
Keputusan pembelian utama melibatkan banyak pemangku kepentingan. Ini biasanya memperlambat proses penjualan, karena dimulai pada tingkat yang lebih rendah dalam organisasi dan bergerak perlahan menuju pembuat keputusan utama. Dalam pemasaran berbasis akun, lamanya siklus dipersingkat karena semua prospek dipelihara secara bersamaan.

4. ROI Lebih Jelas
Pemasaran berdasarkan akun adalah tepat dan terukur, memberikan ROI tertinggi dari semua taktik pemasaran B2B. 85% dari pemasar yang mengukur ROI mendeskripsikan pemasaran berbasis akun sebagai memberikan hasil yang lebih tinggi daripada pendekatan pemasaran lainnya.

5. Sumber Daya yang Tidak Terbuang
Waktu dan sumber daya difokuskan secara sempit pada sejumlah kecil akun yang kemungkinan besar akan menutup penjualan. Ini membebaskan sumber daya yang sebelumnya telah terbuang sia-sia.

D. Contoh Account Based Marketing (ABM)
Berikut adalah beberapa contoh nyata tentang bagaimana pemasar B2B dapat menggunakan untuk mengembangkan program pemasaran berbasis akun di antaranya,
1. Acara
Peristiwa langsung selalu menjadi salah satu peluang paling sukses bagi tim penjualan untuk membujuk para pembuat keputusan. Pendekatan ABM untuk acara dapat mencakup undangan yang dipersonalisasi untuk prospek utama dari akun target, makan malam VIP khusus, hadiah yang dipersonalisasi dan uang jaminan untuk akun target, dan tindak lanjut yang dipersonalisasi setelah acara.

2. Webinar
Serupa dengan acara, webinar dapat disesuaikan agar relevan dan tepat waktu untuk akun target tertentu. Peristiwa dan tindak lanjut webinar dapat disesuaikan untuk perusahaan tertentu, dan konten webinar unik dapat dibuat dengan mempertimbangkan audiens target.

3. Direct Mail
Di zaman di mana semua orang kelebihan beban dengan email, surat langsung semakin menjadi metode populer untuk menjangkau prospek di dalam perusahaan. Karena ABM lebih bertarget, hadiah dan pemasaran yang dikirim melalui direct mail dapat bernilai lebih tinggi karena potensi pendapatan jauh lebih tinggi.

4. Kampanye Email
Bahkan dengan popularitas direct mail, email masih merupakan saluran pemasaran yang berharga untuk ABM. Sedangkan pendekatan pemasaran berbasis volume mungkin menggunakan template dan otomatisasi pemasaran, pemasaran berbasis akun melibatkan kerajinan pesan email yang disesuaikan untuk setiap perusahaan dan individu.

5. Iklan Berbayar
PPC dan iklan sosial berbayar adalah cara umum untuk menjangkau akun target di web. Platform sosial seperti LinkedIn dan Facebook memungkinkan Anda untuk menargetkan perusahaan dan persona tertentu, dan menggunakan teknologi seperti penargetan IP dan penargetan ulang, kampanye tampilan Anda dapat disesuaikan untuk fokus pada beberapa akun target daripada mentransmisikan jaringan yang luas.

6. Personalisasi Web
Kampanye ABM di web tidak berakhir dengan mengarahkan lalu lintas melalui SEM pribadi dan kampanye pemasaran masuk. Setelah pengunjung mencapai situs web, teknologi personalisasi situs web dapat digunakan untuk membuat pengalaman yang disesuaikan untuk prospek target vs pengalaman situs web umum.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Account Based Marketing, Langkah Penerapan, Manfaat, dan Contohnya"