Pengertian Sumber Daya, Kriteria, Aspek, dan Macamnya

Pengertian Sumber Daya
Sumber Daya
A. Pengertian Sumber Daya
Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumber daya  dipandang memiliki nilai ekonomi.

Dapat juga dikatakan bahwa sumber daya adalah komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Dengan demikian dalam pengertian ini definisi sumber daya terkait dengan kegunaan (usefulness) baik untuk masa kini maupun masa mendatang bagi umat manusia.

Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Selain itu, dikenal pula istilah sumber daya yang dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) dan sumber daya tak terbarukan (non-renewable resources). Ke dalam sumber daya dapat pulih termasuk tanaman dan hewan (sumber daya hayati).

Pengertian Sumber Daya Menurut Beberapa Referensi
1. Ensiklopedia Webster, mendefinisikan sumber daya antara lain sebagai kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu, sumber persediaan, penunjang atau bantuan, serta sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pikiran manusia
2. Adam Smith, sumber daya diartikan sebagai seluruh faktor produksi yang diperlukan untuk menghasilkan output
3. Grima dan Berkes (1989), mendifinisikan sumber daya sebagai aset untuk pemenuhan kepuasan dan utilitas manusia
4. Ensiklopedia mendefinisikan sumber daya di antaranya sebagai,
a. Kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu
b. Sumber persediaan, penunjang atau bantuan
c. Sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pemikiran seseorang

B. Kriteria Sumber Daya
Grima dan Berkes (1989) mengatakan bahwa sesuatu untuk dapat dikatakan sebagai sumber daya harus memiliki dua kriteria di antaranya,
1. Harus ada pengetahuan, teknologi atau ketrampilan (skill) untuk memanfaatkannya
2. Harus ada permintaan (demand) terhadap sumber daya tersebut

C. Aspek Sumber Daya
Sumber daya juga terkait pada dua aspek di antaranya,
1. Aspek teknis yang memungkinkan bagaimana sumber daya dimanfaatkan
2. Aspek kelembagaan yang menentukan siapa yang mengendalikan sumber daya dan bagaimana teknologi digunakan

D. Macam-Macam Sumber Daya
1. Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia adalah sumber daya yang ada pada manusia itu sendiri. Biasanya sumber daya ini digunakan dalam proses produksi barang atau jasa, di mana dengan adanya manusia yang mampu memproduksi suatu barang maka manusia akan lebih sejahtera. Pada manusia terdapat tenaga, keahlian dan kepribadian yang menjadi sumber daya, di mana semakin baik tenaga, keahlian dan kepribadian di suatu daerah maka daerah tersebut akan semakin baik. Namun, tentunya sumber daya manusia dapat menjadi lebih baik lagi jika memiliki sumber daya yang lain sebagai penunjangnya.

2. Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber daya alam adalah sumber daya yang berasal dari alam, ia dapat diolah menjadi sesuatu barang atau jasa yang berharga. Misalnya saja minyak bumi yang terdapat di suatu daerah akan menjadikan daerah tersebut menjadi penghasil minyak di mana minyak tersebut dapat dijual ataupun digunakan sendiri. Minyak akan sangat bermanfaat bagi manusia jika dapat diolah dengan baik. Seperti halnya sumber daya manusia, sumber daya alam juga memerlukan sumber daya lain sebagai penunjang. Misalnya saja sumber daya manusia yang mampu dan memiliki keahlian dalam mengolah minyak mentah menjadi minyak yang siap pakai sehingga potensi minyak tersebut menjadi dapat digunakan seutuhnya.

3. Sumber Daya Modal
Sumber daya modal atau kapital adalah suatu sarana untuk mendukung proses produksi suatu barang atau jasa. Modal tersebut tidak hanya berupa uang namun teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya juga termasuk modal karena dapat mendukung proses produksi. Dengan adanya modal maka proses produksi akan menjadi lebih mudah dan efisien, misalnya saja penggunaan traktor oleh petani akan mempercepat pengolahan lahan daripada cara manual dan tradisional lainnya.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Sumber Daya, Kriteria, Aspek, dan Macamnya"