Windows Was Unable To Complete the Format: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Windows Was Unable To Complete the Format
Windows Was Unable To Complete the Format
Pengertian Windows Was Unable To Complete the Format
Windows was unable to complete the format adalah salah satu bentuk permasalahan yang seringkali terjadi ketika sedang melakukan proses format Flashdisk, SD Card, Harddisk, dan media penyimpanan lainnya. Artinya pengguna gagal melakukan format ulang media penyimpanan tersebut.

Kegagalan melakukan format media penyimpanan tersebut umumnya terjadi pada drive yang berstatus write-protected, yang terinfeksi oleh malware, atau yang mengalami kerusakan. Kegagalan melakukan format ulang tersebut bisa terjadi ketika Anda memilih metode Quick Format maupun Full Format.

Penyebab Windows Was Unable to Complete the Format
1. File system error
Penyebab Windows Was Unable to Complete the Format yang pertama adalah karena terjadi error pada file system. Masalah ini biasanya terjadi karena ada file sistem yang tidak didukung sehingga format tidak bisa dilakukan.

2. Write protected
Media penyimpanan seperti Flashdisk, SD Card, SSD, atau Hardisk yang berstatus write protected juga tidak bisa diformat sebelum protectionnya dibuka.

3. Bad sector
Ketika dalam media penyimpanan seperti HDD atau SSD terdapat bad sector maka proses format tidak bisa dilakukan. Anda harus menjalankan disk checker dan memperbaiki bad sector terlebih dahulu agar bisa melakukan format.

4. Virus dan malware
Penyebab error Windows Was Unable to Complete the Format juga bisa karena infeksi virus dan malware pada perangkat. Proses format tidak akan bisa dilakukan sebelum virus dibersihkan.

5. Kerusakan fisik
Kerusakan secara fisik pada perangkat Flashdisk, SD Card, dan SSD juga bisa menyebabkannya tidak bisa diformat.

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format
Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi permasalahan di atas di antaranya,
1. Melalui Windows Explorer
Caranya yaitu adalah sebagai berikut:
Buka Windows Explorer>Pilih perangkat drive yang ingin di format>lalu pilih format
Jika proses format telah berhasil, maka akan muncul tulisan “format completed” yang menandakan proses telah selesai. Jika tidak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba langkah berikutnya

2. Melalui CMD (Command Prompt)
Cara yang kedua dengan menggunakan Windows Command Prompt atau CMD. Mulai dengan membuka CMD (Run As Administrator), kemudian langsung ketikan:
Format (Drive Letter): Kemudian pilih drive letter yang merupakan letak drive eksternal yang ingin Anda format.

3. Melalui Disk Management
Untuk langkah ke-3 (tiga) disini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa, perangkat yang ingin Anda format, jangan sampai salah melakukan format. Agar tidak sampai salah, Anda bisa memastikan dengan mengecek nama drive di Windows Explorer atau dengan melihat kapasitasnya ruang penyimpanan.

Adapun langkah dan cara untuk mem-format drive melalui tools Disk Management Windows adalah sebagai berikut.
a. Tekan tombol Windows + R (pada keyboard) secara bersamaan untuk menjalankan Windows Run.
b. Setelah terbuka, kemudian masukan perintah dengan mengetik diskmgmt.msc lalu tekan enter.
c. Sekarang cari drive micro SD, USB atau flash disk yang tidak dapat Anda format, lalu klik kanan dan pilih “Format”.  Jika ada partisi di drive, hapus semuanya, agar menjadi satu volume saja.
d. Lalu, jika masih gagal dan tidak bisa di format, pilih delete volume.
e. Kemudian Pilih new simple volume.
f. Untuk sistem filenya, Anda bisa memilih NTFS atau FAT32 jika perangkat lebih besar dari 4GB.
g. Tunggu proses, dan selesai.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ke-3 (Tiga)
Cara terakhir menggunakan software Easeus Partition Master. Aplikasi ini dianggap lebih user friendly serta lebih mudah untuk digunakan. Adapun cara melakukan format pada drive dengan menggunakan aplikasi Easeus Partition Master adalah sebagai berikut:
a. Pertama-tama jalankan aplikasi EaseUS Partition Master, kemudian klik kanan pada partisi perangkat yang ingin Anda format dan setelah itu pilih format.
b. Selanjutnya, akan muncul jendela baru, Anda juga dapat mengatur label partisi untuk sistem file seperti (NTFS/FAT32/EXT2/EXT3) pada partisi yang akan diformat, lanjutkan dengan klik OK.
c. Ketika Anda sudah selesai dan menutup Aplikasinya, maka akan muncul peringatan konfirmasi, klik saja OK untuk melanjutkan.
d. Klik tombol execute operation pada bagian kiri atas untuk meninjau perubahan, lalu klik apply untuk memulai memformat partisi drive Anda.
e. Selesai, jika diminta restart, pilih saja OK, makan proses format akan dilakukan pada saat booting Windows.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Windows Was Unable To Complete the Format: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya"