Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAT32: Pengertian, Manajemen Ruang Disk, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian FAT32 atau File Allocation Table 32
FAT32 (File Allocation Table 32)
Pengertian FAT32
FAT32 (File Allocation Table 32) adalah salah satu sistem file dari metode pengelolaan data pada media penyimpanan komputer yang umum digunakan dan paling luas dukungannya. Hampir setiap perangkat dan sistem operasi mendukung FAT32.

FAT32 adalah sistem file tertua yang dikembangkan pada tahun 1970-an yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Ada tiga versi FAT - FAT12, FAT16 dan FAT32 yang masing-masing berbeda dalam ukuran file dan struktur pada disk.

FAT32 pada dasarnya dirancang untuk floppy drive yang memiliki ukuran kurang dari 500 K. Sistem file FAT pertama kali digunakan di MS-DOS di mana ukuran maksimum hard drive dapat 32 MB yang terdiri dari sektor partisi 512 K.

Ukuran maksimum file di drive FAT32 tidak boleh melebihi lebih dari 4 GB dan partisi yang dibuat di FAT32 harus lebih kecil dari 8 TB.

Manajemen Ruang Disk FAT32
Sistem file FAT32 menggunakan alokasi tertaut yang menyimpan data kontrol secara terpisah dari sistem file. Tabel alokasi file dari sebuah disk berisi elemen untuk setiap blok disk dalam disk dalam sebuah larik.

Blok disk yang ditetapkan ke sebuah file, komponen FAT terkait menyimpan alamat blok disk berikutnya. Oleh karena itu, blok disk dan elemen FATnya secara kolaboratif membentuk unit yang berisi informasi yang sama dengan blok disk dalam bentuk alokasi terkait.

Entri direktori file menyimpan alamat blok disk pertama dan elemen FAT yang sesuai dengan blok disk ini berisi alamat blok disk kedua dan seterusnya. Elemen FAT blok disk terakhir menyertakan kode khusus untuk menandai akhir file.

Kelebihan FAT32
1. Bekerja secara efisien di bawah partisi 200 MB.
2. Menyediakan kompatibilitas dengan sistem operasi yang berbeda dan sering digunakan sebagai partisi utama pada sistem multiboot.

Kekurangan FAT32
1. Partisi lebih dari 200 MB dapat menurunkan kinerja.
2. Tidak aman.
3. Rentan terhadap fragmentasi.
4. Struktur direktori tidak memiliki organisasi standar apa pun.

Perbedaan FAT32 dan NTFS
1. FAT32 sederhana sedangkan struktur NTFS cukup rumit.
2. NTFS dapat mendukung ukuran file dan volume yang lebih besar bersama dengan nama file yang besar relatif terhadap sistem file FAT32.
3. FAT32 tidak menyediakan enkripsi dan banyak keamanan sedangkan NTFS diaktifkan dengan keamanan dan enkripsi.
4. Sangat mudah untuk mengubah sistem file FAT menjadi yang lain tanpa kehilangan data. Sebaliknya, konversi NTFS sulit dicapai.
5. Kinerja NTFS secara komparatif lebih baik daripada FAT32 karena juga memberikan toleransi kesalahan.
6. File-file tersebut diakses lebih cepat dalam kasus NTFS. Sebaliknya, FAT32 lebih lambat dari NTFS.
7. NTFS memberikan fitur seperti journal dan kompresi, yang tidak disediakan oleh FAT32.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "FAT32: Pengertian, Manajemen Ruang Disk, Kelebihan, dan Kekurangannya"