Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NTFS: Pengertian, Fitur, Manajemen Ruang Disk, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan FAT32

Pengertian NTFS atau New Technology File System
NTFS (New Technology File System)
Pengertian NTFS
NTFS (New Technology File System) adalah sistem berkas yang dimasukkan oleh Microsoft dalam kumpulan sistem operasi windows NT, yang terdiri dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7. NTFS dibuat dengan maksud untuk menghilangkan batasan sistem file FAT.

Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibanding kelompok sistem berkas FAT. NTFS merupakan versi terakhir dari sistem file yang dibuat pada akhir tahun 1990-an untuk drive sistem windows dan drive yang dapat dilepas.

NTFS memiliki beberapa fitur-fitur terbaik yang dibutuhkan dalam pendistribusian, misalnya seperti access control (pengaturan akses) sehingga siapapun dapat mengakses berkas-berkas (directory), penetapan seberapa banyak kuota yang dapat digunakan dalam kapasitas hardisk, toleransi pada kesalahan, serta fitur enkripsi.

NTFS mendukung ukuran file dan volume drive yang lebih besar dibandingkan dengan FAT32. Ini mencegah akses tidak sah ke konten file dengan memberlakukan sistem enkripsi bernama Sistem File Enkripsi yang menggunakan keamanan kunci publik.

NTFS telah mengalami banyak perkembangan hingga kini, sehingga terdapat beberapa versi NTFS yang sudah pernah diluncurkan. Mulai dari versi 1.0 (Windows NT 3.1), versi 1.1 (Windows NT 3.50), versi 1.2 (Windows NT 4.0), versi 2.0 (tidak dilanjutkan), versi 3.0 (Windows 2000), dan versi 3.1 (Windows server 2003 dan Windows XP SP1)

Fitur NTFS
Berikut beberapa informasi mengenai fitur NTFS di antaranya,
1. NTFS dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna (dalam NTFS disebut dengan Disk Quota).
2. NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan jenis beberapa jenis algoritme enkripsi yang umum digunakan.
3. NTFS mendukung kompresi data transparan yang, meskipun tidak memiliki rasio yang besar, dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruangan hard disk.
4. NTFS mendukung pembuatan berkas dengan atribut sparse (berkas yang berisi banyak area kosong di dalam datanya) yang umumnya dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi ilmiah.
5. NTFS mendukung hard link (tautan keras) serta symbolic link (tautan simbolis) seperti halnya sistem berkas dalam sistem operasi keluarga UNIX, meskipun dalam NTFS, implementasinya lebih sederhana. Fitur symbolic link dalam NTFS diimplementasikan dengan menggunakan Reparse Point yang awalnya hanya dapat diterapkan terhadap direktori. Windows Vista mengizinkan penggunaan symbolic link terhadap berkas.
6. NTFS mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter. Berbeda dengan sistem berkas FAT yang masih menggunakan pengodean ANSI (8-bit ASCII) dan hanya berorientasi pada format 8.3. Penggunaan nama panjang dalam sistem berkas FAT akan menghabiskan lebih dari dua entri direktori. Tabel di bawah ini menyebutkan karakteristik perbandingan antara NTFS dengan sistem berkas FAT32 dan FAT16.
7. NTFS memiliki fitur untuk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas. Fitur ini disebut dengan alternate data stream.

Manajemen Ruang Disk NTFS
Sistem file NTFS tidak bergantung pada ukuran sektor pada disk yang berbeda. Ini menggunakan konsep cluster dan cluster adalah sekelompok sektor yang berdekatan untuk alokasi ruang disk. Cluster dapat berisi 2 n jumlah sektor. Partisi logis pada disk dikenal sebagai volume dan menggunakan file bitmap untuk menandai cluster yang dialokasikan dan kosong dalam volume.

Ada juga file bernama file cluster buruk untuk menyimpan catatan cluster yang tidak dapat digunakan. Satu set volume menyediakan cara untuk melebihi kapasitas partisi hingga 32 volume.

Volume NTFS terdiri dari tabel file master (MFT), boot sector, dan beberapa file pengguna dan sistem. Tabel file master menyerupai tabel FAT dan menyertakan semua detail tentang file dan folder pada volume. Adanya boot sector membuat setiap volume bootable.

NTFS atau NT File System merupakan jenis file system yang menggunakan desain yang cukup simple namun kemampuannya melebihi dari FAT File System. NTFS ini pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows NT, namun juga mendukung sistem operasi lainnya seperti Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 Server, Windows 2008, hingga Windows 7.

NTFS memiliki beberapa fitur-fitur terbaik yang dibutuhkan dalam pendistribusian, misalnya seperti access control (pengaturan akses) sehingga siapapun dapat mengakses berkas-berkas (directory), penetapan seberapa banyak kuota yang dapat digunakan dalam kapasitas hardisk, toleransi pada kesalahan, serta fitur enkripsi.

NTFS telah mengalami banyak perkembangan hingga kini, sehingga terdapat beberapa versi NTFS yang sudah pernah diluncurkan. Mulai dari versi 1.0 (Windows NT 3.1), versi 1.1 (Windows NT 3.50), versi 1.2 (Windows NT 4.0), versi 2.0 (tidak dilanjutkan), versi 3.0 (Windows 2000), dan versi 3.1 (Windows server 2003 dan Windows XP SP1).

Sistem file NTFS adalah sistem file default yang mana ada pertama kali ketika anda akan melakukan instal ulang pada windows XP dan jika Anda ingin mengupgrade Windows 9x ke XP maka anda akan ditanya ulang untuk mengkonversi sistem file yang lama menjadi NTFS.

Jika Anda menolak permintaan ini sebenarnya bukanlah masalah yang besar, karena windows XP masih support untuk sistem file FAT32, hanya saja tentu fitur keamanan nya akan dirasa sangat kurang. Untuk mengkonversi dari sistem FAT menuju NTFS sebenarnya sangat mudah.

Namun jika sebaliknya akan terasa sulit karena Anda perlu memformat hardisk Anda terlebih dahulu. Dapat dikatakan jika NTFS lebih aman jika dibandingkan dengan FAT.

Kelebihan NTFS
1. Dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna (Disk Quota).
2. Memiliki teknologi berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan algoritma enkripsi yang umum saat ini.
3. Mendukung pemanfaatan kompresi data yang dapat digunakan untuk menghemat pengggunaan ruang penyimpanan hard disk.
4. Resiko file corrupt yang rendah dan dapat dilakukan recovery data kembali.
5. Kekurangan NTFS
6. Tidak mendukung sistem operasi Mac OS, hanya dapat membaca namun tidak dapat menuliskannya.
7. Tidak mendukung file dari penyimpanan teknologi lama seperti DVD Player, Floppy Disk, dan lainnya.

Perbedaan NTFS dan FAT32
1. FAT32 sederhana sedangkan struktur NTFS cukup rumit.
2. NTFS dapat mendukung ukuran file dan volume yang lebih besar bersama dengan nama file yang besar relatif terhadap sistem file FAT32.
3. FAT32 tidak menyediakan enkripsi dan banyak keamanan sedangkan NTFS diaktifkan dengan keamanan dan enkripsi.
4. Sangat mudah untuk mengubah sistem file FAT menjadi yang lain tanpa kehilangan data. Sebaliknya, konversi NTFS sulit dicapai.
5. Kinerja NTFS secara komparatif lebih baik daripada FAT32 karena juga memberikan toleransi kesalahan.
6. File-file tersebut diakses lebih cepat dalam kasus NTFS. Sebaliknya, FAT32 lebih lambat dari NTFS.
7. NTFS memberikan fitur seperti journal dan kompresi, yang tidak disediakan oleh FAT32.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "NTFS: Pengertian, Fitur, Manajemen Ruang Disk, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan FAT32"