Google Knowledge Panel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Pengertian Google Knowledge Panel
Google Knowledge Panel
Pengertian Google Knowledge Panel
Google Knowledge Panel (panel pengetahuan Google) adalah kotak informasi yang muncul di Google saat Anda menelusuri entitas (orang, tempat, organisasi, objek) yang ada dalam grafik pengetahuan (knowledge graph). Google Knowledge Panel dimaksudkan untuk membantu Anda mendapatkan ringkasan informasi mengenai suatu topik berdasarkan pemahaman Google tentang konten yang tersedia di web.

Panel pengetahuan dibuat secara otomatis, dan informasi yang ditampilkan berasal dari berbagai sumber di web. Sebagian di antaranya mungkin berasal dari partner data yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dalam menyediakan data resmi tentang topik tertentu, seperti film atau musik, dan menggabungkan data tersebut dengan informasi dari sumber web terbuka lainnya.

Mereka juga mengetahui bahwa entitas yang informasinya disertakan dalam panel pengetahuan (seperti tokoh terkemuka atau pencipta acara televisi) melakukan otorisasi mandiri, dan mereka menyediakan cara bagi entitas tersebut untuk memberikan masukan langsung. Oleh karena itu, sebagian informasi yang ditampilkan mungkin juga berasal dari entitas terverifikasi yang telah menyarankan pengeditan atas fakta yang ditampilkan di panel pengetahuan mereka sendiri.

Adapun gambar yang muncul di panel pengetahuan dapat berasal dari berbagai sumber. Salah satunya, orang yang telah mengklaim panel pengetahuan miliknya bisa memilih foto unggulan dari sekian banyak gambar yang ada di web. Gambar lainnya (terutama jika ada koleksi berisi lebih dari satu gambar) adalah pratinjau dari hasil Google Gambar untuk entitas tersebut, dan diambil secara otomatis dari berbagai sumber di web.

Knowledge Panel diperbarui secara otomatis seiring perubahan informasi di web, namun Google juga mempertimbangkan perubahan melalui dua cara utama yaitu, secara langsung dari entitas yang ditampilkan di panel pengetahuan, dan dari masukan pengguna umum.

Fungsi Google Knowledge Panel
Knowledge Panel dapat membantu menemukan hal yang benar, pencarian Google juga dapat memberikan ringkasan terbaik, memungkinkan pencari untuk pergi lebih luas dan lebih dalam. Model yang diperkenalkan Google beberapa tahun lalu dikenal sebagai grafik pengetahuan (knowledge graph).

Inilah yang menggerakkan panel pengetahuan (Google knowledge panel), meskipun banyak pemasar konten menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian. Panel pengetahuan Google tersebut muncul di sisi kanan hasil pencarian saat Anda mencari orang, lokasi, tempat, objek, merek, peristiwa, sejarah, dan lain sebagainya.

Google mengumpulkan data ini dari sumber publik, termasuk Wikipedia dan The CIA World Factbook, dengan jutaan objek dan miliaran fakta relasional. Panel pengetahuan berisi banyak detail yang terkait dengan kueri penelusuran Anda.

Misalnya, saat Anda menelusuri Google dengan kategori tertentu Anda akan menemukannya dengan penjelasan detail seperti niche atau ceruk bisnis, deskripsi singkat, riwayat, CEO, tautan ke situs web perusahaan, dan detail lain yang diperlukan. Seperti yang dapat kalian lihat, informasinya juga mencakup seperti link atau tautan ke profil sosial serta lainnya seperti “orang-orang juga mencari” pada bagian bawahnya.

Contoh lainnya seperti saat Anda menelusuri selebritas, informasi yang tersedia di panel pengetahuan Google juga bertambah, sebagai contoh misalnya panel akan menampilkan kutipan (dari selebritas) dan film yang juga melibatkan selebritas yang dicari. Untuk manfaat lainnya memiliki panel pengetahuan Google, seperti peningkatan penemuan organik di Google dan reputasi merek, untuk beberapa nama.

Cara Membuat Google Knowledge Panel
Berikut beberapa langkah atau cara untuk membuat brand business details untuk Google knowledge panel.
Step 1: Buat Google Business Profile
Untuk pemilik bisnis yang menjalakan lokal bisnis konvesional (memiliki tempat), seperti coffe shop atau retail, langkah pertama adalah membuat Google Business Profile.

Google Business Profile adalah tool gratis bagi pemilik lokal bisnis untuk menampilkan informasi mereka di Google Search dan Google Maps. Informasi yang dapat diatur adalah jam operasional, products dan services, apakah menerima order secara online, dan banyak lagi. Anda dapat membuat business profile langsung melalui Google Maps atau Google Search .

Step 2: verifikasi kepemilikan website
Melakukan verifikasi kepemilikan website melalui Google’s Search Console. Search Console adalah tool untuk membantu webmaster, memberikan informasi performa website, berguna untuk mengoptimalkan website visibility. Proses verifikasi penting, untuk memastikan Anda pemilik website.

Step 3: Update Info Google knowledge panel
sign in ke Gmail account yang terhubung dengan entitas yang akan ditampilkan, lalu update Google knowlege panel information. Bila Google search sudah pernah Google knowledge pane bisnis Anda secara otomatis, update yang dilakukan pada proses ini akan menimpa algoritme terdahulu.

Step 4: Menambahkan structured data untuk rich results
Seperti yang sudah dibahas pada modul sebelumnya, Rich results adalah hasil search yang memberikan informasi dan fitur lebih. Sebagai digital marketer, kita dapat mengambil keuntungan dari fitur ini. Silakan pelajari lebih lanjut mengenai structured data di Google Developer Structure Data Markup.

Setelah menambahkan structured data, silakan check menggunakan tool Google’s Rich Results Test page.

Step 5: Tambahkan metoda customer support
Menambahkan informasi customer support penting agar pelanggan dapat mencapai Anda untuk menyelesaikan pain point mereka.

Tidak lupa untuk membuatnya sendiri, maka ada beberapa hal yang minimal harus dibuat dan dapatkan terlebih dahulu untuk dapat memiliki Google knowledge panel pada hasil query atau kueri pencarian terkait bisnis atau personal (pribadi) Anda sebagai berikut.
1. Website
Poin pertama yang harus kalian miliki untuk dapat mempunyai panel pengetahuan Google yaitu adalah dengan memiliki situs website resmi. Tidak ada informasi terbaik yang dapat didapatkan oleh Google knowledge graph selain dari website official (seperti halaman tentang, kontak dan lain sebagainya) Anda sendiri. Oleh karena itulah, ini merupakan hal penting yang perlu dimiliki terlebih dahulu.

2. Wikipedia
Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan Google knowledge panel yaitu adalah dengan mempunyai laman Wikipedia. Betul, perlu kalian ketahui Wikipedia adalah sumber informasi utama bagi Google saat membuat panel pengetahuan. Jadi, Anda harus membangun kehadiran online Anda untuk mendapatkan Google knowledge panel khususnya di platform Wikipedia.

3. Wikidata
Untuk membuat atau mengedit Wikidata, Anda tentunya dapat merujuk ke panduan langkah demi langkah dalam mengedit data Wikidata tersebut.

4. Media Sosial
Cara membuat dan mendapatkan Google knowledge panel (graph), yaitu dengan memperhatikan serta aktif di media sosial. Profil media sosial Anda juga tercantum di panel pengetahuan seperti yang dapat kalian lihat dalam bagian pembahasan apa itu pengertian Google knowledge panel (graph) di atas.

Selain itu, mereka membantu Google mempelajari lebih lanjut tentang brand atau merek Anda, layanannya, dan cara kerjanya. Kehadiran online tersebut juga Anda membantu visibilitas dan memungkinkan pengguna menemukan profil sosial Anda dengan mudah.

5. Schema Markup
Poin penting lainnya yaitu adalah skema atau schema markup. Menerapkan data terstruktur di situs web Anda memungkinkan Google mempelajari konten situs Anda secara efisien. Ini juga membantu mesin pencari mempelajari bagaimana konten situs web kalian disusun.Selain itu, implementasi markup skema juga dapat meningkatkan visibilitas online dan CTR atau Click-Through Rate juga.

Selanjutnya, berikan detail sebanyak mungkin tentang situs web Anda melalui meta tag. Optimalkan tag meta tersebut, termasuk deskripsi meta dan judul dengan kata kunci utama serta tambahkan detail tentang penulis yang valid. Jika kalian menggunakan WordPress, kalian dapat menggunakan Yoast SEO untuk memasukkan data organisasi atau personal (pribadi) di situs website kalian.

6. Direktori Lokal
Toko atau direktori lokal pastinya juga tercantum di panel pengetahuan Google. Jadi, untuk memperolehnya untuk bisnis lokal Anda, Anda harus membuat profil Google Bisnisku atau yang lebih dikenal dengan Google My Business secara global. Anda harus membuat dan memverifikasi akun Google Bisnisku terlebih dahulu.

Jika bisnis Anda lokal, pastinya tetap merupakan hal yang masuk akal untuk melakukan ini, karena itu memungkinkan bisnis Anda terdaftar di Google Maps serta memungkinkan pengguna untuk meninggalkan ulasan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Knowledge Panel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya"