Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RDP (Remote Desktop Protocol): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya

Pengertian RDP atau Remote Desktop Protocol
RDP (Remote Desktop Protocol)
Pengertian RDP (Remote Desktop Protocol)
RDP (Remote Desktop Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft yang memungkinkan terhubung ke komputer lain secara remote. Dengan RDP, Anda bisa mengakses komputer lain dari jarak jauh, bahkan Anda bisa melihat tampilan layar desktop dan menjalankan fungsi-fungsinya.

RDP merupakan perangkat protokol perpanjangan dari protokol T.120 sebagai protokol standar bagian dari ITU (International Telecommunications Union). RDP adalah protokol khusus sistem operasi Windows. Penggunaan RDP tidak terbatas antara perangkat komputer pribadi saja. Protokol ini juga dapat digunakan agar PC Anda dapat terkoneksi dengan desktop virtual dan server RDP itu sendiri.

Fungsi RDP (Remote Desktop Protocol)
Terdapat beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh RDP di antaranya,
1. RDP digunakan untuk Anda yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, minimal 100Mbps sampai 1Gbps bahkan lebih tergantung dari spesifikasi RDP yang Anda sewa.
2. Dengan kecepatan tinggi RDP cocok untuk Anda yang suka upload dan download dari berbagai website dengan kapasitas yang besar.
3. Dengan adanya RDP Anda bisa menjalankan BOT untuk keperluan website Anda tanpa membebani server yang Anda miliki, jadi cocok untuk keperluan berat dengan kecepatan internet yang tinggi seperti bisnis trading.

Untuk bisa menggunakan semua fungsi tersebut tampaknya Anda perlu membeli layanan RDP yang banyak dijual para seller-seller di Internet, tetapi Anda perlu menanyakan terlebih dahulu tentang spesifikasi dan cara penggunaan RDP.

Cara Kerja RDP (Remote Desktop Protocol)
RDP adalah perangkat lunak yang memiliki cara kerja sebagaimana drone atau mobil mainan yang dikendalikan dari jarak jauh. Saat menekan tombol dan mengarahkan drone atau mobil mainan dari jarak jauh, maka perintah tersebut ditransmisikan secara tidak langsung.

Penggunaan RDP mirip dengan cara kerja transmisi perintah yang diatur dari jarak jauh. Ketika menggunakan perangkat lunak RDP, user sebetulnya mengakses komputer desktop client secara fisik, meskipun tidak berada langsung di sana.

Umumnya cara kerja RDP sebagai berikut di antaranya,
1. Mentransfer data gambar dari server ke client sehingga dapat melihat desktop client dari jarak jauh
2. Dapat mengarahkan suara dari desktop jarak jauh ke komputer lokal user
3. Mengenkripsi semua data yang dikirim antara dua komputer
4. Mengautentikasi pengguna menggunakan Network Level Authentication (NLA)
5. Memungkinkan user mengakses file lokal di desktop jarak jauh melalui sistem yang disebut file system redirection
6. Akses ke printer lokal selama dalam akses RDP

RDP adalah perangkat lunak yang mampu mengirimkan informasi layar desktop dari server terminal jarak jauh ke client. Kemudian, perintah akan mengirimkan input keyboard dan mouse dari client ke server melalui jarak jauh. RDP mengandalkan protokol X.224 untuk mengatur koneksi antara dua perangkat, T.125 MCS untuk mengaktifkan banyak saluran dan TPKT untuk memungkinkan pertukaran unit informasi.

Cara Menggunakan RDP (Remote Desktop Protocol)
Cara Mengaktifkan Dukungan RDP di Windows 10
RDP didukung di semua sistem operasi. Di Windows 10, Anda hanya dapat menggunakan protokol ini di Windows edisi Pro dan Enterprise saja. Untuk dapat menggunakan protokol ini, Anda perlu mengaktifkan pengaturannya terlebih dahulu.
1. Klik Settings di menu Start dan pilih opsi System.
2. Klik Remote Desktop yang ada pada baris menu di sebelah kiri layar.
3. Klik slider Enable Remote Desktop untuk menyalakan dukungan koneksi remote desktop bagi komputer Anda.
4. Setelah di-klik, akan muncul pertanyaan konfirmasi seperti di bawah ini. Klik Confirm untuk meneruskan.
 
Dengan ini, komputer Anda sudah siap untuk menggunakan RDP. Akan tetapi, ada cara lain untuk menyalakan pengaturan tadi, yaitu melalui Advanced System Settings di Control Panel.
1. Agar mudah, ketikan saja nama pengaturan tersebut pada menu search di samping tombol Start.
2. Setelah window pengaturannya terbuka, klik tab Remote dan centang checkbox Allow remote connections to this computer. Jika sudah, klik OK.
 
Sebelum mempraktikkan langkah-langkah selanjutnya, pastikan bahwa Anda sudah memiliki server RDP. Jangan lupa juga untuk mengonfigurasikannya agar dapat menerima koneksi dari komputer Anda terlebih dahulu.

Cara Menggunakan RDP di Windows 10
Sekarang, Anda tinggal menggunakan client RDP, dan Windows memilikinya sebagai aplikasi bawaan.
1. Klik menu search lagi dan ketikkan Remote Desktop Connection.
2. Setelah window-nya terbuka, masukkan nama atau IP address server RDP dan username komputer Anda.
3. Lalu, klik Connect untuk menghubungkan komputer dengan server RDP.
 
Manfaat RDP (Remote Desktop Protocol)
Dengan memiliki RDP, Anda tidak perlu mengorbankan resource yang ada pada komputer yang Anda miliki, cukup menggunakan koneksi internet saja. Berikut beberapa manfaat RDP yang akan Anda dapatkan di antaranya,
1. Koneksi internet lebih cepat dan stabil
RDP memiliki kelebihan pada kecepatan internetnya. Anda bisa menyesuaikan sesuai paket apa yang Anda sewa, semakin mahal berarti semakin cepat pula komputer RDP yang Anda sewa bahkan bisa sampai 1Gbps.

Untuk tambahan agar kecepatan internet RDP lebih cepat maka pilihlah server yang paling dekat dengan lokasi Anda, kalau saat ini yang paling dekat di Singapura, sehingga aksesnya tidak mengalami delay karena lokasi server yang jauh.

2. Download dan Upload data menjadi lebih cepat
Untuk kecepatan yang dimiliki RDP tidak diragukan lagi, jadi untuk proses upload download akan lebih cepat daripada menggunakan jaringan internet biasa.

Misal saat Anda melakukan migrasi website dengan ukuran data sampai 100 GB, berapa lama yang Anda butuhkan untuk bisa memindahkan semuanya ke server baru. Dengan RDP kecepatan 200Mbps proses pindah server ini tidak akan memakan waktu yang lama, Anda cukup melakukan login ke akun hosting melalui RDP saja.

3. Selalu aktif 24 jam
Ini yang menjadi nilai plus RDP, komputer akan selalu online 24 jam. Jadi untuk Anda yang memiliki BOT atau Tool membutuhkan komputer selalu on terus-terusan maka RDP ini bisa menjadi solusi. Jadi untuk kegiatan yang membutuhkan waktu lama seperti encoding video, upload download file besar maka cocok menggunakan RDP. Tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang seperti Mining dan kegiatan yang akan membebani server yang bisa menyebabkan server down.

4. Custom spesifikasi sesuai kebutuhan
Saat melakukan pembelian, Anda bisa mengkustom spesifikasi komputer RDP yang Anda sewa sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

5. Kuat menjalankan program berat
RDP selain memiliki akses internet cepat juga bisa menjalankan program yang berat sesuai dengan spesifikasi server. Semakin baik server maka akan semakin aman untuk menjalankan program-program komputer yang bisa Anda instal secara langsung pada RDP.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "RDP (Remote Desktop Protocol): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya"