Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wifi Adapter (WLAN Card): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian WiFi Adapter atau WLAN Card
WiFi Adapter (WLAN Card)
Pengertian WiFi Adapter
Wifi Adapter (WLAN Card) adalah sebuah perangkat pada komputer atau laptop agar dapat terkoneksi dengan Wifi yang tersedia di sekitarnya. Wifi adapter ini pada umumnya terpasang menjadi satu dengan motherboard baik pada PC maupun laptop.

Koneksi pada wifi adapter dapat terjadi dalam dua mode yaitu mode infrastruktur dan mode ad hoc. Pada mode infrastruktur,  data pada jaringan ditransfer menggunakan access point yang berfungsi sebagai pusat.
 
Sementara itu pada mode ad-hoc, koneksi jaringan tidak membutuhkan access point dan secara langsung bisa terhubung dengan semua perangkat wireless. Pada mode konektivitas jenis ini, koneksi mode ad-hoc harus menggunakan saluran dan SSID sama.

Fungsi Wifi Adapter
Fungsi utama Wifi Adapter yaitu menerima dan membagikan sinyal koneksi wifi ke komputer. Tanpa  adanya Adapter Wifi, komputer tidak akan bisa menerima dan mengirim data melalui jaringan wifi ke komputer lain.

Pada sistem jaringan yang lebih luas, wifi adapter juga bisa dimanfaatkan untuk menukar koneksi antara PC dan Laptop.

Wifi Adapter memungkinkan untuk terhubung ke jaringan hotspot wifi di sekitar. Dengan teknologi ini , bisa berbagi file di PC atau laptop lain menggunakan jaringan wifi dengan perangkat ini.

Cara Kerja Wifi Adapter
Wifi Adapter bekerja dengan cara menangkan signal wifi yang ada di sekitar kita agar terhubung ke komputer. Jadi tanpa adanya Wifi Adapter, komputer tidak akan bisa menangkan signal wifi.

Artinya, jika komputer tidak dilengkapi dengan Wifi Adapter, Anda harus menambahkannya sendiri agar bisa digunakan untuk wifian. Untuk menambahkannya, Anda bisa membuka casing dekstop komputer untuk menambahkan Wi-Fi Adapter.

Letakkan pada bagian slot PCI express atau slot sejenis lainnya. Lalu tutup kembali dekstop komputer, setelah itu lakukan booting.

Selain Wifi Adapter, Anda bisa juga menggunakan USB Wifi untuk menghubungkan komputer dengan wifi. Tetapi Internal Wi-Fi card adapter memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menangkan signal ketimbang USB Wi-Fi karena atena Wifi Adapter lebih besar.

Jenis Wifi Adabter
Terdapat beberapa jenis Wifi Adapter yang bisa dibedakan menurut menurut frekuensinya dan penggunaannya. Berdasarkan frekuensinya, Wifi Adapter dibedakan menjadi dua jenis di antaranya,
1. Wifi Adapter Single Band
Adalah Wifi Adapter yang hanya beroperasi pada satu jenis frekuensi. Bisa pada frekuensi 2.4 GHz bisa juga 5 GHz. Jenis signal yang dikirim juga hanya satu jenis, bisa 2.4 atau 5 GHz saja.

Jika menggunakan Wifi Adapter Single band frekuensi 2.4 GHz maka Anda hanya bisa menerima dan mengirim sinyal dari perangkat Fequency 2.4 GHz saja. Begitu juga bisa menggunakan wifi adapater 5 GHzm juga hanya bisa mengirimkan dan menerima dari Fequency 5 GHz saja.

2. Wifi Adapter Dual Band
Jika pada Wifi Adapter Single Band, Anda harus mengonta-gonti frekuensi untuk bisa menerima dan mengirim data hanya pada satu frekuensi saja. maka berbeda dengan Wifi Adapter Dual Band yang bisa menerima dan mengirim dari dua jenis frekuensi. Yaitu frequency 2.4 GHz dan 5 GHz.

Sementara berdasarkan penggunaannya, Wifi Adapter dibedakan yang untuk komputer dan yang untuk selain komputer seperti PDA, notebook dan perangkat lainnya.

Pada Wifi Adapter PC umumnya menggunakan slot PCI. Sementara Wifi Adapter untuk gadget non PC bisa menggunakan PCMCIA card tanpa bantuan holder tambahan.

Wifi Adapter Model USB
Wifi adapter tipe USB memiliki bentuk seperti flashdisk yang sering Anda gunakan untuk keperluan menyimpan dan mengcopy data. Wifi adapter jenis ini mulai populer digunakan pada tahun 2005 dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 2006.

Wifi adapter jenis USB ini mempunyai kehandalan yaitu praktis untuk digunakan di mana pun. Harganya pun cukup terjangkau, memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, dan pemakaiannya yang bersifat fleksibel.

Saat ini juga terdapat USB wifi adapter yang mendukung slot SIM card (USB Modem WiFi). Jadi wifi adapter model ini juga bisa digunakan sebagai modem. 

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Wifi Adapter (WLAN Card): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"