Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan Ad Hoc, Fungsi, Karakteristik, Jenis, Kelebihan, dan Kelemahannya

Pengertian Jaringan Ad Hoc, Fungsi, Karakteristik, Jenis, Kelebihan, dan Kelemahannya


A. Pengertian Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad Hoc adalah salah satu jenis jaringan komputer berbasis wireless yang menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk bisa saling berkomunikasi, di antaranya jaringan Ad Hoc sering dipakai untuk menghubungkan 2 perangkat seperti laptop untuk memindahkan data. Jaringan Ad Hoc terdiri dari sekumpulan node-node yang terhubung satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan perantara seperti access point.

Node-node pada jaringan Ad Hoc memiliki sifat dinamis. Oleh sebab itu jaringan Ad Hoc tidak hanya mampu mengirim dan menerima informasi saja, namun sekaligus dapat mendukung jaringan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai router.

B. Fungsi Jaringan Ad Hoc
Jaringan Ad Hoc berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat (laptop) sehingga bisa berkomunikasi dan bertukar informasi dan data. Jaringan ini biasa digunakan untuk mengirimkan data yang tidak terlalu besar ke perangkat laptop lain tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya.

C. Karakteristik Ad Hoc
Ad hoc memiliki beberapa karakteristik unik di antaranya,
1. Router Free . Berbagai file antar komputer satu dengan yang lain tanpa memerlukan router merupakan keuntungan utama menggunakan jaringan Ad Hoc. Karena itu, menjalankan jaringan Ad hoc bisa lebih terjangkau daripada jaringan tradisional. Anda tidak perlu biaya tambahan router. Namun, jika Anda hanya memiliki satu komputer,  tidak memungkinkan untuk menggunakan jaringan Ad Hoc.
2. Multiple Wireless Link. Artinya setiap node dalam Ad Hoc memiliki mobilitas tinggi yang memungkinkan beberapa interface dapat terhubung dengan beberapa node lainnya. Jaringan ini juga bisa dengan cepat dibuat dalam situasi apa pun, meski dalam keadaan darurat sekalipun.
3. Dyanamic Topology. Node pada Ad Hoc juga bersifat mobile. Dengan demikian, topologi jaringan di dalamnya bisa berubah dengan acak. jika terjadi kesalahan dalam jaringan, masalah yang lebih kompleks akan terjadi pada routing protokol.
4. Limited Resources. Ad Hoc adalah salah satu jenis jaringan wireless. Karenanya ia memiliki limit pada kapasitas memori dan daya.
5. High Speed. Menggunakan jaringan Ad Hoc tidak memerlukan perangkat keras maupun perangkat lunak tambahan. Jika Anda perlu menghubungkan banyak komputer dengan cepat dan mudah, maka Ad hoc adalah solusi yang tepat.

D. Jenis Jaringan Ad Hoc
1. Wireless Ad Hoc Network (WANET). Merupakan jaringan Ad Hoc yang ada di dalam jaringan nirkabel pada perangkat komputer dan laptop. Cara kerja dari WANET hampir sama seperti client dan server di mana perangkat komputer dapat mengirim, menerima sekaligus menghasilkan data. Konektivitas jaringan sangat berpengaruh dalam penentuan persebaran node.
2. Mobile Ad Hoc Network (MANET). Adalah jaringan Ad Hoc yang dipakai pada perangkat mobile seperti telepon seluler. MANET dapat terhubung ke segala penjuru secara bebas. Oleh sebab itu penyebarannya sering berubah dan diteruskan ke lalu lintas jaringan yang tidak terkait.
3. Vehicular Ad Hoc Network (VANET). Adalah jaringan Ad Hoc yang bekerja dari suatu kendaraan dan berfungsi sebagai alat komunikasi antar kendaraan atau antara kendaraan yang ada di pinggir jalan.
4. Internet Based Mobile Ad Hoc Network (iMANET). Adalah jaringan Ad Hoc yang menjembatani node bergerak dengan node internet gateway. Penerapannya dapat dilihat pada jaringan infrastruktur suatu wilayah atau perkotaan.
5. Self Powered Ad Hoc Network (SPAN). Adalah jaringan Ad Hoc yang biaya operasionalnya relatif kecil. Jaringan SPAN memanfaatkan kemajuan teknologi di bidang manajemen daya energi permanen. Selain itu, terdapat microsensor dan teknologi pemrosesan yang dioptimalkan untuk pemakai yang membutuhkan penyebaran informasi secara cepat. Penerapan SPAN biasanya dipakai pada latihan perang.
6. Jaringan Militer (Tactical MANETs). Jaringan ini juga dipakai untuk keperluan militer untuk mengetahui lokasi tiap-tiap tentara. Jaringan MANETs fokus pada keamanan, jangkauan dan integrasi jaringan dengan sistem yang sudah ada pada bidang militer.
7. Smart Phone Ad Hoc Network (SPANs). Adalah jaringan Ad Hoc yang menggunakan bluetooth dan wifi dalam membangun jaringan peer to peer. Jaringan ini tidak bergantung pada operator seluler, titik akses nirkabel dan infrastruktur jaringan tradisional.

E. Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Ad Hoc
1. Kelebihan Jaringan Ad Hoc
a. Praktis dalam segi jaringan
b. Tidak membutuhkan biaya yang besar karena hanya memanfaatkan perangkat wireless pada laptop
c. Mudah dalam konfigurasi
d. Tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisinya
e. Mudah digunakan untuk bertukar data

2. Kelemahan Jaringan Ad Hoc
a. Jumlah jaringan yang bisa terhubung sangat terbatas
b. Transfer data sangat lambat
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Jaringan Ad Hoc, Fungsi, Karakteristik, Jenis, Kelebihan, dan Kelemahannya"