Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ENFJ: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ENFJ
Kepribadian ENFJ
Pengertian Kepribadian ENFJ
Kepribadian ENFJ adalah akronim dari kepribadian Extraverted, Intuitive, Feeling, and Judging (ENFJ). Tipe kepribadian ENFJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Kepribadian ENFJ dikenal juga dengan sebutan kepribadian Protagonis. ENFJ disebut sebagai tipe yang hangat, ramah, setia, sensitif, suka berterus terang, serta senang membantu orang lain. Orang dengan kepribadian ENFJ juga cenderung memiliki ide dan nilai-nilai yang kuat sehingga disebut terlahir sebagai seorang pemimpin.

Hal ini juga diperkuat dengan energi dan kreativitas tinggi yang bisa membantu pemilik kepribadian ini dalam mencapai tujuan. Diperkirakan orang-orang dengan kepribadian ENFJ hanya sekitar 2—5% saja. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ENFJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Extraversion, individu dengan kecenderungan extrovert sangat menyukai berada bersama orang banyak dan menghabiskan waktu bersama untuk mengisi energi mereka dan cenderung tidak suka menyendiri.
2. Intuition, menekankan pada penggunaan intuisi dengan melihat segala sesuatu dari gambaran umum atau secara keseluruhan dan cenderung tidak memiliki atensi pada hal-hal detail.
3. Feeling, menunjukkan individu yang memiliki kecenderungan untuk menggunakan perasaan subjektif untuk membuat keputusan dan kurang memperhatikan hal yang logis atau objektif.
4. Judging, yakni individu yang terstruktur, terorganisir, serta menghindari segala hal yang terlalu fleksibel atau tanpa perencanaan.

Kepribadian ENFJ Menurut Para Ahli
1. Utami dan Bahtiar (2020), ENFJ adalah kelompok kepribadian dalam MBTI yang terdiri atas extraversion, intuition, feeling, serta judging dan disebut sebagai kepribadian pada individu yang cenderung extrovert atau terbuka dengan kemampuan perasa dan berpikir yang intuitif.
2. Dari situs Very Well Mind, individu yang memiliki kepribadian ENFJ biasa disebut dengan “the giver” atau “protagonist”. Hal tersebut disebabkan oleh kebaikan mereka pada orang lain yang sangat besar sehingga mudah diterima oleh orang banyak dan dapat mempengaruhi orang lain juga.

Karakteristik Utama Kepribadian ENFJ
Kepribadian ENFJ memiliki beberapa karakteristik utama di antaranya,
1. Suka bersosialisasi
Individu ENFJ merupakan seorang extrovert sejati. Ini artinya, ia sangat suka bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain. Berada di lingkungan sosial bahkan bisa membantunya merasa lebih berenergi.

Pribadi ENFJ juga bisa dengan mudah masuk ke dalam lingkungan pergaulan mana pun, karena ia adalah orang yang hangat, penyayang, ramah, dan suportif. Oleh sebab itulah, individu ENFJ biasanya memiliki lingkup pertemanan yang sangat luas.

2. Memiliki empati tinggi
Memiliki empati tinggi adalah salah satu kekuatan terbesar pribadi ENFJ. Ia sangat pandai memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Pribadi ENFJ biasanya juga sangat suka membantu orang lain.

Ia bahkan mendapatkan kepuasan batin jika berhasil mendorong dan membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Namun, akibat terlalu senang membantu orang lain, pribadi ENFJ kerap mengorbankan diri sendiri dan terkesan overprotective dan sering disalahartikan sebagai seseorang dengan savior complex.

3. Berjiwa pemimpin
Individu ENFJ umumnya memiliki keterampilan berkomunikasi yang bagus, baik secara lisan maupun tulisan. Biasanya, pribadi ENFJ juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi, meyakinkan, dan membawa semangat bagi orang-orang di sekitarnya. Berkat kemampuannya ini, seseorang dengan kepribadian ENFJ bisa menjadi pemimpin yang luar biasa.

4. Sensitif
Mengingat ambisinya yang sangat tinggi dalam membantu orang lain, pribadi ENFJ mudah merasa kesal, tersinggung, atau tidak dihargai apabila bantuan yang ia berikan tidak dimanfaatkan dan diapresiasi sesuai dengan keinginannya.

Hal ini bisa membuat pribadi ENFJ memaksakan kehendaknya kepada orang lain, sehingga dapat memicu perselisihan atau pertengkaran.

Tipe Kepribadian ENFJ
Orang dengan kepribadian ini dikenal memiliki tujuan yang besar dalam hidup, bijaksana, serta idealis. Karena itu, pemilik kepribadian ENFJ selalu berusaha untuk memberikan dampak positif pada orang lain di sekitarnya. Tipe kepribadian ini dibedakan menjadi dua di antaranya,
1. ENFJ-A
Tipe yang pertama adalah ENFJ A, huruf A merupakan singkatan dari assertive. Orang dengan kepribadian ini digambarkan memiliki pembawaan yang lebih tenang serta tidak mudah merasa khawatir secara berlebihan. Kepribadian ENFJ tipe A cenderung lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, hal ini bisa menjadi kelemahan di mana pemilik kepribadian ini seringkali menjadi terlalu percaya diri. Kelemahan lainnya adalah ENFJ-A seringkali tidak memiliki empati, karena terbiasa memilih dan mengambil keputusan sendiri, berkat rasa percaya dirinya yang tinggi. Namun, hal ini yang membuat pemilik kepribadian ini menjadi pemimpin yang bisa diandalkan.

2. ENFJ-T
Sementara huruf T pada ENFJ-T berarti turbulent. Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya lebih perfeksionis, memiliki keinginan yang kuat untuk sukses, tetapi cenderung memiliki rasa percaya diri yang tidak terlalu tinggi. Namun, hal tersebut membuatnya menjadi pemimpin yang rendah hati. ENFJ-T juga memiliki rasa empati yang cukup tinggi.

Dalam mengambil keputusan, orang dengan kepribadian ini juga cenderung membutuhkan nasihat serta masukan dari orang lain. Hal itu bisa menjadi kelemahan pemilik kepribadian ini. Pemilik kepribadian ENFJ-T cenderung memikirkan kritikan orang lain dan terkadang menyesali keputusan yang pernah dibuatnya.

Profesi yang Cocok Kepribadian ENFJ
Berdasarkan berbagai karakteristik serta kelebihan dan kekurangan, ENFJ memiliki beberapa contoh profesi yang cenderung cocok dengan kepribadian mereka di antaranya psikolog, konselor, konsultan, pekerja sosial, HRD, motivator, guru, dosen, pengajar, penulis, marketing, sales, manajer, koordinator acara, entertainer.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ENFJ
Populasi orang yang berkepribadian ENFJ jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun, banyak tokoh sukses yang memiliki kepribadian ini di antaranya Martin Luther King, Jr., Abraham Maslow, Dr. Phil McGraw, Margaret Mead, Pope John Paul II, John Cusack, Ralph Nader, Abraham Lincoln, Dennis Hopper, Ben Affleck, Sean Connery, Diane Sawyer, Peyton Manning, Ronald Reagan, Malala Yousafzai, Maya Angelou, Barack Obama, Jennifer Lawrence, Oprah Winfrey, Johnny Depp.

Kelebihan Kepribadian ENFJ
Dikenal sebagai kepribadian yang ramah dan berempati, berikut kelebihan orang dengan kepribadian ENFJ di antaranya,
1. Punya empati yang tinggi
Kelebihan karakter ENFJ adalah rasa empati yang tinggi. Mereka bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Mereka juga peduli kepada orang lain dan sangat suportif.

Mereka adalah orang-orang dengan kepribadian terbuka. Mereka menyadari pentingnya membiarkan orang lain mengekspresikan diri mereka. Ketika karakter ENFJ tidak setuju dengan orang lain, mereka menyadari betul hak orang lain untuk berpendapat.

2. Orang yang hangat dan penyayang
Karakter ENFJ dikenal sebagai karakter yang hangat dan penyayang. Mereka adalah orang-orang yang ramah dan mudah bergaul. Mereka tak segan membantu orang lain dan merasa puas jika bisa berguna untuk orang lain.

3. Selalu penuh semangat
Orang ENFJ adalah orang yang selalu bersemangat. Mereka bukan orang yang gampang bosan. Mereka sangat berminat pada sesuatu hal dan senang mengejar hobi mereka. Mereka jarang kehilangan sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

4. Berjiwa pemimpin
Kepribadian ENFJ memiliki karisma dalam diri mereka. Mereka adalah orang yang punya tekad kuat dan menginspirasi. Mereka juga bertanggung jawab dan menepati janji meskipun sulit dilakukan.

Sering kali, mereka mengambil peran sebagai pemimpin. Ini karena karakter mereka yang suka melayani orang lain, pandai bergaul, dan persuasif.

Kekurangan Kepribadian ENFJ
Kepribadian ini pun menyimpan banyak kekurangan. Berikut kekurangan kepribadian ENFJ di antaranya,
1. Sering mengabaikan kebutuhan diri sendiri
Berempati kepada orang lain itu baik. Namun, karakter ENFJ sering berlebihan dalam melakukannya. Akibatnya mereka justru mengabaikan kebutuhan mereka sendiri.

Mereka pun cenderung menganggap masalah orang lain sebagai masalah mereka sendiri. Ini bisa membuat mereka kelelahan secara fisik dan emosional. Mereka juga kerap mengabaikan logika demi menjaga hubungan baik dengan orang lain.

2. Terlalu keras pada diri sendiri
Karakter ENFJ seringkali menekan, mengkritik, dan menyalahkan diri sendiri. Mereka juga cenderung kurang mengapresiasi diri sendiri. Mereka merasa harus menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi atau memperbaiki setiap kesalahan.

Betapapun mereka berusaha, tidak realistis bagi karakter ENFJ untuk menyelesaikan semua masalah yang ada. Penting bagi mereka untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri agar kebutuhan mereka terpenuhi.

3. Terlalu idealis
Seseorang dengan MBTI ENFJ cenderung idealis dan kaku. Mereka memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang benar dan salah. Namun, mereka menganggap orang lain juga memiliki gagasan yang sama.

Ketika orang lain melanggar gagasan ini, hal itu bisa menjadi sesuatu yang mengejutkan untuk kepribadian ENFJ.

3. Cenderung menggurui
Karakter ENFJ senang mengajar orang lain, terutama tentang suatu keyakinan yang penting buat mereka. Mereka orang-orang yang persuasif. Namun ketika memberi pencerahan kepada orang lain, kadang-kadang mereka terlihat seperti menggurui.

Selain itu, mereka mungkin agak memaksakan kehendak kepada orang lain. Hal ini dikarenakan mereka ingin orang lain melakukan peningkatan diri. Namun, tak semua orang punya tekad yang sama seperti ENFJ untuk melakukan perubahan pada diri sendiri.

Fakta Terkait Kepribadian ENFJ
Sebuah situs bernama Truity menyebutkan berbagai fakta menarik tentang kepribadian ENFJ di antaranya,
1. ENFJ merupakan tipe kepribadian paling sedikit ke-4 setelah INTJ dan sebelum ENTP dengan total populasi hanya sekitar 2,5 persen di seluruh dunia.
2. Dibanding dengan tipe kepribadian lainnya, ENFJ adalah tipe yang paling sering menggunakan olahraga sebagai bentuk coping stress.
3. Menjadi tipe kepribadian yang paling tinggi tingkat kepercayaannya pada kekuatan spiritual dibanding tipe-tipe yang lain.
4. Berdasarkan peringkat dari psikolog, ENFJ menjadi tipe yang paling jarang menyebabkan masalah di sekolah.
5. Memiliki tingkat kepuasan terhadap pekerjaan tertinggi dibanding tipe lain, tetapi juga menjadi tipe yang paling sering melaporkan keinginannya untuk meninggalkan pekerjaan mereka.
6. Menanamkan nilai pribadi berupa persahabatan, edukasi, kreativitas, serta pelayanan publik dalam hidupnya.
7. Pada umumnya memiliki karier di bidang keagamaan, pendidikan, serta kesenian.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ENFJ: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"