Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

File ISO: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Pengertian File ISO
File ISO
Pengertian File ISO
File ISO adalah salah satu ekstensi file yang memuat kumpulan data yang dimaksudkan sebagai image atau gambaran dari CD/DVD. File ISO ini nantinya dapat disimpan sebagai file digital pengganti peran CD / DVD. Untuk membuka file ISO dibutuhkan sebuah software khusus yang terinstal pada komputer.

File dengan format ISO sebenarnya digunakan untuk melakukan backup data dari kepingan CD atau DVD ke dalam format digital yang lebih aman dan terhindar dari kerusakan media fisik tersebut.

Manfaat File ISO
1. Backup data menjadi lebih mudah
Anda dapat membuat file ISO untuk mempermudah dalam membackup data, dengan memiliki data dalam bentuk file ISO, Anda dapat menyalin atau membakarnya ke dalam CD atau DVD dengan lebih cepat. Untuk itu, kegunaan file ISO ini banyak digunakan untuk backup data.

2. Sebagai pengganti CD / DVD
ISO File disebut juga dengan CD / DVD Image, yaitu sebuah file yang berfungsi untuk menggantikan data CD / DVD. Apabila Anda ingin membuka file ISO, Anda tidak perlu menggunakan perangkat keras CD / DVD Room akan tetapi cukup menggunakan virtual drive pada mesin komputer Anda.

3. Mengurangi Risiko Kerusakan
Karena CD / DVD disimpan dalam bentuk file, maka risiko kerusakan pada data dapat diminimalisir. Jika awalnya Anda menyimpan data dalam bentuk kepingan CD / DVD, kemungkinan besar kepingan CD / DVD akan tergores atau terdapat bercak, sehingga tidak dapat terbaca oleh CD / DVD Room.

Akan tetapi apabila Anda menyimpan data CD / DVD tersebut dalam bentuk file ISO, maka risiko tersebut dapat diminimalisir.

4. Menjaga Keamanan Data
Salah satu fungsi ISO file adalah untuk menjaga keamanan data, baik dari orang yang ingin mencuri data penting atau dari serangan virus. Dengan menyimpan data dalam format ISO, Anda dapat mengamankan data dengan memberi password sesuai dengan keinginan Anda tentunya.

Cara Menggunakan File ISO
Berikut tiga cara menggunakan file ISO untuk menginstal aplikasi ke komputer Windows di antaranya,
1. Membakar (burning) file ISO ke disk.
Ini adalah salah satu cara yang bermanfaat ketika Anda ingin membuat disk yang akan digunakan untuk menginstal sistem operasi atau aplikasi. Cara burning file ISO terutama berguna ketika ingin menginstal sistem operasi, membuat utility disk, menggunakan disk sebagai booting sistem atau membuat backup (cadangan) sebuah disk.

Ada cukup banyak software gratis untuk burning file ISO ke disk misalnya Free Audio CD Burner, BurnAware Free, DeepBurner Free, InfraRecorder dan lain sebagainya. Bila Anda pengguna Windows 7, 8, 8.1 atau 10, Windows juga memiliki fitur built-in untuk burning file ISO ke disk sehingga tidak diperlukan lagi burning software pihak ketiga (third-party software).

2. Mount file ISO.
Mount file ISO adalah cara paling mudah ketika ingin menginstal program atau aplikasi ke komputer. Anda cukup klik kanan file ISO dan kemudian pilih Mount dari menu pintas yang muncul.

Anda dapat menggunakan software Daemon Tool, PowerISO dan UltraISO untuk mount file ISO, namun Windows 8, 8.1 dan 10 juga memiliki fitur built-in untuk mount file ISO sehingga tidak diperlukan lagi software dari pihak ketiga lagi.

Dalam proses mounting file ISO, akan muncul ODD (Optical Disk Drive) baru. Ini adalah ODD virtual. Untuk menginstal program atau aplikasi, jalankan file executable (setup.exe) yang ada di ODD virtual.

3. Ekstrak file ISO.
Salah satu cara yang juga cukup mudah untuk menginstal program atau aplikasi melalui media file ISO adalah dengan cara mengekstrak (extract) file ISO. Anda dapat menggunakan software seperti 7-zip, WinZip atau WinRar untuk mengekstrak file ISO. Dengan mengekstrak file ISO, Anda dapat melihat isi atau konten dari file ISO tersebut.

Di sini, 7-zip adalah salah satu software favorit karena bersifat gratis, open source dan cukup powerfull. Ketika Anda menginstal 7-zip dan mengkaitkan langsung dengan file ISO, Anda cukup mengklik ganda (double-clik) file ISO untuk membuka isi atau konten file ISO di 7-zip atau Anda dapat mengekstraknya ke folder lain untuk melihat keseluruhan konten dari file ISO.

Untuk menginstal program atau aplikasi, jalankan file executable (setup.exe) yang ada di hasil ekstraksi.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "File ISO: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya"