Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Driver Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Software Untuk Instalasi Driver Komputer

Pengertian Driver Komputer atau device driver
Driver Komputer (Device Driver)
Pengertian Driver Komputer
Driver Komputer (device driver) adalah software yang memiliki tugas mengontrol hardware yang terpasang di komputer agar bisa terkoneksi dengan OS, aplikasi lain atau perangkat yang lain. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak berjalan tanpa driver yang cocok terpasang di dalam sistem operasi.

Driver memiliki fungsi yang berbeda dengan software pada umumnya. Driver merupakan komponen penunjang yang bersifat khusus karena driverlah yang membuat interaksi antara hardware dengan hardware bisa terjalin.

Misalnya Wi-Fi, LAN, Keyboard, Printer, Mouse, BIOS atau VGA dan lainya dengan komputer. Kalau tidak ada driver, maka hardware-hardware tersebut tidak bisa digunakan karena tidak bisa terkoneksi dengan komputer. Driver dibutuhkan komputer sebagai panduan agar bisa bekerja secara optimal.

Fungsi Driver Komputer
Fungsi driver adalah menjadi buku panduannya komputer agar bisa mengenali dan menjalankan hardware yang terpasang.

Jadi bila kita instal driver LAN, maka sama artinya kita memasukkan buku panduan penggunaan LAN ke komputer. Sehingga komputer bisa menjalankan LAN yang terpasang. Halnya jika bila Anda instal Driver VGA, itu sama artinya Anda memasukkan buku panduan penggunaan VGA ke komputer.

Dari situ bisa kita kelompokkan, bahwa fungsi driver terdiri dari dua hal di antaranya,
1. Pertama adalah untuk menghubungkan Hardware dengan komputer
2. Kedua adalah untuk mengenalkan hardware yang terpasang di komputer agar komputer bisa menjalankan hardware yang baru terpasang.

Itulah mengapa, ketika kita baru saja memasang hardware tertentu, tetapi tidak bisa kita jalankan itu bisa disebabkan karena drivernya belum kita instal. Bahkan drivernya belum kita update juga bisa menyebabkan hardware tidak bisa dijalankan.

Kegiatan install ulang OS juga harus disertai dengan install driver. Jika tidak maka bisa saja ada hardware di dalam komputer yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi fungsi driver sangatlah penting untuk bisa mengoperasikan komputer.

Jenis Driver Komputer
Jenis atau tipe driver komputer sangat tergantung dengan kebutuhan. Bila Anda akan pasang LAN, maka jenis driver yang dibutuhkan adalah driver LAN. Begitu juga bila akan pada pasang keyboard. Namun secara umum, ada beberapa jenis driver wajib diinstal di komputer di antaranya,
1. Driver Audio. Driver yang terkait dengan audio atau suara
2. Driver Bios. Driver yang terkait dengan motherboard
3. Driver Chipset. Driver yang mengacu dalam komponen chip pada motherboard
4. Driver Grafis. Driver visual pengolah gambar
5. Driver Keyboard. Driver yang terkait dengan keyboard
6. Driver Mouse. Driver yang terkait dengan mouse
7. Driver Penyimpanan. Driver untuk perangkat penyimpanan data
8. Driver Webcam. Driver yang terkait dengan kamera
9. Driver Jaringan. Driver yang terkait dengan jaringan

Software Untuk Instalasi Driver Komputer
Untuk melakukan instalasi driver pada komputer Anda dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengunduh satu – persatu melalui website sesuai dengan spesifikasi dan sistem operasi yang dijalankan serta secara otomatis.

Proses instalasi driver secara otomatis biasanya menggunakan software khusus untuk mengakses berbagai macam driver sesuai spesifikasi yang Anda inginkan. Banyak pengguna yang menyukai proses otomatis ini karena dinilai lebih simpel dan efisien.

Berikut beberapa software khusus untuk instalasi driver secara otomatis di antaranya,
1. DriverPack Solution
Yang pertama adalah suatu software bernama Driver Pack Solution. Sesuai namanya software buatan Artur Kuzyakov beserta timnya ini menjadi solusi terbaik untuk Anda yang menginginkan adanya software driver pack terbaik.

Setelah terpasang software ini akan langsung menganalisa komputer Anda dan langsung memberi opsi driver terbaik sesuai kebutuhan. Dengan adanya database driver yang unik serta kemampuan Machine Learning yang mampu menginstall driver secara otomatis, tentunya menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

2. Driver Booster
Software berikutnya selain mampu mengupdate driver juga dapat lebih meningkatkan performa hardware pada komputer Anda. Nama software ini adalah Driver Booster dan menjadi solusi terbaik bagi Anda khususnya pecinta game karena performa spesialnya.

Dengan Driver Booster ini Anda dapat melakukan Tweaking untuk keperluan game Anda, selain itu kemampuan updater-nya juga cukup aman karena secara otomatis menginstall driver terbaru dan uninstall driver lama.

3. DriverMax
Software driver pack yang satu ini memang tergolong sederhana namun mampu memberikan performa maksimal dengan selalu mengupgrade driver-driver yang ada pada komputer Anda. Dengan menggunakan DriverMax Anda tidak perlu repot-repot mencari driver satu persatu karena hal itu sudah menjadi bagian tugasnya untuk kemudian diinstall.

4. Driver Easy
Sesuai dengan namanya, Driver Easy ini mampu memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengelola serta mengupdate driver-driver yang ada di komputer. Dengan kemampuan Scan and Update layaknya antivirus namun pada Driver Easy ini Scan dilakukan untuk menampilkan driver-driver yang perlu update.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Driver Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Software Untuk Instalasi Driver Komputer"