Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Virtual Machine: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Keuntungan, dan Softwarenya

Pengertian Virtual Machine atau VM
Virtual Machine (VM)
Pengertian Virtual Machine
Virtual Machine (VM) adalah komputer berbasis perangkat lunak yang ada di dalam sistem operasi komputer lain, sering digunakan untuk tujuan pengujian, mencadangkan data, atau menjalankan aplikasi SaaS. Virtual Machine merupakan versi digital dari komputer fisik. Fungsi utama virtual machine yakni guna melakukan tugas-tugas yang tidak bisa dilakukan pada sistem operasi asli perangkat.

Fungsi Virtual Machine
Virtual machine mempunyai banyak fungsi selain menjalankan sistem operasi yang berbeda pada satu perangkat di antaranya,
1. Menguji Sistem Operasi
Apabila Anda mau memasang sistem operasi pada komputer, alangkah baiknya mencoba file OS itu lewat VM ini. Tujuannya untuk pengecekan apakah OS tersebut kompatibel atau tidak serta mendapati masalah atau tidak pada saat menginstalnya. Dengan demikian, Anda dapat terhindar hal-hal yang tidak diinginkan selama proses memasang sistem operasi berlangsung.

2. Memperbarui Sistem Operasi
Proses update sistem operasi memang tidak mudah. Banyak masalah yang bisa terjadi saat melakukan pembaruan. Mulai dari blue screen, gagal booting, sampai kerusakan permanen. Mesin virtual memungkinkan Anda untuk melakukan temporary dan pengujian update pada sistem. Dengan begitu, Anda  bisa tahu apa yang akan terjadi saat pembaruan terjadi.

Cara Kerja Virtual Machine
Saat Anda membuka mesin virtual ini, VM akan berjalan sebagai proses di jendela aplikasi di OS perangkat fisik. File kunci yang membentuk mesin virtual termasuk file log, file pengaturan NVRAM, file disk virtual, dan file konfigurasi.

Proses berjalannya virtual machine dikelola oleh perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor. Software ini bertanggung jawab untuk mengelola dan menyediakan resources seperti memori, penyimpanan, dan sumber daya lainnya dari perangkat utama ke virtual machine.

Hypersource juga berfungsi untuk mengatur operasi di VM sehingga tidak membanjiri satu sama lain saat menggunakan sumber daya.

Jenis Virtual Machine
Virtual machine merupakan teknologi virtual yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi berbeda pada perangkat yang sama.
1. Process Virtual Machine
Jenis virtual machine yang pertama bernama process virtual machine di mana satu sistem operasi dijalankan sebagai aplikasi utama pada perangkat yang menjadi host atau tuan rumah. Process virtual machine menyediakan lingkungan pemrograman yang terisolasi dari software dan sistem operasi apapun.

Contoh dari jenis ini adalah JVM (java virtual machine) yang memungkinkan sistem operasi apapun untuk menjalankan aplikasi java seperti “native application” atau aplikasi asli.

2. System virtual machine
Jenis selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah sistem virtual machine. Jenis virtual machine yang ini sudah di virtualisasi secara penuh dan bisa digunakan selayaknya komputer fisik. Virtual machine jenis ini bergantung pada kinerja Hypervisor seperti VMware ESXi untuk bisa beroperasi pada atau di atas sebuah operating sistem dan juga server.

Keuntungan Virtual Machine  
kemampuan menggunakan aplikasi dan sistem operasi tanpa memerlukan perangkat keras memberi pengguna beberapa keunggulan dibandingkan komputer tradisional di antaranya,
1. Kompatibilitas
Mesin virtual meng-host sistem operasi dan aplikasi tamu mereka sendiri, menggunakan semua komponen yang ditemukan di komputer fisik (motherboard, kartu VGA, pengontrol kartu jaringan, dll). Hal ini memungkinkan VM sepenuhnya kompatibel dengan semua sistem operasi standar x86, aplikasi, dan driver perangkat.

Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan semua perangkat lunak yang sama yang biasanya Anda gunakan pada komputer x86 standar.

2. Isolasi
VM berbagi sumber daya fisik komputer, namun tetap terisolasi satu sama lain. Pemisahan ini adalah alasan utama mengapa mesin virtual menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk menjalankan aplikasi jika dibandingkan dengan sistem non-virtual. Jika, misalnya, Anda menjalankan empat VM di server dan salah satunya mogok, tiga VM lainnya tidak akan terpengaruh dan akan tetap beroperasi.

3. Enkapsulasi
Mesin virtual bertindak sebagai paket perangkat lunak tunggal yang merangkum satu set lengkap sumber daya perangkat keras, sistem operasi, dan semua aplikasinya. Hal ini membuat VM sangat portabel dan mudah dikelola.

Anda dapat memindahkan dan menyalin VM dari satu lokasi ke lokasi lain seperti file perangkat lunak lainnya, atau menyimpannya di media penyimpanan apa pun — dari jaringan area penyimpanan (SAN) ke flash drive USB umum.

4. Independensi perangkat keras
Mesin virtual dapat dikonfigurasi dengan komponen virtual yang sepenuhnya independen dari komponen fisik perangkat keras yang mendasarinya. VM yang berada di server yang sama bahkan dapat menjalankan berbagai jenis sistem operasi.

Independensi perangkat keras memungkinkan Anda untuk memindahkan mesin virtual dari satu komputer x86 ke komputer lain tanpa perlu membuat perubahan apa pun pada driver perangkat, sistem operasi, atau aplikasi.

Software Virtual Machine
Banyak software virtual machine yang bisa Anda coba di antaranya,
1. Hyper-V
Hyper-V adalah salah satu software virtualisasi yang biasa digunakan pada operasi sistem Windows. Bahkan windows 8, 8.1, dan Windows 10 sudah memiliki fitur ini secara default. Namun tentunya fitur-fitur yang Anda dapatkan dari versi gratis ini sangat terbatas. Software satu ini sangat cocok untuk pemula yang tidak membutuhkan banyak fitur dan fungsionalitas.

Sistem operasi guest atau tamu yang di support Hyper-V adalah Windows server, Windows XP SP, dan beberapa versi Linux OS.

2. Virtual Box
VirtualBox adalah software virtualisasi open-source yang mendukung semua sistem operasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Software ini bisa digunakan pada sistem operasi Mac, Windows, dan juga Linux. Untuk pengguna perangkat Apple, VirtualBox bisa menjadi host Mac client VM.

Karena bersifat open-source, Anda bisa mendapatkan software ini dengan sangat mudah. Anda hanya perlu membuka websitenya dan mendownload secara langsung.

3. Qemu
Qemu adalah software virtualisasi yang bisa menjalankan virtual machine pada sistem operasi Linux dan Windows. Berasal dari singkatan Quick Emulator, Qemu bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu membuka website dan mendownload file untuk memulai.

Perbedaan Qemu dari virtual machine lainnya adalah Qemu bisa digunakan sebagai virtual machine host dan juga emulator machine. Virtual machine yang di install pada Qemu juga hampir menyerupai instalasi native dar operasi sistem itu sendiri.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Virtual Machine: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Keuntungan, dan Softwarenya"