Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Era Digital: Pengertian, Perkembangan, Ancaman, Perilaku Konsumen, dan Mendidik Anak di Era Digital

Pengertian Era Digital
Era Digital
Pengertian Era Digital
Era digital adalah masa ketika informasi dapat dengan mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Sementara, teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet.

Era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar bisa lebih modern dan juga lebih praktis. Perkembangan era digital terus berjalan tanpa bisa dihentikan, karena masyarakat menuntut segala sesuatu menjadi lebih praktis dan efisien.

Perkembangan Era Digital
Seiring dengan semakin banyaknya teknologi baru yang dikenalkan kepada masyarakat, maka beberapa teknologi masa lalu otomatis akan ditinggalkan. Sehingga ada sebuah perkembangan teknologi di era digital yang terus berjalan di antaranya,
1. Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi mengalami perkembangan paling pesat ketika bicara soal digitalisasi. Pada masa lalu, untuk bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat harus menggunakan handphone dengan mengandalkan komunikasi antar kartu SIM.

Kemudian perkembangan komunikasi di era digital mulai terjadi dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur sangat canggih. Salah satu bagian yang paling utama adalah fungsi internet yang menjadi jauh lebih maksimal dan dimanfaatkan untuk komunikasi agar terhubung dengan orang lain.

Bahkan Anda juga sudah bisa berkomunikasi daring lewat video call yang pada zaman handphone biasa belum bisa dilakukan sama sekali.

2. Aplikasi Untuk Berbisnis
Perkembangan lain yang mulai masif adalah penggunaan aplikasi untuk berbisnis. Teknologi digital membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk menjangkau konsumen. Berbeda dengan masa lalu yang sangat sulit sekali mengenalkan produk mereka ke konsumen.

Dampaknya bagi pengusaha yang tidak siap dengan era digital, maka otomatis akan mulai ketinggalan zaman. Mau tidak mau semua harus beralih ke teknologi digital.

3. Finansial Teknologi
Perkembangan sektor keuangan juga terlihat dalam beberapa tahun terakhir, ketika semakin banyaknya penyedia dompet digital. Perkembangan yang satu ini masih memiliki keterkaitan dengan bisnis yang berbasis aplikasi.

Sebab fintech juga sangat mengandalkan aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada para penggunanya. Anda bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah.

4. E-Commerce
Perkembangan lain yang sangat mendongkrak perekonomian adalah kehadiran E-Commerce. Ini merupakan sebuah layanan penyedia produk dan barang dengan cara online lewat sebuah aplikasi atau website secara digital.

Anda tidak perlu lagi pergi ke Mall untuk membeli barang, karena sekarang bisa membeli langsung lewat smartphone. Sebenarnya ini juga membantu para penjual untuk meningkatkan pembelian mereka.

Ancaman Era Digital
1. Kelumpuhan Melalui Analisis
Saat ini, akses dalam mendapatkan informasi yang sederhana dan alat yang lebih perlu dikembangkan lebih lanjut untuk proses analisis, di dalamnya banyak sekali teka-teki yang harus diselesaikan oleh para pebisnis.

Banyak sekali bisnis yang jatuh ke dalam perangkap untuk terus-menerus mencari validasi tambahan dan detail sebelum membuat keputusan hanya karena khawatir kurangnya uji secara tuntas.

2. Malas Secara Intelektual Karena mudahnya dalam Mengakses Data
Terlalu banyak data akan menjadi hal yang buruk untuk pengguna. Dengan mengakses big data dan algoritma AI, perusahaan di era digital saat ini akan membuat data yang mendukung hampir seluruh kesimpulan yang mereka perlukan.

3. Konsumen yang Impulsif dan Ceroboh
Setiap hari, jumlah perhatian yang diberikan oleh konsumen akan cenderung lebih kecil dan berkurang. Dengan menggunakan tablet, smartphone, TV, dan lebih banyak lagi akses yang memakan banyak waktu ke mata yang berharga, maka setiap bisnis harus melakukan lebih dari yang sebelumnya agar bisa lebih menonjol dan bisa tetap relevan.

4. Sedikit Belajar Adalah Hal yang Berbahaya
Hanya dengan memiliki akses ke informasi tidak akan selalu membantu ataupun relevan. Contoh sederhana adalah dokter, mereka harus sering menangani pasien yang didiagnosis sendiri hanya berdasarkan gejalanya secara online.

Tanpa adanya pelatihan yang cukup, maka informasi yang akan diperoleh oleh orang awam akan sangat terbatas.

Perilaku Konsumen Di Era Digital
1. Tuntutan Produk Berkualitas
Era digital membuat konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi dari suatu produk. Secara otomatis mereka juga menginginkan produk yang berkualitas dengan cara membandingkannya lewat internet.

Oleh karena itu Anda harus mampu memberi produk yang berkualitas kepada konsumen.

2. Pemesanan dan Pembayaran yang Mudah
Era digital membuat para konsumen menginginkan cara pemesanan dan pembayaran yang mudah. Sebab mereka juga ingin cara yang efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pembelian suatu produk.

3. Tidak Ingin Ketinggalan Tren
Perilaku selanjutnya konsumen akan terus mengikuti tren yang sedang berlaku. Perilaku ini akan memudahkan Anda untuk mencari apa yang diinginkan konsumen.

Era digital adalah kondisi zaman yang sudah tidak bisa lagi dihentikan. Karena masyarakat sendiri juga menuntut sesuatu yang lebih canggih. Meskipun ada beberapa dampak dibaliknya.

Mendidik Anak Di Era Digital
Dalam era digital ini ada banyak sekali sisi negatif yang bisa terjadi, dengannya kita juga akan dituntut keras untuk mendidik anak dengan baik.
1. Memberi Batasan
Agar bisa mendidik anak dengan baik di era digital, maka Anda harus memberikan batas maksimal mereka dalam menggunakan smartphone. Setiap orang tua umumnya mempunyai peraturan yang berbeda-beda, dan umumnya hanya selama 2 jam sehari saja.

Tapi bila memang itu untuk keperluan pendidikan, Anda bisa mengawasinya agar tidak disalahgunakan oleh mereka.

2. Mendampingi
Era digital saat ini akan membuat Anda untuk lebih mudah dalam mengakses berbagai hal, termasuk di dalamnya berbagai konten terlarang. Anak-anak juga mempunyai peluang yang sama dalam mengaksesnya bila Anda tidak turut mendampinginya.

Bahkan, kita disarankan untuk mendampingi anak saat sedang memainkan smartphone. Cara ini pun sangat berguna untuk lebih meningkatkan kedekatan Anda dengan anak-anak Anda.

3. Komunikasi Langsung
Saat menggunakan smartphone, didiklah anak-anak Anda untuk selalu terbuka pada Anda. Selain itu, Anda pun harus selalu memberikan kenyamanan pada anak Anda agar mereka bisa bicara dengan terbuka dan jujur tanpa adanya rasa takut. Sehingga, hal ini akan membuat pengawasan di era digital bisa berjalan lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan berbagai hal yang tidak baik dan melanggar moral pada anak agar nantinya anak Anda bisa lebih menjaga dirinya dengan baik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Era Digital: Pengertian, Perkembangan, Ancaman, Perilaku Konsumen, dan Mendidik Anak di Era Digital"