Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel UTP: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Kategori, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kabel UTP atau Unshield Twisted Pair
Kabel UTP (Unshield Twisted Pair)
Pengertian Kabel UTP
Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga. Kabel UTP dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel.

Unshield memiliki arti bahwa jenis kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung aluminium sehingga jenis kabel ini kurang tahan dengan interferensi elektromagnetik, berbeda dengan saudaranya STP (Shield Twisted Pair). Sementara Twisted Pair merujuk pada bentuk dari isi kabel tersebut yang saling berlilitan pada setiap pasang.

Kabel UTP dilengkapi dengan 8 buah kabel dengan warna unik di tiap kabel, lalu disusun berlilitan pada tiap pasang warna hingga menjadi 4 pasang. Lilitan kabel tersebut berfungsi untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11. Sementara setiap warna dalam kabel UTP memiliki tugas dan fungsi masing-masing di antaranya,
1. Orange, kabel warna orange memiliki fungsi untuk jalur paket data.
2. Putih Orange, kabel warna putih orange memiliki fungsi untuk jalur paket data.
3. Hijau, kabel warna hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data.
4. Putih Hijau, kabel warna putih hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data.
5. Biru, kabel warna biru memiliki fungsi untuk jalur suara.
6. Putih Biru, kabel warna putih biru memiliki fungsi untuk jalur paket suara.
7. Coklat, kabel warna coklat memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan DC.
8. Putih Coklat, kabel warna putih coklat memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan DC.

Fungsi kabel UTP
Kabel UTP digunakan untuk mengubungkan komputer dalam jaringan LAN atau menghubungkan host dengan jaringan lokal. Berikut beberapa fungsi kabel UTP di antaranya,
1. Menghubungkan komputer dengan komputer lain
Kabel UTP memiliki fungsi menghubungkan komputer dengan komputer lainya. Caranya adalah dengan menyusun kabel UTP dengan susunan cross-over. Kabel disusun pada sebuah konektor dengan susunan warna yang berbeda sesuai dengan standar warna yang berlaku.
a. Ujung kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan komputer pertama disusun mengikuti alur susunan: putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru. Dilanjutkan dengan butih-biru, jingga, putih-coklat, coklat.
b. Ujung kabel yang kedua, disusun dengan susunan: putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru. Selanjutnya dilanjutkan dengan warna putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat.

Jika diperhatikan detail, sebenarnya yang bertukar posisi hanyalah susunan kabel putih-hijau bertukar dengan putih-jingga. Lalu pada warna kabel hijau bertukar dengan jingga. Sementara untuk posisi kabel warna putih-biru, biru, coklat dan putih-coklat tetap sama.

2. Menghubungkan komputer dengan hub atau switch
Jika menghubungkan dua komputer, cukup hanya dengan menggunakan kabel UTP saja. Tetapi untuk menghubungkan tiga komputer atau lebih, tidak bisa hanya dengan menggunakan kabel UTP saja untuk menghubungkannya ke Lokal Network Adapter. Sebab sebagaimana kita tahu Lokal Network Adapter hanya memiliki satu port saja.

Oleh karena itu, kita butuh hub atau switch yang akan menghubungkan dua atau lebih host. Urutan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub berbeda dengan kabel UTP yang digunakan untuk menghubungkan dengan komputer. Komputer dengan hub menggunakan urutan straight-through atau urutan pada warna kabel pada konektor pertama dan yang kedua adalah sama.

3. Menghubungkan router dengan hub atau switch
Anda juga bisa menggunakan kabel UTP untuk menghubungkan router dengan hub. Nah untuk menghubungkan router dengan hub atau switch menggunakan kabel UTP dengan susunan straight-through (urutan warna antara kabel yang pertama dengan kabel yang kedua adalah sama).

4. Kabel UTP digunakan untuk membuat USB Extender
Praktek ini biasanya digunakan oleh mereka yang punya keahlian khusus untuk mensiasati harga kabel USB extender yang mahal. USB Extender adalah kabel yang digunakan untuk memperpanjang jarak anatara kabel USB connector dengan USB Port. Karena harga kabel USB Extender yang mahal, maka disiasati dengan diganti menggunakan kabel UTP.

5. Untuk membuat extender (pemanjang) kabel printer.
Selain digunakan untuk memperpanjang jarak antara kabel USB port dengan connector, kabel UTP juga bisa digunakan untuk memperpanjang jarak kabel printer untuk terhubung dengan komputer atau laptop. Cara membuatnya sama dengan cara pembuatan kabel USB Extender. Cukup hanya disesuaikan saja dengan dengan jack yang sesuai printer.

Karakteristik Kabel UTP
Berikut beberapa karakteristik dari kabel UTP di antaranya,
1. Terdapat isolator pelindung luar
2. Bandwidth maksimal kabel UTP sampai 100 Mbps
3. Maksimal panjang kabel bisa sampai 100 meter, jika lebih dari itu membutuhkan repeater jaringan.
4. Menggunakan soket RJ-45
5. Terdiri dari 4 kabel yang berpasangan
6. Kabel 1 dan 2 memiliki fungsi untuk mengirim informasi
7. Kabel 3 dan 6 memiliki fungsi sebagai penerima informasi
8. Kabel nomor 7 dan 8 yang memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan

Kategori Kabel UTP
1. CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
2. CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
3. CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
4. CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.
5. CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.
6. CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
7. CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Kelebihan Kabel UTP
1. Kabel UTP memiliki harga yang relatif murah, maka tak salah bila kabel ini banyak digunakan.
2. Kabel ini memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan Kabel STP. Ukurannya yang lebih kecil memudahkan proses instalasi suatu jaringan.
3. Kabel UTP lebih fleksibel dibanding dengan kabel STP, hal ini karena kabel UTP tidak memiliki pelindung alumunium foil.
4. Proses pemeliharaan jaringan dari kabel UTP cukup mudah dibanding dengan STP.

Kekurangan Kabel UTP
1. Mudah terkena gangguan interferensi elektromagnetic dari perangkat lain.
2. Karena masuk dalam kategori kabel “unshielded” maka kabel ini lebih mudah terkelupas.
3. Tidak cocok untuk skala besar.
4. Jarak jangkauan kabel UTP cukup terbatas, hanya berkisar 100 meter.
5. Transmisi data cenderung lambat, sehingga kalah dengan kabel fiber optik yang terkenal akan kecepatannya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Kabel UTP: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Kategori, Kelebihan, dan Kekurangannya"