Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ExpressJS: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Pengertian ExpressJS
Pengertian ExpressJS
ExpressJS adalah framework web app untuk Node.js yang ditulis dengan bahasa pemrograman JavaScript. Express.js merupakan framework back end yang bertanggung jawab untuk mengatur fungsionalitas website, seperti pengelolaan routing dan session, permintaan HTTP, penanganan error, serta pertukaran data di server.

Express.js menggunakan pendekatan Unopinionated dalam proses pengembangan. Dengannya, pengguna punya kebebasan dalam menentukan metode yang akan digunakan untuk mengeksekusi suatu perintah. Di samping itu, ukuran framework juga cenderung lebih kecil, sehingga performanya jauh lebih cepat.

Express.js banyak digunakan oleh perusahaan besar di antaranya adalah Foxsport, IBM, RisingStack, Uber, dan Yandex.

Manfaat ExpressJS
Berikut beberapa manfaat ExpressJS di antaranya,
1. Bahasa Pemrograman Didukung Sepenuhnya oleh JavaScript
JavaScript dikenal sebagai bahasa yang fleksibel dan dapat digunakan pada sisi client maupun server. Selain itu, library yang dimiliki oleh JavaScript juga sangat bervariatif, seperti Angular, Vue, React, Node, dan lain sebagainya.

2. Mendapat Support dari NodeJS
Manfaat yang berikutnya, Express JS juga mendapat dukungan dari NodeJS serta dapat mengembangkan back end. Kemudian, mendapat dukungan dari semua paket NPM (Node Package Manager) yang membuat proses pengembangan menjadi lebih mudah.

3. Proses Debugging Menjadi Lebih Cepat
Manfaat yang terakhir, framework ini memiliki mekanisme debugging yang tersedia secara cepat. Hal tersebut membuat proses pencarian error atau bug menjadi lebih singkat dan menghemat banyak waktu.

Cara Kerja ExpressJS
Cara kerja Express.js dapat dikategorikan menjadi empat. Hal tersebut menyesuaikan dengan fungsi-fungsi yang diterapkan di antaranya,
1. Routing
Routing adalah metode yang digunakan website (server) untuk merespons permintaan dari browser (client). Misalnya permintaan untuk menampilkan halaman tertentu.

Cara kerja routing di Express.js adalah dengan sebuah metode bernama app. Metode tersebut akan merespons setiap permintaan berbentuk HTTP. Misalnya GET, POST, PUT, dan DELETE.

2. Middleware
Middleware adalah fungsi yang digunakan untuk mengakses permintaan object (req), respons object (res), dan setiap siklus permintaan dan respon tersebut (next).

Pada Express.js, cara kerja Middleware adalah dengan mengeksekusi setiap skrip, membuat perubahan terhadap permintaan dan respons object, mengakhiri siklus permintaan-respons, lalu menyiapkan Middleware untuk siklus berikutnya.

3. Serving Static Files
Static Files adalah file yang dapat diunduh oleh client dari server, contohnya adalah gambar, file CSS dan file JavaScript. Static files umumnya disimpan di dalam folder public.

Untuk menyiapkan static files tersebut Express.js menggunakan fungsi yang disebut express.static. Cara kerjanya dengan menuliskan skrip pada file index.js untuk menampilkan file-file yang berada pada folder public.

4. Template Engine
Template engine adalah library yang memungkinkan pengembang memilih template yang berbeda. Cara kerjanya dengan mengatur bagaimana metode pemrosesan data sesuai dengan template yang dipilih.

Express.js mendukung berbagai template engine seperti Pug, EJS, Swig, dan Handlebars. Untuk menggunakan salah satu template engine, misalnya Pug, lakukan instalasi terlebih dahulu lewat npm :
npm install --save pug
Setelah itu, tuliskan skrip yang dapat memanggil template engine Pug tersebut, contohnya seperti ini :
app.set('view engine', 'pug');
app.set('views', './views');

Cara kerja Express.js yang berbeda-beda menjadikannya salah satu framework dengan kinerja tercepat dan untuk mengembangkan jenis website modern, seperti progressive web app (PWA) dan single page app (SPA).

Cara Menginstall Express JS
Langkah pertama adalah memastikan bahwa telah menginstall NodeJS pada perangkat komputer Anda. Selanjutnya, memastikan bahwa NPM dapat digunakan dengan semestinya.

Berikutnya, Anda dapat membuka terminal atau console untuk mengeksekusi perintah berikut ini dan pastikan Anda meletakkan pada folder yang sudah ditentukan sebelumnya.
1. $ npm install express -g
2. $ npm express demo
3. $ npm install
4. $ npm start

Setelah menuliskan perintah tersebut, Anda dapat mengakses halaman pada web browser dengan mengakses URL “http://localhost:3000/”.

Keunggulan ExpressJS
Berikut beberapa keunggulan Express.js yang membuatnya menonjol dibanding back end framework lain di antaranya,
1. Mendukung Google V8 Engine
Sebagai framework yang berjalan di atas Node.js, Express.js juga mendukung arsitektur Google V8 Engine. Google V8 Engine adalah compiler yang dapat mengeksekusi kode JavaScript melalui server (server side).

Adanya Google V8 Engine pada Express.js terbukti dapat meningkatkan performa website, serta memastikan bahwa setiap error dapat ditangani dengan baik pada proses pengembangan website.

2. Menyediakan Server Side Caching
Express.js menyediakan fungsi server side caching. Proses caching melalui server ini  membuat server cukup merespons sekali untuk setiap permintaan client terhadap halaman yang sama.

Dengan kata lain, halaman website yang dibangun dengan Express.js akan ditampilkan dengan lebih cepat. Sehingga, dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menjelajahi website tersebut.

3. Integrasi dengan MEAN
Express.js merupakan bagian dari MEAN Stack, sebuah arsitektur full stack milik JavaScript. MEAN sendiri merupakan singkatan dari MongoDB (database), Express.js (back end), Angular (front end), dan Node.js (environment).

Dengan adanya MEAN, proses membangun website jadi lebih cepat dengan hasil akhir yang maksimal. Sebab, integrasi ini jadi solusi untuk membangun website secara menyeluruh. Mulai dari tampilan, fitur, hingga hal-hal yang berkaitan dengan server.

4. Mempunyai Ekosistem yang Besar
Di luar MEAN, Express.js adalah framework yang punya ekosistem besar. Pasalnya, ia ditulis menggunakan JavaScript. Seperti yang diketahui, JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman dengan perkembangan teknologi yang pesat.

JavaScript punya beragam framework, library, compiler, dan resource lain yang bisa dimanfaatkan secara bebas. Artinya, hampir semua yang dimiliki JavaScript dapat diimplementasikan pada Express.js.

Dengan begitu, Anda bisa memasukkan berbagai fitur dan fungsi pada website sesuai kebutuhan tanpa terkendala minimnya ketersediaan ekosistem.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "ExpressJS: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Keunggulannya"