Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vue.js: Pengertian, Sejarah, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Vue.js
Vue.js
Pengertian Vue.js
Vue.js adalah kerangka kerja JavaScript yang bersifat progresif, bersumber terbuka untuk membangun antarmuka pengguna. Vue.js pertama kali dikembangkan pada tahun 2013 oleh Evan You yang sebelumnya bekerja di Google dengan menggunakan AngularJS. Hal ini yang melatarbelakanginya mengembangkan sebuah library yang lebih ringan daripada AngularJS.

Vue.js digunakan untuk membuat interface pada website agar tampak lebih interaktif, dan membuat SPA (Single Page Application). Apabila digunakan pada arsitektur MVC, maka Vue.js menempati pada posisi View yang berjalan di sisi front end. Framework ini juga sangat mudah untuk diintegrasikan dengan library yang lain. Jika diimplementasikan pada komponen HTML, maka Vue JS menggunakan ID, class, atau name untuk menginisialisasikannya.

Framework ini mengalami perkembangan yang pesat, bahkan beberapa perusahaan besar menggunakannya, sebagai contoh Google dan Adobe.

Sejarah Vue.js
Dibuat oleh Evan You, Vue.js adalah kerangka kerja JavaScript progresif sumber terbuka untuk membangun antarmuka pengguna atau user interface (UI) dan aplikasi satu halaman yang biasanya disebut sebagai Vue. Kerangka kerja ini menggunakan decoupling tinggi yang memungkinkan pengembang untuk secara progresif membuat antarmuka pengguna (UI). Kode sumber pertama yang mengikat proyek ini tertanggal Juli 2013, dan Vue pertama kali dirilis pada Februari berikutnya, pada 2014.

Vue sendiri adalah kerangka kerja progresif untuk membangun antarmuka pengguna. Tidak seperti kerangka kerja monolitik lainnya, Vue dirancang dari bawah ke atas agar dapat diadopsi secara bertahap. Pustaka inti difokuskan pada lapisan tampilan saja agar mudah diambil dan diintegrasikan dengan pustaka lain atau proyek yang sudah ada. Di sisi lain, Vue juga sangat mampu memberdayakan aplikasi single-page application yang canggih bila digunakan dalam kombinasi dengan perkakas modern dan pustaka pendukung.

Fitur Vue.js
Berikut beberapa fitur dan komponen yang tersedia dalam Vue.js di antaranya,
1. Components. Fitur components digunakan untuk membuat berbagai elemen pada HTML secara custom. Elemen custom ini juga dapat digunakan secara berulang – ulang.
2. Computed Properties. Fitur computed properties digunakan untuk melihat setiap perubahan yang terjadi dalam elemen user interface tanpa harus melakukan penambahan kode di dalamnya.
3. Data Binding. Data binding digunakan untuk memanipulasi dan memberikan nilai (value) pada atribut HTML. Sebagai contoh, mengubah style dengan menggunakan bantuan binding directives, yaitu V-Bind.
4. Directives. Fitur directives berfungsi untuk melakukan berbagai aksi (action) pada antarmuka front end website. Contoh perintah bawaan yang digunakan adalah v-if, v-else, v-model, dan lainnya.
5. Event Handling. Event handling atau v-on yang berfungsi sebagai atribut yang dapat ditambahkan ke dalam suatu elemen DOM untuk sebuah event pada Vue.js.
6. Lightweight. Terdapat fitur lightweight yang digunakan untuk membuat menjadi lebih sederhana, akan tetapi masih tetap cepat dan powerful.
7. Routing. Fitur routing mempunyai kegunaan sebagai perantara atau penghubung antar setiap halaman. Fitur ini memiliki kelebihan dalam membuat aplikasi single-page, cukup dengan menggunakan satu file HTML saja.
8. Templates. Fitur templates berfungsi untuk menghubungkan DOM dengan data instance pada Vue JS, yang nantinya akan mengkompilasi template menjadi fungsi DOM Render Virtual.
9. Virtual DOM. DOM (Document Object Model) merupakan suatu interface yang memudahkan dalam mengakses atau menambah konten pada suatu dokumen. Fitur dari Virtual DOM berfungsi untuk menyimpan perubahan dokumen pada replika DOM, sehingga dapat di review lebih cepat setiap perubahannya.
10. Watchers. Fitur watchers memiliki fungsi untuk dapat menangani setiap perubahan data, sehingga mampu untuk membuat kode menjadi sederhana dan cepat.

Kelebihan Vue.js
Sebagai salah satu framework yang memiliki banyak pengguna, Vue.js memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan framework lain di antaranya,
1. Ukuran Kecil
Selain bisa membuat script menjadi lebih ringkas, secara ukuran file pun Vue Js sangat lah ringan. Hal ini akan berpengaruh karena itu artinya Anda tidak memerlukan waktu yang lama saat akan mendownload nya. Ukuran kecil ini juga membantu untuk proses pembuatan website atau aplikasi menjadi lebih efisien dan juga memiliki performa yang tetap baik.

2. Dokumentasi Lengkap
Jangan takut mengalami kesulitan saat Anda menggunakan framework ini. Ada banyak dokumentasi dan tutorial yang bisa Anda gunakan sebagai panduan. Semua dokumentasi itu pun bisa dibilang cukup lengkap dan sangatlah detail. Dari mulai cara melakukan instalasi, melakukan integrasi, bahkan sampai kemungkinan masalah yang akan terjadi dan bagaimana melakukan penanganannya.

3. Sangat Mudah Diintegrasikan
Keunggulan lain yang juga dimiliki oleh framework ini adalah kemudahan ketika akan melakukan integrasi dengan aplikasi lain. Hal ini karena Vue.js dibangun menggunakan bahasa javascript sehingga akan mudah diintegrasikan dengan aplikasi javascript lainnya.

Proses Integrasi ini sangat diperlukan terutama ketika Anda sedang membangun sebuah web atau aplikasi yang cukup kompleks. Seperti misalnya menggabungkan website toko online dengan sistem pembayaran yang otomatis.

4. Mudah Dipelajari
Untuk pemula, maka framework ini sangat direkomendasikan. Vue.js merupakan framework yang sangat mudah dipelajari dan dipahami. Vue.js memiliki struktur yang sangat sederhana dan juga penulisan kode yang lebih singkat, kedua hal ini yang membuat Vue.js menjadi mudah dikuasai.

5. Interaksi Dua Arah
Dengan konsep MVVM atau Model view view model yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara javascript dengan HTML. Keunggulan ini akan membuat performa dari web atau aplikasi menjadi lebih optimal.

Sebagai contoh, pada proses data binding ketika HTML mengirim data ke javascript maka javascript akan merespons. Respons tersebut yang akan ditampilkan HTML dan akan dilihat oleh pengguna lewat browser.

6. Fleksibel
Tidak hanya javascript saja, di sini Anda bisa menggunakan juga HTML dan CSS. Fleksibilitas lain yang juga menjadi keunggulan dari Vue.js adalah masalah template. Anda bisa membuat satu template dan bisa menggunakan sampai berkali – kali. Faktor inilah yang membuat framework ini cukup diandalkan untuk membuat website atau aplikasi dengan skala kecil ataupun besar.

7. Terdapat Banyak Plug In
Ada banyak plug in pada framework ini yang bisa Anda gunakan. Semua plug in ini akan membantu Anda pada saat proses kerja yang dikerjakan. Plug in tersebut sangatlah bermacam – macam fungsinya dari mulai untuk meningkatkan kecepatan website, peningkatan UX, kompresi gambar, dan lainnya

8. Ada Banyak Tema Menarik
Vue Js juga memiliki banyak sekali tema menarik yang bisa digunakan dengan bebas. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Selain menarik, tema yang disediakan juga memiliki fitur dan komponen yang lengkap sehingga Anda tidak perlu merancang dari awal untuk masalah tampilan.

Kekurangan Vue.js
1. Komunitas Terbatas
Salah satu kekurangan dari framework ini adalah komunitas yang masih terbatas. Dibanding dengan framework lain seperti react ataupun angular,  penggunaan Vue.js ini memang belum terlalu banyak. Inilah mengapa jumlah komunitas dari pengguna Vue ini masih terbatas.

2. Perubahan Terlalu Cepat
Meskipun perubahan ini bisa dibilang cukup baik tetapi dengan cepatnya perubahan itu pula bisa menimbulkan masalah lain seperti kompatibiltas perangkat. Bahkan dengan banyaknya versi yang beredar saat ini juga akan menjadi masalah ketika framework ini digunakan dalam sebuah proyek besar yang melibatkan banyak developer.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Vue.js: Pengertian, Sejarah, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya"