Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terms and Conditions: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menampilkannya

Pengertian Terms and Conditions
Terms and Conditions
Pengertian Terms and Conditions
Terms and Conditions (T&C) atau Syarat dan Ketentuan adalah sebuah perjanjian antara pemilik dan pengguna layanan mengenai ketentuan-ketentuan terkait mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab dan juga aturan dalam penggunaan situs. Terms and Conditions berfungsi sebagai kesepakatan kontrak antara pemilik layanan dengan pengguna layanan.

Hal ini ditujukan untuk mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak. Untuk menggunakan situs web, produk, atau aplikasi seluler, pengguna layanan harus setuju untuk mematuhi Terms and Conditions yang telah dibuat dan untuk menyediakan layanan sesuai dengan persyaratan yang ada.

Fungsi Terms and Conditions
Terms and Conditions berfungsi mengatur peran untuk menciptakan hubungan bisnis dengan memperjelas dan menempatkan pedoman secara tertulis, dengannya pemilik layanan dapat menghindari kesalahpahaman dengan pengguna layanan. Hal ini memungkinkan untuk memutuskan apa yang dianggap dapat diterima dan jenis perilaku apa yang dapat memutuskan hubungan dengan pengguna.

Selain itu, Terms and Conditions juga dapat membantu membatasi tanggung jawab sehubungan dengan beberapa situasi, yang dapat mengurangi kemungkinan menghadapi tuntutan hukum atau mengurangi kerusakan yang harus dibayar jika terbukti bahwa pengguna mengetahui dan telah menyetujui persyaratan yang ada.

Dengan demikian, kesepakatan ini memungkinkan pemilik layanan dapat mempertahankan kepemilikan dan kontrol penuh atas produk (situs web atau aplikasi) dan dapat membantu dalam menjaga hubungan yang positif dan menyenangkan dengan pengguna layanan karena semua pihak mengetahui apa yang merupakan perilaku yang dapat diterima dan tidak.

Internet sering kali disalahgunakan oleh banyak orang dengan melakukan beberapa hal yang merugikan, sehingga sangat perlu untuk membuat peraturan yang jelas dan dapat dipahami oleh pengguna. Dengan membuat peraturan ini dan menempatkannya di situs web, kita tidak terlalu repot untuk menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pengguna terkait tata cara penggunaan situs yang secara efektif akan menghemat waktu dan sumber daya kita.

Menampilkan Terms and Conditions
Terms and Conditions harus ditampilkan di halaman tersendiri situs web agar informasi dapat dicerna oleh pengguna. Selain itu juga harus tertaut ke kebijakan privasi dan kebijakan cookie untuk memastikan bahwa pengunjung situs web tahu bahwa aturan ini ada dan berlaku, serta kebijakan atau pedoman lain yang kita miliki.

Kebanyakan situs web meletakan Terms and Conditions yang dapat diakses melalui hyperlink pada bagian footer di situs web. Metode ini cukup baik karena membuatnya mudah diakses oleh pengunjung situs web dan terlihat sebelum mereka menggunakan layanan situs web sepenuhnya.

Namun, jika ingin memastikan bahwa pengunjung telah membaca dan menerima Terms and Conditions, harus mempertimbangkan untuk menggunakan metode menampilkan perjanjian dan klik mempersetujui Terms and Conditions sebelum menggunakan layanan situs sepenuhnya.

Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan bukti penerimaan, yang akan berguna jika perlu menegakkan persyaratan tersebut atau jika ada perselisihan di masa mendatang.

Sumber: https://adammuiz.com/pengertian-terms-and-conditions/

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

1. Disclaimer: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, dan Perbedaannya dengan Terms and Conditions

2. Privacy Policy: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

3. Term of Service (ToS): Pengertian, Penggunaan, dan Fungsinya

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Terms and Conditions: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menampilkannya"