Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Internet Download Manager (IDM): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Internet Download Manager atau IDM
Internet Download Manager (IDM)
Pengertian Internet Download Manager (IDM)
Download Manager (IDM) adalah aplikasi untuk mempercepat proses unduhan berkas di Internet. IDM mengklaim kecepatan pengunduhan yang di miliki 500% lebih cepat dibandingkan dengan perangkat sejenis lainnya. IDM juga memiliki cara kerja cukup unik yaitu dengan membagi berkas yang akan diunduh dalam beberapa bagian. Meski demikian, proses unduhan dilakukan secara bersamaan.

IDM memiliki fitur yang canggih, selain melakukan pengunduhan, juga dapat meneruskan kembali atau resume ketika proses pengunduhan mengalami masalah terputus disebabkan maslah teknis maupun non teknis. Aplikasi IDM buatan developer asal AS, Tonec FZE. IDM dapat di-download gratis tetapi dengan penggunaan terbatas lantaran berstatus free trial atau percobaan.

Sejarah Internet Download Manager (IDM)
Internet Download Manager merupakan perangkat buatan New York, Amerika Serikat yang kemudian menempati posisi teratas dalam memaksimalkan kecepatan pengunduhan data. Tampilan dan grafik sederhana membuat IDM lebih bersahabat dengan penggunanya.

IDM didukung oleh fitur resume, yaitu mengunduh ulang file yang downloadnya terputus karena terdapat masalah teknis atau non-teknis. IDM juga memiliki fitur pengunduhan cepat dengan kemampuan untuk membagi file secara otomatis dan didukung oleh teknologi yang aman.

Perangkat lunak ini mempunyai teknologi yang lebih baik dari perangkat lunak serupa yang tersedia saat ini. Karena fitur yang dipunyai dalam berbagi data yang didownload jadi beberapa bagian yang terpisah untuk selanjutya disatukan lagi sesudah proses pengunduhan selesai. Ini disebut multipart.

Namun, IDM berbeda dari perangkat serupa karena proses multi bagian ini dilakukan secara bersamaan dan kecepatannya hingga 500% atau lima kali lebih baik seperti yang diklaim oleh pembuat IDM ini.

IDM dapat membagi file selama proses pengunduhan memakan waktu hingga tujuh hingga delapan bagian atau file yang diunduh dan dibagi menjadi delapan bagian kemudian ditangani oleh IDM dengan membagi kecepatan yang sama per bagian.

Tetapi jika ada bagian yang mengalami hambatan dalam proses pengunduhan maka kecepatan di bagian yang lain akan dipakai untuk mensuport bagian yang lelet.

Versi paling baru dari pengunduhan IDM 5.18 memberikan panel untuk pemain web yang dapat digunakan untuk mengunduh video flash dari situs-situs seperti YouTube, MySpaceTV, dan Google Video.

Fitur ini juga dilengkapi dengan dukungan Vista, grabber YouTube, penjadwalan ulang, dan dukungan protokol MMS. Versi baru ini juga menambahkan integrasi untuk Internet Explorer dan Internet Explorer berbasis browser, dirancang ulang dan, bilah alat yang ditingkatkan, dan fitur yang ditingkatkan

Fungsi Internet Download Manager (IDM)
IDM adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan proses pengunduhan melalui peramban web. Banyak sekali fungsi dari IDM yang bisa dimanfaatkan oleh pengunanya, khususnya dalam melakukan proses pengunduhan. Pengunduhan melalui IDM akan dilakukan dengan cepat dan dapat diteruskan lagi jika terjadi error.

Dengan menggunakan IDM ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan, yang pertama adalah mempermudah pekerjaan Anda dan mempersingkat waktunya. Selain itu, Anda juga bisa mengambil video dari youtube ataupun lagu dalam bentuk MP3, MP4, dan lain-lain.

Fitur Internet Download Manager (IDM)
Keunggulan Internet Download Manager (IDM) tidak lepas dari fitur apa saja yang dipunyainya di antaranya,
1. Mendukung Semua Browser Populer
Internet Download Manager mensupport hampir semua browser populer saat ini. Bahkan semua versi browser tersebut tetap didukung oleh IDM. Serta IDM bahkan bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi internet manapun untuk melakukan pengambilalihan unduhan menggunakan fitur Integrasi Browser Lanjutan.

Broswer-browser yang didukung IDM seperti Google Chrome, Internet Eplorer, Mozilla Firefox, Netscape, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Download Speed Acceleration
Internet download manager memiliki kemampuan untuk mempercepat proses download yang dilakukan hingga 5 kali lebih cepat menggunakan teknologi Intelligence Dynamic File Segmentation. Berbeda dengan manager pengunduhan lainnya, segemntasi IDM melakukan pengunduhan secara dinamis dalam proses download dan menggunakan kembali koneksi yang sudah ada tanpa perlu koneksi opsional dan peningkatan login untuk bisa memiliki performa akselerasi yang bagus.

3. Kemudahan Mengunduh lewat satu klik
Easy download dengan satu klik merupakan salah satu fitur andalan milik IDM, ketika Anda mengklik tautan unduhan pada peramban, IDM langsung mengambil alih proses unduhan dan mengakselerasinya. Anda tidak perlu melakukan tindakan lainnya setelah itu, IDM lah yang akan bekerja selanjutnya. IDM akan menangkan pengunduhan tadi dengan support dari protokol FTP, HTTP, HTTPS, dan MMS.

4. Youtube Grabber
Internet Download Manager juga bisa melakukan record dan pengunduhan video FLV dari halaman-halaman terkenal seperti Youtube dan MySpaceTV. Langkah sebelum melakukan proses pengunduhan video yang diinginkan adalah dengan menginstall Internet Download Manager terlebih dahulu.

Apabila sudah terinstall, selanjutnya tombol “Download This Video” akan muncul setiap Anda menonton video di internet. Untuk mengunduh video klik saja tombol tersebut.

5. Download Resume
Fitur selanjutnya ini mungkin menjadi fitur yang paling favorit bagi pengguna IDM selama ini. Di mana biasanya memang saat melakukan pengunduhan sering terjadi masalah yang tidak diinginkan baik itu teknis maupun non teknis.

Namun, IDM memberikan fitur yang membantu proses tersebut agar lebih nyaman yaitu download resume. Dengan fitur ini Anda bisa melanjutkan pengunduhan yang sempat tertunda sebelumnya. Sehingga proses yang terjadi tetap bisa dilanjutkan.

6. Built in Scheduler
Fitur selanjutnya adalah ini membantu Anda selalu siap untuk melakukan proses download. IDM akan secara otomatis terhubung dengan internet kapan pun. Pengunduhan file yang Anda inginkan bisa dengan cepat dilakukan, pemberhentian juga bisa dilakukan dengan cepat.

Anda juga bisa melakukan sinkronisasi perubahan pada file periode sinkronisasi. Sehingga bisa sekali melakukan penjadwalan proses pengunduhan sekaligus.

7. Tersedia di berbagai bahasa
IDM sudah menyediakan fitur bahasa khusus bagi pengguna dari Indonesia. Bahkan, masih banyak pilihan bahasa yang dapat digunakan oleh penggunanya mulai dari Albania, Arab, Azerbaijan, Bosnia, Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Persia ,Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Italia, Jepang, Korea, Lithuania, Macedonia, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Thailand, Turki, dan bahasa Uzbekistan.

8. Pengecekan Virus secara Otomatis
Antivirus checking akan menjamin keamanan download pengguna agar terbebas dari virus, torjan, malware, adware, hingga RAT.

IDM juga dapat langsung secara otomatis menjalankan pengecekan pada proses pengunduhan melalui aplikasi-aplikasi antivirus seperti Spybot, Avast, McAffe, Internet Security, Ccleaner, dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya saat pengunduhan file atau dokumen berlangsung.

Kelebihan Internet Download Manager (IDM)
1. Dapat Menaikkan Kecepatan Download Sampai 5 Kali Lipat
Software ini memiliki kecepatan luar biasa, Internet Download Manager mampu meningkatkan unduhan hingga 5 kali lebih cepat dengan dukungan teknologi Intelligent Dynamic File yang cerdas.

Berbeda dengan aplikasi lain, Internet Download Manager melakukan proses unduhan secara dinamis selama proses download terjadi, ditambah lagi, bisa menggunakan kembali koneksi yang ada tanpa harus mengulangi koneksi agar download bisa di hentikan sementara atau di pause dan bisa dilanjutkan kapanpun.

2. Ada Fitur Resume Download
Salah satu keunggulan yang disukai oleh pengguna Internet Download Manager yakni dapat melanjutkan unduhan yang sempat terhenti akibat masalah teknis maupun nonteknis seperti saat di pause atau koneksi yang tidak stabil.

Fitur ini merupakan salah satu yang terbaik jika saat proses downloading terjadi sebuah problem yang tidak terduga. Jadi, tidak perlu khawatir ketika mengalami gangguan saat proses pengunduhan terjadi.

3. Bisa Mengatur Waktu Download
Pengguna Internet Download Manager, diberi keleluasaan untuk mengatur kapan waktu download suatu file yang bisa disesuaikan dengan kemauan penggunanya, kalian bisa membiarkan atau meninggalkan komputer dalam keadaan hidup dan Internet Download Manager, melakukan proses pengunduhan sampai selesai.

Kelebihan lainnya kalian bisa melakukan sikronisasi file dari komputer ke tempat lain dengan bantuan cloud storage. Menggunakan layanan ini kalian tidak perlu melakukan pembayaran langganan.

4. Mengurangi Risiko Komputer Terkena Virus
Internet Download Manager memiliki proteksi bagi file dengan program antivirus, agar file yang didownload bisa terbebas dari virus apapun, seperti trojan, malware, adware, sampai RAT.

Internet Download Manager  juga akan secara otomatis menjalan antivirus seperti Spybot, Avast, McAffe, Internet Security, Ccleaner, dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya saat pengunduhan file atau dokumen berlangsung.

Kekurangan Intenet Download Manager (IDM)
1. Tidak sepenuhnya free (gratis)
Pengunduhan aplikasi  Internet Download Manager akan diberikan secara gratis dalam waktu 30 hari atau yang disebut masa trial. Namun, setelah 30 hari berlalu, Internet Download Manager yang Anda miliki akan meminta konfirmasi mengenai Internet Download Manager yang resmi atau harus beli.

2. Memakan penyimpanan cukup besar
Memiliki Internet Download Manager memang mempercepat dan memudahkan proses download. Namun ruang penyimpanan yang digunakan Internet Download Manager terbilang cukup besar, yaitu sekitar 9MB dan apabila kalian memiliki aplikasi lainnya yang tidak kalah berat, justru akan memberatkan komputer milik kalian.

Cara Menggunakan Internet Download Manager (IDM)
1. Cara Mengunduh Internet Download Manager (IDM)
Cara pertama tentu Anda harus melakukan pengunduhan di website Internet Download Manager. Anda bisa melakukan pengunduhan dengan mengklik “Try Internet Download Manager for Free”. Setelah itu, tunggu sampai berkas IDM telah diunduh. Proses ini terbilang cepat karena ukurannya hanya 7 Mb saja.

Apabila proses pengunduhan sudah selesai lakukan proses instalasi dengan mengklik 2 kali file ekstensi IDM tadi. Berikutnya akan muncul jendela bagaimana cara menginstall IDM di komputer atau laptop. Klik Next, pada halaman selanjutnya akan ditampilkan aturan-aturan penggunaan IDM, klik kotak untuk mencentang bahwa Anda setuju, lalu Klik Next lagi.

Berikutnya Anda diminta untuk menempatkan dimana file instalasi IDM, secara default file akan disimpan di drive C komputer, namun Anda bisa merubahnya sesuai dengan kebutuhan. Apabila sudah klik Next lagi. Yang terakhir adalah klik Next lagi, maka instalasi akan segera dimulai. Jika, proses instalasi sudah selesai klik Finish.

2. Cara Instal IDM di Windows 10 dan Mengintegrasikannya dengan Firefox dan Chrome
Tutorial Bagaimana Menginstal Internet Download Manager (IDM) Versi Terbaru di Laptop dengan Sistem Operasional Windows 10 dan Bagaimana Mengintegrasikannya dengan Mozila Firefox dan Google Chrome 

Youtube Link. https://youtu.be/eJsLOiMBCsw

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Torrent: Pengertian, Terminologi, Cara kerja, Cara Download, Kelebihan, dan Kekurangannya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Internet Download Manager (IDM): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya"