Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Torrent: Pengertian, Terminologi, Cara kerja, Cara Download, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Torrent
Torrent
Pengertian Torrent
Torrent adalah file komputer yang berekstensi .torrent. File ini umumnya memiliki ukuran kecil, karena tidak berisikan file yang akan di unduh, melainkan hanya berisikan informasi mengenai file yang akan di unduh. Informasi tersebut berupa informasi tracker, nama file, ukuran file, struktur folder, serta informasi lainnya yang dibutuhkan untuk memulai mengunduh.

Sementara tindakan mengunduh file melalui Torrent dinamakan Torrenting melalui jaringan BitTorrent. Alih-alih mengunduh file ke server pusat, torrent melibatkan mengunduh file dari perangkat pengguna lain di jaringan. Dengan kata lain, pengguna mengunggah file dari perangkat mereka sendiri untuk diunduh pengguna lain.

Proses Torrenting adalah bentuk berbagi file peer-to-peer (P2P) paling populer, dan memerlukan perangkat lunak pengelolaan torrent untuk terhubung ke jaringan BitTorrent. Perangkat lunak semacam itu dapat diunduh secara gratis untuk sejumlah perangkat berbeda. Setiap orang yang mengunduh atau mengunggah file yang sama disebut rekan, dan secara kolektif mereka dikenal sebagai segerombolan.

Karena cara kerja BitTorrent, rekan dapat mengunduh file dari beberapa pengguna lain sekaligus, atau mengunggah file ke beberapa pengguna lain secara bersamaan. Torrenting sering kali dikaitkan dengan pembajakan karena sering digunakan untuk berbagi file yang dilindungi hak cipta, termasuk film, game, musik, dan perangkat lunak.

Namun, torrent juga memiliki banyak kegunaan yang sah, seperti mengurangi beban pada server terpusat dengan mendistribusikan beban hosting di antara pengguna.

Terminologi di Torrent
1. Seeder, adalah klien atau komputer yang memiliki file dan membagikannya dengan siapa saja yang memiliki downloader Torrent.
2. Leecher, sebagai klien atau komputer yang download data file Torrent, tapi tidak memiliki data yang lengkap. Leecher dapat diartikan kebalikan dari Seeder. Lecher adalah peer yang belum memiliki bagian file sedikitpun, jadi tidak mungkin juga berbagi file dengan pihak lainnya.
3. Rasio, merupakan perbandingan antara berapa banyak komputer atau klien yang mendownload (leecher) dan berbagi (seeder) dengan komputer atau pihak lain (upload). Normal Ratio umumnya adalah 1 yang artinya untuk setiap byte file Torrent yang Anda unduh, Anda juga mengunggah satu byte data file Torrent ke pihak lain, atau Anda membaginya dengan komputer lain dengan rasio atau bit yang sama.
4. Peer, adalah pihak yang tidak memiliki bagian lengkap dari file tersebut. Para peer akan membagikan bagian demi bagian dari file yang sudah mereka miliki.
5. Swarm, mewakili semua pihak atau komputer yang berbagi file menggunakan protokol bitTorrent.
6. BitTorrent, adalah protokol peer-to-peer untuk berbagi file Torrent tetapi klien tidak akan meminta atau mendapatkan file Torrent di satu sisi sebagai server karena setiap klien adalah server. Yang artinya pihak yang mengunduh file Torrent membagikan file yang telah diunduh. Pada dasarnya klien akan saling berbagi file, jadi semakin banyak pihak yang mengunduh file Torrent, semakin menguntungkan.
7. Peer to Peer, adalah komunikasi dua arah antara komputer dan komputer lain yang terhubung satu sama lain. Dan biasanya digunakan sebagai cara untuk mentransfer atau berbagi file dimana satu pihak ke pihak lain melakukan aktivitas download dan upload serta saling berbagi file.

Cara Kerja Torrent
Torrenting tidak bergantung pada server terpusat untuk menyimpan file. Sebagai gantinya, bit data dari file besar individu disimpan di komputer yang berpartisipasi (rekan) dalam jaringan (swarm) untuk memfasilitasi proses berbagi file.

Protokol komunikasi P2P seperti BitTorrent memecah file menjadi beberapa bagian dan memindahkannya dari pengunggah (seeder) ke pengunduh (leechers) melalui klien torrent (program terpisah yang membaca semua informasi dalam file .torrent dan menghubungkan pengguna untuk bertukar data).

Sistem check and balances berikut diterapkan untuk membuat proses torrent menjadi sangat mudah di antaranya,
1. File torrent (.torrent) berisi informasi yang memberi tahu pengguna tentang komputer mana yang menjadi bagian dari proses berbagi file. Ini juga dapat memberikan beberapa detail tentang file dan folder yang diunduh pengguna.
2. Klien torrent akan terhubung ke pelacak, yang menyimpan alamat IP perangkat dalam kerumunan. Pelacak meneruskan alamat IP ke semua klien torrent untuk memastikan semua rekan terhubung.
3. Klien torrent dapat mulai mengunduh. Setelah menerima bit data yang cukup, ia juga mulai mengunggah file untuk kepentingan pengguna lain.
 
Cara Download dengan Torrent
Pada umumnya menggunakan Torrent untuk mendownload tidaklah terlalu sulit, ini yang membuat banyak orang memilih menggunakan Torrent.
1. Pilih dan Unduh Klien Torrent
Sebelum Anda dapat mulai berbagi atau mengunduh file, Anda harus memilih dan menginstal klien torrent. Pilih dengan hati-hati, karena beberapa datang dengan adware yang dapat menyebabkan masalah dengan komputer atau perangkat Anda.

Paling baik adalah mengunduh langsung dari situs web klien sehingga Anda dapat menghindari mengunduh perangkat lunak jahat dari situs pihak ketiga. Meskipun ada klien yang dapat diunduh gratis, memilih klien premium sangat ideal jika Anda menginginkan fitur keamanan.

2. Pasang Situs Pelacak
Setelah Anda memasang klien torrent, Anda juga perlu mengunduh situs pelacak, yang berisi daftar file torrent. Situs pelacak ini hanya sebagai tempat penyimpanan file torrent dan tidak menghosting konten di server mereka. Ada dua jenis situs pelacak, salah satunya adalah situs pelacak publik, dapat diakses oleh semua pengguna.

Jenis pelacak kedua lainnya adalah situs pelacak pribadi, yang berisi situs web torrent khusus yang meng-host relung file yang unik. Pendaftaran ke situs pelacak pribadi seringkali eksklusif dan hanya berdasarkan undangan dan itu juga mengharuskan pengguna untuk menanam torrent setelah setiap unduhan.

3. Cari Konten untuk Download
Selanjutnya pengguna bisa mencari konten yang ingin kamu download. Hasil pencarian sering menghasilkan beberapa file, pilih yang memiliki banyak seeder sehingga unduhan Anda berjalan lebih cepat. Sebelum mengunduh, periksa apakah Anda dapat menjalankan file tersebut.

4. Unduh Konten
Setelah Anda mengetahui apakah file tersebut kompatibel dengan program yang Anda instal, Anda dapat mulai mendownload kontennya. Anda dapat mengunduh banyak file tetapi praktik atau cara yang baik adalah  dengan memprioritaskan unduhan Anda.
 
Kelebihan Torrent
Torrent memiliki banyak penggemarnya karena keuntungannya. Dengan menggunakan teknologi BitTorrent teknologi ini memiliki file peer-to-peer untuk internet sharing. Selain itu Hinet Lovers juga bisa mengunduh file dari orang lain yang berbagi file.

Orang lain yang terhubung pada torrent pun akan bisa mengunduhnya juga dari komputernya. Teknologi ini juga sangat menguntungkan karena tidak membuat server terasa terbebani. Hanya dengan satu torrent semua orang bisa berfungsi sebagai pengirim ataupun penerima ke pengguna lainnya.

Kekurangan Torrent
Selain kelebihan yang dimiliki ternyata torrent juga memiliki kekurangan bahkan risiko yang cukup berbahaya. Tak jarang pengguna torrent akan diikuti oleh bahaya bahwa file yang diunduh bisa mengandung berbagai virus bahkan adware. Situs torrent kebanyakan hanya memiliki fungsi sebagai pengunduh semata jadi misalnya file yang Anda terima mengandung virus maka Anda juga menyimpan virus tersebut.

Torrent juga mudah terjangkit komputer hacking yang telah disalahgunakan oleh para hacker. Para hacker bisa dengan mudah membajak file Anda, mengambil data privasi atau memasukkan virus ke komputer Anda. Ada beberapa negara yang melarang penggunaan torrent di antaranya adalah Inggris, Jerman, Italia, India dan lain sebagainya.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Internet Download Manager (IDM): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Torrent: Pengertian, Terminologi, Cara kerja, Cara Download, Kelebihan, dan Kekurangannya"