Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harbolnas: Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Cara Belanjanya

Pengertian Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional
Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)
Pengertian Harbolnas
HarBolNas (Hari Belanja Online Nasional) adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring. Harbolnas pertama kali dicetuskan pada tahun 2012 oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA), dengan e-commerce yang bergabung seperti Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Berrybenka.

Harbolnas merupakan model penjualan e-commerce yang relatif baru, dan dengan cepat menjadi salah satu yang berkembang pesat dan terbesar di Asia. Harbolnas memiliki prospek yang cukup besar, menurut Amir Karimuddin. “Harbolnas berusaha memodifikasi Black Friday (atau Singles’ Day di China). Diskon besar-besaran masih merupakan metode terbaik untuk mempromosikan produk, brand, dan pasar.”

Sejarah Hari Belanja Nasional
Inisiasi ini diprakarsai oleh enam e-commerce besar di Indonesia, yakni Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, serta Bukalapak. Enam e-commerce ini berada di bawah naungan Asosiasi E-commerce Indonesia atau yang disebut dengan IdeA. Harbolnas digelar pertama kali pada tahun 2012, yang saat itu dikenal dengan 12.12.12. Tujuan digelarnya adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang mudahnya berbelanja via daring.

Mendapat respons positif, para e-commerce tersebut kembali mengadakan acara yang sama tahun berikutnya, yang akhirnya sejak saat itu dikenal sebagai Hari Belanja Nasional. Mulai tanggal tersebut Harbolnas bergulir di setiap tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Perayaan belanja daring ini pun menjadi makin semarak dengan dukungan berbagai pihak, termasuk dari industri telekomunikasi, perbankan, logistik, hingga para media.

Berdasarkan informasi dari situs resmi IdEA, Harbolnas 2020 diikuti lebih dari 250 platform belanja daring dari seluruh Indonesia.

Manfaat Harbolnas
Promo besar-besaran pada Harbolnas tentunya ternyata memiliki banyak manfaat di antaranya,
1. Tidak Mengantri
Antrian panjang tentu sangat membosankan, belum lagi jika ada saja pelaku yang menerobos antrian atau justru barang yang ingin dibeli sudah kehabisan stoknya. Permasalahan itu bisa dikurangi dengan penggunaan sistem belanja secara online, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dari e-commerce yang Anda tuju.

Saat mereka mengadakan pesta Harbolnas, Anda tentu hanya perlu mengklik barang-barang yang dibutuhkan dan memilih metode pembayaran. Hampir semua e-commerce pasti memiliki aplikasi yang bisa mudah Anda akses, tanpa harus repot mengantri di toko secara langsung.

2. Barang Diantar Ke Rumah
Produk yang sudah dibeli umumnya bisa langsung dikirimkan ke rumah, hal ini tentu memudahkan Anda untuk langsung mendapatkan barang yang dibeli di depan pintu rumah. Tidak perlu repot untuk membawanya sendiri.

3. Metode Pembayaran Beragam
Ada banyak metode pembayaran yang biasanya ditawarkan oleh e-commerce di Indonesia, mulai dari transaksi menggunakan kartu kredit, debit, poin hingga penawaran Cost of Delivery (COD) transaksi yang memungkinkan Anda untuk pembayarannya saat barang sudah berada di depan pintu Anda.

4. Diskon Ekstra
Perayaan Harbolnas umumnya menawarkan berbagai promo menarik, banyak diskon yang ditawarkan dengan jumlah persennya yang beragam pula. Selain itu ada juga program dengan promo gratis ongkir sepuasnya dengan sejumlah minimal belanja.
 
Cara Belanja di Harbolnas
Sebelum mulai menyerbu barang belanjaan ada baiknya Anda mengikuti cara berikut di antaranya,
1. Daftar Newsletter
Hal yang terpenting dilakukan sebelum memulai adalah pastikan Anda tidak ketinggalan informasi promonya, cobalah untuk berlangganan newsletter setiap bisnis online di mana nantinya akan mendapatkan informasi langsung dari bisnis online terkait promo yang sedang berlangsung.

2. Membuat daftar belanjaan
Hal ini penting, dikarenakan sesuaikanlah kebutuhan belanja dengan apa yang menjadi kebutuhan saat ini. Kita sadar di Harbolnas kita akan mendapatkan banyak sekali penawaran diskon dan yang pastinya sangat menggoda untuk bisa kita beli, namun jangan sampai hal itu membuat kita menjadi di luar kendali dan pastikan kebutuhan terpenuhi terlebih dahulu.

3. Mengetahui Platform yang Cocok
Beberapa Bisnis online mempunyai website dan aplikasi, Anda harus memilih beberapa platform prioritas untuk mempermudah dalam melakukan transaksi nantinya. Kembali lagi ke Poin no 1 di mana, Jika Anda jarang membuka e-mail terutama membaca newsletter, mungkin mengunduh mobile apps adalah pilihan yang tepat karena kita akan mendapatkan banyak notifikasi terutama promo saat Harbolnas.

4. Bookmark halaman khusus Harbolnas e-commerce
Biasanya setiap bisnis online (E-Commerce) mempunyai halaman tersendiri untuk promo besar mereka, Anda perlu melakukan bookmark untuk mempermudah kamu mengakses halaman promo Harbolnas tersebut.

5. Koneksi internet yang cepat
Pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang cepat dikarenakan koneksi ini nantinya akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan promo dengan cepat terutama bagi promo yang berbatas waktu sehingga di waktu yang bersamaan Anda akan rebutan dengan ribuan hingga jutaan pengunjung lain yang ingin mendapatkan promo besar dari suatu produk.

6. Berburu kode kupon dari website perbandingan harga
Biasanya ada beberapa website yang mempunyai fitur untuk menampilkan perbandingan harga, nah Anda bisa memanfaatkan website ini untuk menganalisa to the point mengenai harga produk yang ingin Anda beli.

7. Selalu cek rating dan review toko yang bersangkutan
Hal ini juga sangat penting berhubungan toko yang mempunyai rating tinggi tentunya akan membuat pelanggan percaya dengan layanan yang ditawarkan. Jangan sampai kamu tertipu dengan promo sehingga yang ada kamu akan kecewa karena mendapatkan produk yang tidak sesuai.

8. Pilih Jasa Pengiriman Paling Murah Supaya Hemat
Pada hari Harbolnas beberapa jasa pengiriman juga menawarkan promosi, bagi kamu yang berada di kota yang jauh tentunya biaya ongkir menjadi masalah besar juga, pastikan kamu juga mendapatkan promo ongkir untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

9. Ketahui Kebijakan Pengembalian Barang
Hal ini sangat penting jika produk yang kamu dapatkan tidak sesuai sehingga kamu bisa melakukan Pengembalian Barang yang sudah kamu beli sebelumnya.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Harbolnas: Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Cara Belanjanya"