Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cyber Monday: Pengertian, Sejarah, dan Tipsnya

Pengertian Cyber Monday
Cyber Monday
Pengertian Cyber Monday
Cyber Monday adalah hari belanja online dengan promo diskon besar-besaran. Cyber Monday terjadi pada hari Senin setelah liburan Thanksgiving Day. Semua toko online di berbagai penjuru dunia akan memberikan diskon dan promo dengan berbagai bentuk.

Cyber Monday sudah berlangsung sejak tahun 2005 di Amerika Serikat. Kemudian diikuti beberapa negara lainnya seperti Argentina, Kanada, India, Jepang, Prancis, Jerman, Inggris bahkan Australia. Anda bisa menikmati promo diskon dari beragam e-commerce di dunia seperti amazon, ebay dan sebagainya.

Sebelum Cyber Monday ada yang dinamakan Black Friday. Black Friday biasanya hanya untuk toko yang berbentuk fisik sedangkan Cyber Monday khusus untuk berbagai online shop maupun e-commerce.

Sejarah Cyber Monday
Cyber Monday sendiri bermula dari US National Retail Federation yang mengajak orang untuk berbelanja secara online. Pada saat itu di tahun 2005, animo masyarakat untuk berbelanja online tidak seperti hari ini.

Tepat pada 28 November 2005, Shop.org menyebut frase “Cyber Monday” pada pers rilisnya sehingga dua kata itu populer hingga saat ini.

Yang perlu diketahui, Cyber Monday sedikit berbeda dengan Black Friday meskipun sama-sama sebagai istilah pemasaran yang waktunya tidak terpaut jauh.

Tips Cyber Monday  
Berikut beberapa tips berbelanja di momen Cyber Monday di antaranya,
1. Jangan Lupa Bandingkan Harga  
Meskipun ada diskon, lebih bijaksana untuk selalu membandingkan harga terlebih dahulu. Terutama untuk pembelian barang elektronik, tentunya akan menawarkan harga yang berbeda-beda. Makanya jangan sampai lupa membandingkan harga.
 
2. Cari Varian Harga yang Lebih Murah
Berikutnya carilah varian harga yang lebih murah. Dengan demikian, maka Anda bisa menghemat pengeluaran atau justru bisa membeli barang lainnya. Anda hanya perlu membandingkan harga barang terlebih dahulu di berbagai situs e-commerce Indonesia.  

3. Hindari Langsung Percaya pada Diskon
Meskipun ada banyak penawaran diskon, akan tetapi hindari langsung percaya. Pastikan Anda membutuhkan barang tersebut dan bukan hanya membeli karena ada penawaran diskon yang sangat besar. Anda juga bisa membandingkan barang yang mendapatkan diskon tersebut dengan barang lainnya.

4. Manfaatkan Kode Kupon Secara Maksimal  
Jangan lupa manfaatkan kode kupon secara maksimal. Kode tersebut tentu bisa Anda dapatkan melalui situs belanja online maupun akun sosial media. Kumpulkan kode kupon sebanyak-banyaknya dan lakukan belanja secara optimal. Namun, tetaplah cermat dalam memilih barang belanjaan.
 
5. Manfaatkan Cashback  
Selain kode kupon belanja, Anda juga perlu memanfaatkan cashback. Sejumlah platform belanja online tentunya akan menyediakan penawaran cashback yang bervariasi. Biasanya mulai dari 2% sampai 20%. Pastinya hal ini akan sangat menguntungkan Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Cyber Monday: Pengertian, Sejarah, dan Tipsnya"