Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edmodo: Pengertian, Sejarah, Fitur, Keunggulan, dan Manfaatnya

Pengertian Edmodo
Edmodo
Pengertian Edmodo
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan khusus bagi pegiat pendidikan. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua.

Seorang pengajar maupun muridnya akan mendapatkan manfaat ketika menggunakan platform ini pembelajaran akan menjadi lebih efisien dan efektif. Bagi seorang pengajar apabila menggunakan platform ini dengan sebaik-baiknya maka sangat mudah sekolah untuk mengelola pembelajaran yang mereka lakukan.

Fitur-fitur yang diberikan Edmodo akan membantu kinerja para pengajar ini. Mulai dari pembagian tugas yang bisa menyertakan berbagai resources, penugasan kuis atau ujian yang bisa dilakukan secara online, pengelolaan nilai siswa apabila telah mengumpulkan tugas dan masih banyak lagi.

Bagi siswa Edmodo akan membantu untuk lebih disiplin dan kolektif dalam pembelajaran sebab biasanya pemberian tugas yang diberikan oleh pengajar diberikan tenggat waktunya. Selain itu, di Edmodo guru maupun siswa dari satu sekolah dan sekolah lainnya dapat saling berkomunikasi, berdiskusi, dan belajar bersama.

Seperti sosial media bagi para pegiat pendidikan, Edmodo membantu siswa berkomunikasi dengan siswa lain meskipun berbeda daerah bahkan negara. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di mana ada wadah berbagi dan berdiskusi sehingga wawasan yang dimiliki semakin luas.

Sejarah Edmodo
Edmodo didirikan oleh Nic Borg dan Jeff O'Hara pada tahun 2008. Hal ini didukung oleh Index Ventures, Benchmark, Greylock Partners, Learn Capital, New Enterprise Associates, Union Square Ventures, Glynn Capital Management, Tenaya Capital, SingTel Innov8, dan KDDI.

Pada Agustus 2016 Edmodo diklaim memiliki lebih dari 66.900.000 pengguna di seluruh dunia. Pada bulan Maret 2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu "32 Alat Pendidikan Daring Paling Inovatif". Tidak mengherankan kalau Edmodo sekarang menjadi pemimpin di dunia sebagai jaringan pembelajaran sosial

Fitur Edmodo
Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Berikut beberapa fitur yang ada pada Edmodo di antaranya,
1. Assignment
Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline dan fitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru.

Selain itu, kiriman Assignment juga terdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka. Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook.

2. File and Links
Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.

3. Quiz
Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yang akan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis.

Perhitungan skor pada setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.

4. Polling
Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran.

5. Gradebook
Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukan berdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz. Penilaian pada gradebook dapat di-export menjadi file.csv.

Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa. Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem.

Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

6. Library
Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.

Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.

7. Award Badges
Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepada siswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreativitas guru dalam memberikan penghargaan.

8. Parents Codes
Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantau aktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas.
 
Keunggulan Edmodo
Edmodo memberikan keunggulan yang sangat banyak yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Beberapa  keunggulan di antaranya membantu manajemen pembelajaran, layanan komunikasi antar siswa maupun murid, dan masih banyak lagi.
1. Komunitas Edmodo
Komunitas yang bisa diikuti sebagai pendidik luar biasa. Mereka bekerja sebagai forum diskusi terbuka di mana para guru dapat berbagi sumber daya, bertanya / menjawab pertanyaan dan belajar dari kolega. Di sini biasanya pengguna atau pengajar dapat mendengar tentang di mana orang-orang dalam perjalanan mereka mengajar dan saling menawarkan saran.

2. Kebebasan yang dimiliki Murid
Keunggulan lainnya, membangun kemandirian pada siswa karena mereka bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan. Ini adalah keterampilan yang hebat bagi mereka untuk belajar, terutama di lingkungan yang aman.

Penting bagi siswa untuk menjadi mandiri karena di tahun-tahun mendatang mereka akan berada di situs media sosial lainnya. Menjadi bagian dari kelompok Edmodo mengajarkan para siswa keterampilan menggunakan media sosial dengan tepat.

3. Kegiatan Sekolah Menjadi Efisien
Para pengajar sangat suka jika siswa dapat mengakses akun Edmodo mereka dari sekolah dan dari rumah yang memungkinkan mereka untuk mempersiapkan acara, tugas, atau tugas yang akan datang ketika mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Hal ini juga memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan guru mereka (langsung) atau mengajukan pertanyaan dari rekan-rekan mereka (di dinding publik) ketika mengerjakan tugas-tugas di rumah.

4. Dapat Berbagi Sumber Belajar
Pengajar dapat berbagai sumber materi dengan siswanya di Edmodo, termasuk di situs web, klip YouTube yang disematkan, tautan tugas terbalik (EduCreations, dll), file, dokumen, dan gambar. Dengan begini maka proses pembelajaran menghemat kertas dan menunjukkan kepada siswa berbagai sumber daya yang solid tanpa mereka perlu  mencarinya di Google.

Sehubungan dengan klip YouTube, klip itu sendiri diputar dan tidak ada iklan atau video yang direkomendasikan yang muncul, seperti yang terjadi di situs web YouTube. Ini membuat pengajar merasa nyaman bahwa siswanya hanya akan melihat item yang sesuai untuk mereka dan tidak terganggu oleh klip lain.

5. Konektivitas Bagi Para Pengajar
Memiliki akun guru di Edmodo memungkinkan para pengajar atau pendidik terhubung dengan pendidik lain dari seluruh dunia. Seorang pengajar dapat mengirim catatan ke pendidik lain, menanyakan atau berbagi ide dengan mereka melalui salah satu koneksi ini pengajar dapat menghubungi sekolah di AS yang juga memiliki pengaturan kontemporer. Tentu hal ini memberikan dapat positif yang kolaboratif antar pengajar di berbagai sekolah.

Manfaat Edmodo
Edmodo mempunyai beberapa manfaat dalam pembelajaran di antaranya,
1. Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para guru dan murid.
2. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
3. Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.
4. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
5. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
6. Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
7. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Edmodo: Pengertian, Sejarah, Fitur, Keunggulan, dan Manfaatnya"