Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CBT (Computer Based Test): Pengertian, Bentuk, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian CBT atau Computer Based Test
CBT (Computer Based Test)
Pengertian CBT (Computer Based Test)
CBT (Computer Based Test) atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan media komputer. Mulai dari pembuatan hingga pelaksanaannya dilakukan dalam sistem komputerisasi, biasanya paket soal yang disediakan terdiri dari beberapa paket soal yang berbeda sehingga siswa akan diberi soal secara acak dengan teman lainnya.

Bentuk CBT (Computer Based Test)
Beberapa bentuk CBT (Computer Based Test) berdasarkan pendapat Batram di antaranya,
1. Terbuka (Open Mode). Dapat diikuti oleh siapapun dan tanpa pengawasan siapapun misalnya tes terbuka yang tersedia di internet.
2. Terkontrol (Controlled Mode). Tes ini hampir sama dengan Tes Terbuka. Tanpa pengawasan. Hanya saja tes ini dilakukan oleh peserta yang telah terdaftar. Peserta memiliki username dan password masing-masing untuk masuk ke halaman tes.
3. Supervised Mode. Terdapat supervisor dalam bentuk CBT ini. Supervisor ini bertugas mengidentifikasi peserta. Administrator berperan me-login-kan peserta agar bisa mengikuti dan menyelesaikan tes.
4. Managed Mode. Sedangkan bentuk CBT Managed Mode ini dilakukan secara terpusat. Pihak yang mengatur penyelenggaraan tes berperan mengatur tes dan melatih kemampuan staf agar mampu mengontrol jalannya tes.

Kelebihan CBT (Computer Based Test)
Keuntungan menggunakan CBT (Computer Based Test) menurut Bridgman di antaranya,
1. Pengajar dapat mempersiapkan materi secara berkualitas sebagai bahan tes
2. Proses administrasi tes akan standar
3. Dapat memonitor motivasi mahasiswa

Sedangkan menurut Bodman dan Robinson di antaranya,
1. Memberikan kesempatan untuk mengukur berbagai hal yang kompleks terkait dengan pengetahuan dan kemampuan bernalar yang tidak mungkin dilihat dalam metode tradisional
2. Hubungan antara observasi dan interpretasi melalui CBT membuatnya mungkin untuk menilai dan menginterpretasi berbagai aspek dari performansi mahasiswa dalam range yang lebar dari tugas yang mengukur kemampuan kognitif dan membandingkan hasilnya melalui profil yang telah diinterpretasi

Selain kelebihan-kelebihan di atas, CBT ternyata masih mempunyai kelebihan lain di antaranya,
1. Mendorong Penyesuaian Diri Dengan Perkembangan Teknologi
Teknologi terus berkembang dan justru semakin canggih. Tidak menutup kemungkinan di masa depan, penggunaan kertas sangat berkurang. CBT mendorong manusia untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

2. Hemat Biaya Atau Anggaran
Metode PBT cukup menguras kantong. Untuk mengadakan PBT, diperlukan biaya untuk mencetak lembar soal dan lembar jawaban. Jumlahnya terbilang banyak karena menyesuaikan dengan jumlah peserta tes. Ibaratnya dengan satu komputer, penyelenggara tes bisa mengadakan berkali-kali tes. Lembar soal dan lembar jawaban cukup dilihat melalui komputer.

3. Hemat Waktu
Selain hemat biaya, CBT juga hemat waktu baik untuk peserta maupun penyelenggara tes. Saat mengadakan tes atau ujian, kita tidak perlu menyediakan kertas dan alat tulis. Sehingga persiapan tes tidak memakan banyak waktu. Untuk itu, penggunaan waktu lebih efisien. Ditambah lagi hasil tes bisa diketahui dengan cepat.

4. Hasil Tes Lebih Akurat
Hasil tes lebih akurat karena sistem komputer meminimalisir kesalahan manusia (human error). Pemeriksaan dan penghitungan lembar jawaban peserta dilakukan oleh sistem komputer. Sehingga kesalahan dalam penghitungan sangat minim terjadi. Selain itu hasil tes bisa diketahui lebih cepat.

5. Memudahkan Peserta Tes
Peserta tes dengan metode CBT tidak perlu pusing mempersiapkan alat tulis seperti pena/pensil, penghapus, dan papan untuk kertas jawaban. Peserta cukup datang ke lokasi tes. Lantas membaca soal dan menjawab pertanyaan di komputer.

6. Ramah Lingkungan
CBT tidak menggunakan kertas. Artinya metode ini jauh lebih ramah lingkungan daripada metode PBT. Bahan pembuatan kertas adalah pohon. Bila penggunaan kertas banyak maka semakin banyak pula pohon yang harus ditebang. Kabar baiknya, metode CBT meminimalisir penggunaan kertas sehingga jauh lebih ramah lingkungan.

Kekurangan CBT (Computer Based Test)
Terdapat kekurangan-kekurangan di dalam metode CBT di antaranya,
1. Peserta harus bisa mengoperasikan komputer karena CBT hanya bisa digunakan melalui komputer
2. Bila peserta terbiasa menggunakan komputer, waktu pengerjaan bisa memakan waktu lama dan besar kemungkinan peserta tidak bisa menjawab soal dengan maksimal karena kehabisan waktu
3. Perangkat komputer harus disediakan dan dalam kondisi baik agar menunjang pengerjaan soal. Mengurangi masalah teknis saat mengerjakan tes.
4. Perlu aplikasi atau software tertentu sehingga komputer bisa digunakan untuk CBT

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "CBT (Computer Based Test): Pengertian, Bentuk, Kelebihan, dan Kekurangannya"