Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Android Developer: Pengertian, Job Deskripsi, Keahlian, dan Tugasnya

Pengertian Android Developer
Android Developer
Pengertian Android Developer
Android Developer adalah salah satu pekerjaan di bidang IT terkait dengan pengembangan aplikasi berbasis mobile. Android Developer bertanggung jawab mengembangkan dan membangun perangkat lunak berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android. Fokus utama mereka adalah membangun aplikasi yang dapat dikembangkan pada perangkat Android dalam berbagai tipe atau jenis smartphone.
 
Job Deskripsi Android Developer
Android developer memiliki job deskripsi di antaranya,
1. Membuat desain terkait aplikasi yang canggih untuk platform Android.
2. Melakukan pekerjaan berdasarkan dengan sumber data eksternal dan API.
3. Mengetes kode unit yang ada untuk ketahanan, termasuk keandalan umum serta kegunaan.
4. Melakukan evaluasi dan penyelesaian bug serta meningkatkan kinerja dari aplikasi yang dirancang.
5. Untuk memaksimalkan efisiensi pengembangan aplikasi dilakukan dengan menerapkan teknologi baru.
6. Melakukan penerjemahan baik desain maupun wireframes ke dalam kode dengan kualitas yang paling baik
7. Memastikan kinerja yang baik dari aplikasi tersebut, dilihat dari kualitasnya maupun respons yang muncul.
 
Selain itu, android developer juga harus membantu merahasiakan kode (menjaga kualitasnya), organisasi, serta otomatisasi.

Keahlian Android Developer
Untuk menjadi seorang pengembang aplikasi Android harus menguasai beberapa skill berikut di antaranya,
1. Bahasa Pemrograman Android
Saat ini ada dua jenis bahasa yang paling sering digunakan untuk membangun sebuah aplikasi Android yaitu Kotlin dan Java. Java termasuk bahasa lama dan lebih lengkap dari sisi library serta dokumentasi. Sementara Kotlin, termasuk bahasa pemrograman baru yang menawarkan struktur program sangat ringkas.

2. Android SDK
SDK merupakan sekumpulan software yang dipakai untuk proses pengembangan aplikasi supaya dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Dengan menguasai Android SDK, Anda dapat menggunakan sample code, dokumentasi, emulator, software libraries, serta debugger selama proses Android software development.

3. Mampu Menggunakan API
Beberapa aplikasi di Android sangat kompleks dan mengandung konten yang terdapat di aplikasi lain. Seorang Android App Developer dituntut untuk memiliki kemampuan menggunakan berbagai jenis API agar lebih efektif dalam membangun aplikasi. API juga dapat membuat aplikasi bekerja dengan lebih smooth.

4. Pemahaman Akan Arsitektur dan Framework
Seseorang bisa bekerja dengan baik apabila mengetahui apa yang sedang dikerjakannya. Hal ini juga berlaku untuk Android App Developer atau Mobile App Developer pada umumnya. Mereka harus benar-benar memahami arsitektur aplikasi.
 
Sementara pemahaman akan framework akan membantu developer untuk membangun aplikasi dengan lebih cepat. Karena di dalam framework sudah terdapat rangkaian fungsi dan perintah-perintah umum yang siap pakai.  

5. Desain UI/UX
User interface atau (UI) dan user experience (UX) adalah dua hal berbeda namun tidak dapat dipisahkan. Pemahaman akan desain UI dan UX akan membantu developer menciptakan sebuah aplikasi yang mampu menjawab kebutuhan user serta mudah digunakan.

6. Siap dengan Kultur Kerja di Mobile App Development
Seorang Android Developer dituntut untuk mampu menyelesaikan segala permasalahan yang muncul di sepanjang pembangunan aplikasi, misalnya bug atau error. Developer juga harus siap dengan perubahan tren yang akan terus terjadi di masa mendatang.

Tugas Android Developer
Tugas yang dimiliki mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan di antaranya,
1. Dapat membangun dan merancang aplikasi Android untuk digunakan pada perangkat mobile
Pertama, Anda memiliki tugas untuk berfokus dalam merancang dan mendesain tampilan awal aplikasi, hingga proses perilisan aplikasi kepada customer. Anda harus bertanggung jawab terkait pengerjaan software yang dilakukan. Untuk hal ini, Anda perlu memiliki kemampuan dan skill khusus yang berkaitan dengan dunia pemrograman.

2. Dapat bekerja secara kolaborasi dengan tim
Kedua, untuk mengembangkan produk aplikasi mobile dengan hasil yang terbaik, tentu membutuhkan sumber daya yang cukup besar. Sehingga, perlu adanya kerjasama antar Android Developer untuk mengatasi hal tersebut.

Bekerja secara tim memberikan banyak manfaat, seperti proses pengerjaan dapat dilakukan lebih cepat, koordinasi antar developer menjadi lebih mudah dan proses pengerjaan dapat dilakukan sesuai dengan bidang masing – masing.

3. Mampu untuk mengatasi berbagai kesalahan atau bug pada aplikasi
Seorang developer juga dituntut untuk mampu mengatasi berbagai kesalahan yang terjadi pada aplikasi Android. Sehingga, ketika produk telah sampai kepada user, tidak timbul berbagai masalah untuk kedepannya.

4. Mampu menerapkan konsep penggunaan sumber data eksternal dan API
Selanjutnya, mampu untuk menerapkan berbagai fitur tambahan atau pendukung aplikasi pada perangkat mobile Android. Yaitu, dengan menguasai sumber data eksternal, dan juga API.  

5. Memiliki konsep, ide, dan terobosan terbaru seputar pengembangan perangkat lunak
Seorang programmer juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dan zaman yang terus menerus berubah. Di dalam pengembangan aplikasi berbasis Android selalu mengalami perubahan, baik dari segi tampilan, fitur, dan konten yang disajikan pada aplikasi.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Android Developer: Pengertian, Job Deskripsi, Keahlian, dan Tugasnya"