Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Android Emulator: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Contohnya

Pengertian Android Emulator untuk Gaming
Android Emulator
Pengertian Android Emulator
Android emulator adalah software yang dipasang pada perangkat komputer ataupun laptop dengan tujuan untuk membuka dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya hanya bisa diakses dengan menggunakan perangkat gadget berbasis Android. Saat ini, android emulator sering digunakan dalam bermain game di mana emulator yang memiliki sistem operasi iOS atau Android di PC lebih diminati.

Bermain game merupakan alasan populer untuk menggunakan emulator android tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menjalankan aplikasi apa pun yang tersedia di Google Play Store. Menggunakan salah satu emulator memungkinkan gamer bermain Game Android di PC dan memungkinkan penguji mengembangkan dan menguji aplikasi Android secara real-time.

Manfaat Android Emulator
1. Kualitas grafis yang lebih baik dan FPS tinggi.
2. Fitur tambahan yang tidak dimiliki ponsel Android asli.
3. Lebih hemat biaya karena Anda tidak perlu membeli ponsel terbaru untuk menikmati pengalamannya.
4. Anda dapat bermain lebih baik di sebagian besar game karena Anda dapat menggunakan ponsel, dan keyboard.
5. Dengan PC yang tangguh, streaming di Youtube dan Twitch menjadi lebih lancar.

Cara Kerja Emulator Android
Perlu diperhatikan juga, emulator tersebut tidak sepenuhnya bebas bug dan mungkin akan tertinggal dari waktu ke waktu. Selain itu, kinerja pemutar aplikasi ini akan didasarkan pada spesifikasi PC Anda. Emulator Android bekerja berdasarkan prinsip virtualisasi platform untuk perangkat keras dan perangkat lunak.

Emulator Android yang disertakan dengan Software Development Kit (SDK) menggunakan Quick Emulator (QEMU) untuk mengemulasi Central Processing Unit (CPU) Advanced RISC Machine (ARM) dengan cepat. Karena ini lambat, ada juga opsi untuk menyediakan mesin virtual, tetapi citra sistem harus x86.

Emulator menyediakan OS Android dengan perangkat keras yang ditiru yang diarahkan ke sistem host. Ini memiliki profil perangkat keras yang merupakan target asli yang dibangun ke dalam Android Open Source Project (AOSP). Membangun (AOSP) membuat emulator dan citra sistem yang berjalan di dalamnya.

Contoh Android Emulator
Terdapat beberapa emulator teratas untuk PC yang dapat dijadikan referensi di antaranya,
1. Andy
Emulator Andy untuk Windows menempatkan Android Nougat di komputer Anda. Anda dapat menjalankan game dan aplikasi lain dengan menginstalnya melalui Google Play Store. Karena ini adalah emulator Android lengkap, Anda juga dapat memposisikan ulang aplikasi di layar beranda dan memasang widget, seperti yang dapat Anda lakukan di perangkat Android asli. Andy bekerja di Windows 11, 10, 8, dan 7; Ubuntu 14.04 dan yang lebih baru Mac OS X 10.8.
Andy Android Emulator PC
Andy Android Emulator PC

2. Remix OS Player
Remix OS adalah sistem operasi berbasis Android 6.0 Marshmallow, sehingga terlihat seperti OS biasa Anda dengan area desktop, menu mulai, bilah tugas, dan tempat sampah. Namun, alih-alih menginstal seluruh Remix OS, Anda dapat menggunakan emulator Remix OS Player untuk menjalankan aplikasi Android di komputer Anda.

Perangkat lunak ini digambarkan sebagai emulator game untuk komputer Anda karena memungkinkan Anda menyesuaikan beberapa pintasan yang biasanya digunakan untuk menavigasi game, tetapi Anda juga dapat menggunakan Remix OS Player untuk aplikasi lain, seperti Snapchat, Facebook, dll. semuanya tersedia melalui Play Store.

3. Nox Player
Berdasarkan Android 5.1.1 Lollipop, NoxPlayer adalah emulator Android gratis yang dibuat dengan mempertimbangkan game. Google Play dibangun untuk akses mudah ke game dan aplikasi lain, dan Anda mendapatkan seluruh pengalaman Android, termasuk layar beranda, folder, pusat notifikasi, dll.

Hampir setiap opsi di emulator ini membuat bermain game lebih mudah. Misalnya, Anda dapat merekam makro, menentukan kunci untuk hal-hal seperti beberapa serangan dan tembakan senjata, menyesuaikan pengaturan FPS, merekam layar, dan mengambil tangkapan layar, dll. Nox Player dapat di Instal di Windows 11, 10, 8, 7, Vista, atau XP dan ada juga versi Mac.

4. Android Studio
Android Studio mungkin yang Anda sebut sebagai emulator Android “resmi”, karena berasal dari Google. Namun, inti dari program ini dimaksudkan untuk pengembangan dan pengujian aplikasi, kebetulan ada emulator bawaan juga. Program ini tidak memiliki antarmuka yang mudah digunakan seperti emulator lain dalam daftar ini, jadi ini bukan yang terbaik jika Anda hanya ingin menjalankan beberapa aplikasi Android di komputer Anda.

Namun, jika Anda berencana untuk membuat aplikasi Anda sendiri, dan Anda menginginkan cara mudah untuk mengujinya selama proses pembuatan, mungkin hanya ini yang Anda butuhkan. Emulator Android Studio berfungsi di Windows 11, 10, 8, Mac 12, 11, 10.15, 10.14, dan Linux Gnome, KDE, Unity DE.

5. Genymotion
Emulator Android gratis lainnya untuk Windows adalah Genymotion. Ini sangat mirip dengan emulator Android Studio karena mengemulasi seluruh OS, kecuali yang ini tidak menginstal semua alat pengembang lainnya. Emulator Android gratis ini dapat menjalankan Android versi modern, tidak hanya yang lama seperti beberapa emulator ini. Cara kerjanya adalah Anda menginstal perangkat virtual dengan memilih versi Android yang Anda inginkan dan model perangkat yang harus menjalankan versi Android tersebut.

Anda dapat menggunakan Genymotion secara gratis hanya jika itu untuk penggunaan pribadi. jika tidak, ada tiga edisi berbayarnya. Untuk memulai, buat akun pengguna, aktifkan melalui tautan yang mereka kirim ke email Anda, lalu unduh perangkat lunaknya. Genymotion berjalan pada versi 64-bit Windows 11, 10, dan 8. Genymotion juga tersedia untuk mac OS 11, 10.15, 10.14, dan 10.13, dan Ubuntu 20.04LTS, Debian 9+, dan Fedora 30+ 64bit.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA

Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Android Emulator: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Contohnya"