Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Faktor, Jenis, dan Klasifikasinya

Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Faktor, Jenis, dan Klasifikasinya


A. Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah suatu konsep tentang perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu komputer. Arsitektur komputer juga dapat diartikan sebagai ilmu tentang bagaimana merancang antara berbagai jenis komponen hardware komputer supaya menghasilkan suatu komputer yang serbaguna untuk berbagai keperluan.

Kebanyakan komputer yang beredar menggunakan arsitektur yang dibuat oleh John Von Neumann pada tahun 1903-1957. Arsitektur komputer saat ini dibagi menjadi 4 bagian utama di antaranya,
1. Arithmetic Logic Unit (ALU)
2. Control Unit
3. Memory
4. Input and Output

Evolusi pengertian arsitektur komputer di antaranya,
1. Tahun 1950 – 1960 : Arsitektur komputer didefinisikan sebagai komputer aritmatik atau kalkulator yang dibuat untuk menghitung persamaan matematis pada masa itu.
2. Tahun 1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur komputer merupakan suatu desain instruksi untuk suatu compiler
3. Tahun 1990 : Arsitektur komputer yakni bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multiprocessor dan network komputer
4. Tahun 2010 : Pengertian Arsitektur Komputer yakni sebuah sistem yang mampu beradaptasi secara mandiri dengan struktur yang secara mandiri pula dapat mengorganisasi.

B. Fungsi Arsitektur Komputer
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari arsitektur komputer di antaranya,
1. Perbaiki komputer Anda dengan mudah. Ilmu arsitek-tur komputer akan memudahkan programmer dalam memperbaiki komputer yang rusak. Desain awal yang diketahui programmer akan memberikan informasi tentang bagian yang rusak tanpa perlu dibongkar lebih lanjut.
2. Tingkatkan penggunaan prosesor. Biasanya hanya dibutuhkan satu prosesor pada sebuah komputer, namun dalam arsitek-tur komputer, sebuah komputer dapat menggunakan 3 prosesor. Oleh karena itu, akan menambah beban kerja komputer.
3. Tingkatkan pengguna. Umumnya sebuah komputer hanya dapat digunakan oleh satu pengguna. Arsitek-tur komputer akan berperan dalam penggandaan jumlah pengguna komputer. Salah satu konsep arsitek-tur komputer yang terus digunakan adalah server-client.
4. Pastikan kelancaran komponen. Arsitek-tur komputer adalah keseluruhan komponen yang saling berhubungan. Untuk itulah, arsitek-tur komputer dapat memastikan bahwa semua komponen dapat beroperasi secara normal.
5. Memberikan gambaran tentang aplikasi yang akan dibuat. Perkembangan aplikasi dipengaruhi oleh arsitek-tur komputer. Arsitek-tur komputer sangat membantu programmer (terminologi programmer) dalam membuat aplikasi atau perangkat lunak baru yang dibutuhkan.

C. Faktor Arsitektur Komputer
Dalam membuat arsitektur komputer yang handal, terdapat beberapa faktor yang berpengaruh besar terhadap arsitektur komputer dua antaranya,
1. Manfaat dari arsitektur komputer
Ada 4 manfaat besar dari arsitektur komputer yaitu applicability, malleability, expandability dan compatible.

2. Kinerja sistem
Untuk mengukur seberapa bagus kinerja sistem, ada beberapa program yang dijadikan standar dalam pengukuran kinerja komputer di antaranya,
a. MIPS (Million Instruction Per Second)
b. MFLOP (Million Floating Point Per Second)
c. VUP (VAZ Unit of Performance)

Ukuran kinerja untuk Input Output sistem:
a. Sistem Operasi Bandwidth
b. Operasi Input Output perdetik

Ukuran kinerja untuk memory komputer:
a. Memory bandwidth
b. Waktu akses memory
c. Ukuran besar memory

3. Biaya sistem
Faktor yang ketiga adalah mengenai biaya sistem yang bisa diukur dengan beberapa cara berikut di antaranya,
a. Reabilitas komputer
b. Kemudahan dalam perbaikan
c. Komsumsi daya listrik
d. Berat hardware
e. Kekebalan
f. Interface sistem software

D. Jenis Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer tidak hanya ada satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis arsitek komputer yang ada di dunia ini di antaranya,
1. Komputer MISD, adalah kepanjangan dari Multiple Instruction Single Data merupakan jenis arsitek komputer di mana memiliki fungsi dalam melakukan eksekusi data yang bisa diproses oleh processor yang berbeda-beda. Jika dilihat secara struktur, komputer MISD tidak ada beda jauh dengan komputer SISD, hanya saja perbedaannya dari processor yang digunakan lebih dari satu unit.
2. Komputer MIMD, adalah kepanjangan dari Multiple Instruction Multiple Data. Komputer MIMD adalah komputer yang memiliki beberapa processor yang diatur secara parallel dengan menggunakan unit pengontrol. Selain itu dalam menjalankan perintah bisa dijalankan meskipun berbeda-beda perintahnya. MIMD ini termasuk komputer yang bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja processor yang tinggi.
3. Komputer SISD (Single Instruction Single Data), adalah jenis arsitek komputer buatan dari Von Neumann dengan ciri khas processor yang digunakan hanya satu buah saja. Komputer ini bekerja dengan skema aritmatika dan logika, di mana semua dilakukan dengan satu perhitungan saja. Sebab saat terjadi instruksi, sistem yang ada di komputer akan membaca sekali saja kemudian melakukan apa instruksi tersebut. Contohnya bisa ditemui pada komputer mini dan PC.
4. Komputer SIMD (Single Intruction Multiple Data), yaitu jenis komputer yang dibuat secara parallel. Jadi komputer ini bisa mengendalikan banyak processor dari satu sistem kendali saja. Contohnya adalah ILC, Star-100, DRAY-1.

E. Klasifikasi Arsitektur Komputer
Klasifikasi Komputer Menurut Von Neumann
1. Memiliki hardware dasar yaitu CPU, Memori dan Input Output sistem.
2. Komputer merupakan stored program.
3. Bisa menjalankan instruksi secara berurutan.
4. Memiliki jalur (bus) yang letaknya di antara memory dan CPU.

Klasifikasi Komputer Menurut Flyyn
1. Jumlah prosesor yang digunakan.
2. Struktur memory.
3. Jumlah program yang bisa dijalankan.

Klasifikasi arsitektur komputer lainnya
1. Mesin Von Neumann.
2. Standar Mesin Von Neumann.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Faktor, Jenis, dan Klasifikasinya"