Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dropbox, Fungsi, Fitur, Jenis, dan Keunggulannya

Pengertian Dropbox, Fungsi, Fitur, Jenis, dan Keunggulannya


A. Pengertian Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan yang cloud yang memudahkan penggunanya untuk menyimpan file secara online dan melakukan sinkronisasi ke perangkat. Melalui dropbox Anda dapat menyalin file ke cloud dan mengaksesnya nanti atau di mana saja, bahkan jika Anda mengaksesnya dari perangkat yang berbeda. Dropbox juga dimanfaatkan untuk kegiatan berbagi file. Dropbox menjamin data-data Anda aman sekalipun perangkat Anda hilang atau rusak.

Data dan informasi yang biasanya tersimpan di Dropbox ada dalam bentuk gambar, video, dokumen, aplikasi dan program. Setelah transfer data selesai, Dropbox akan membuat dan menyimpan semua file di cloud dan mencadangkan datanya sehingga Anda dapat membukanya kembali saat dibutuhkan. Aplikasi ini juga menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Pada tahun 2011, Dropbox meluncurkan Dropbox For Teams, sebuah layanan dari Dropbox. Khusus untuk mereka yang membutuhkan layanan untuk mengontrol manajemen, penagihan terpusat, dan grup bisnis atau grup besar lainnya dengan kebutuhan yang sangat detail dan kompleks. Dropbox For Teams tersedia di situs web Dropbox dengan harga yang berbeda dari paket Dropbox lainnya.

B. Fungsi Dropbox
Selain untuk menyimpan  data dan sharing file, dropbox memiliki ragam fungsi lainnya di antaranya,
1. Mencadangkan Foto di Smartphone
Kabar baik bagi Anda yang hobi melakukan swafoto atau berbagai aktivitas fotografi lainnya. Dengan mengunduh aplikasi dropbox Anda tidak perlu khawatir jika foto-foto favorit Anda hilang karena ponsel rusak atau hilang. Layanan dropbox secara otomatis mampu mencadangkan foto-foto yang ada di gadget Anda, bahkan akan ditata secara otomatis berdasarkan tanggal. Anda dapat mengaksesnya kembali melalui perangkat lain dengan mengunduh aplikasi dropbox terlebih dahulu.

2. Berbagi Video dengan Cepat ke Tujuan yang Tidak Memiliki Layanan Dropbox
Dengan layanan dropbox Anda dapat melakukan kegiatan berbagi video ke siapa saja, sekalipun teman Anda tidak memiliki layanan dropbox. Video yang Anda coba bagi dari Dropbox Anda bisa Anda kirimkan lewat email, aplikasi chat bahkan sms.

3. Menjamin Keamanan Data
Mengunduh layanan dropbox sangat menguntungkan terutama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ponsel hilang atau rusak. Data -data yang ada pada ponsel tersebut tidak serta merta ikut menghilang karena secara otomatis sudah terbackup oleh dropbox. Dengan kata lain, dropbox menjamin 100% keamanan data-data penting Anda.

4. Memungkinkan Anda Mengerjakan Tugas Bersama-sama
Anda dapat mengerjakan suatu tugas bersama-sama dengan memanfaatkan layanan dropbox. Caranya Anda dapat membuat suatu folder bersama yang bisa diisi orang-orang yang terlibat di dalam isi folder tersebut. Kemudian Anda bisa mengedit dan mengubah dokumen secara bersama-sama tanpa perlu repot bolak-balik berkirim email. Ketika dokumen tersebut diedit bersamaan maka setiap orang akan mendapatkan perubahannya secara otomatis.

C. Fitur Dropbox
1. Simpan dan lindungi file
Anda dapat menjelajahi banyak hal di Dropbox, tetapi layanan ini lebih umum digunakan untuk menyimpan, berbagi, dan melindungi data pengguna. Walaupun penyimpanan ini berbentuk cloud online, data dan informasi serta file Anda akan tetap aman. Karena Anda memerlukan username dan password pribadi untuk membukanya, sehingga Anda dapat menghindari kerusakan saat menyimpannya di perangkat keras.

2. Kemampuan untuk membawa dan membuka data di mana saja
Model perangkat penyimpanan yang lebih lama mengharuskan Anda membawa hard drive kecil atau pen drive, yang tidak lagi berlaku saat ini. Selain risiko kerusakan, kerusakan, dan kehilangan data, cara penyimpanan lama ini juga memiliki keterbatasan penyimpanan. Inilah mengapa Drop-box berkomitmen untuk meminimalkan kemungkinan kerusakan perangkat keras.

Belum lagi kemudahan mengakses data dari koneksi internet, mengingat Anda bisa langsung menyimpan dan mengakses file. Mendownload file baru, berbagi file, dan mengatur file yang sudah ada, smartphone Anda akan terasa lebih ringkas, praktis dan efisien.

3. Bagikan video dan file
File format video biasanya berukuran besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Layanan ini dapat digunakan melalui Drop-box, karena aplikasi memberikan kemudahan berbagi, mengirim, dan mengunduh video yang benar-benar berbeda dari layanan lainnya. Pengguna juga dapat memilih penerima yang ingin dibagikan, sehingga kerahasiaan akses bersama akan terjamin.

4. Kemampuan pencadangan data
Dibandingkan dengan penyimpanan tradisional, fitur atau opsi ini merupakan faktor yang paling menarik bagi Drop-box. Anda dapat mencadangkan foto, video, dokumen, dan apa pun yang berharga dan penting bagi Anda. Selain itu, Anda dapat mengatur file sesuai keinginan Anda.

5. Berbagi dan bekerja sama
Drop-box tidak hanya dapat menyimpan file dan data pribadi, tetapi juga memiliki fitur dan opsi yang memungkinkan dan mengakomodasi penggunanya untuk mengerjakan proyek atau dokumen secara bersama-sama. Fungsi kompleks ini dapat menghubungkan beberapa pengguna untuk mengakses file yang sama pada saat yang sama tanpa khawatir tentang kesalahan atau konflik data.

6. Keamanan yang lebih baik
Karena menggunakan nama pengguna dan kata sandi, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan dan kehilangan data. Menggunakan program khusus yang dirancang untuk melindungi jutaan file pengguna dan jaminan keamanan, malware akan menyebar di semua file yang ada.

D. Jenis Dropbox
Pada dasarnya Dropbox mempunyai banyak paket dan paket gratis 2GB adalah paket basic atau dasar yang banyak digunakan pengguna yang tidak terlalu banyak memerlukan storage besar, tapi Dropbox sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis di antaranya,
1. Dropbox Individual
Layanan jenis ini lebih sering dipakai bagi pengguna individu yang terbagi dalam dua paket tersendiri yaitu Dropbox Plus dengan harga mulai 9,99 Dollar per bulan yang mempunyai storage sebesar 2 TB dan Dropbox Professional dengan harga 16,59 Dollar per bulan yang memberikan penggunanya storage sebanyak 3 TB

2. Dropbox Business
Paket jenis ini akan lebih sesuai bagi Anda yang mempunyai usaha atau perusahaan dengan jumlah pekerja yang banyak yang mengharuskan Anda menyimpan file dalam jumlah besar terus menerus. Paket ini dibagi tiga, yaitu Standard seharga 12,50 Dollar per bulan dan penyimpanan 5 TB, Advance dengan harga  20 dollar dan Enterprise dengan harga yang bisa dirundingkan. Kedua paket terakhir tadi menawarkan storage penyimpanan mengikut kemauan penggunanya.

E. Keunggulan Dropbox
Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya dan para pesaingnya, Dropbox berani menawarkan fitur dan akses yang relatif besar serta banyak dengan penggunaan sistem operasi yang tidak ditentukan dan bervariasi baik bagi pengguna mobile maupun pengguna desktop atau laptop. Dropbox juga menyediakan berbagai versi untuk beragam sistem operasi yang ada termasuk pengguna Microsoft Windows, Mac OS X, dan juga Linux.

Sedangkan jika Anda menggunakan perangkat mobile, maka Anda dapat mengunduh Dropbox jika Anda menggunakan sistem operasi Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS serta Blackberry dengan klien yang berbasi web. Dropbox menggunakan beberapa paket dan model seperti finansial Premium juga layanan gratisnya yang menyediakan 2 GB penggunaan penyimpanan online gratis.

Menariknya, Dropbox akan memberi Anda peningkatan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB jika Anda berhasil menggaet atau menyarankan aplikasi ini kepada pengguna lain yang belum pernah menggunakannya atau pengguna baru. Beberapa kompetitor dan aplikasi yang juga mempunyai layanan seperti Dropbox adalah FilesAnywhere, CloudMe, Egynye, iCloud, Mozy, Ubuntu One dan banyak lagi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Dropbox, Fungsi, Fitur, Jenis, dan Keunggulannya"