Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ad Hoc dan Penggunaannya

Pengertian Ad Hoc dan Penggunaannya


A. Pengertian Ad Hoc Secara Umum

Ad hoc adalah sebuah istilah dari bahasa Latin yang populer dipakai dalam bidang keorganisasian atau penelitian. Istilah ini memiliki arti "dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja" atau sesuatu yang "diimprovisasi". Kata “Ad Hoc” sering digunakan dalam bidang hukum, organisasi, teknologi, maupun sosial. Jadi, definisi Ad Hoc bisa berbeda-beda, tergantung apa konteks yang sedang dibicarakan.

Pada umumnya Ad hoc menerangkan suatu panitia/organisasi yang dibentuk untuk jangka waktu tertentu dalam rangka menjalankan atau melaksanakan program khusus. Panitia Ad hoc biasanya dibentuk untuk mempersiapkan pendirian suatu badan atau organisasi yang sangat memerlukan penanganan panitia khusus tadi. Mungkin juga panitia khusus ini dibentuk untuk segera menyelesaikan suatu masalah yang ada dalam suatu organisasi atau suatu persidangan.

B. Penggunaan Istilah Ad Hoc
1. Dalam Hukum
Dalam bidang hukum, Ad Hoc adalah suatu pengadilan yang sifatnya sementara atau tidak permanen yang dibentuk untuk menangani kasus khusus. Pengadilan Ad Hoc banyak dipakai untuk menangani pelanggaran HAM. Pengadilan Ad Hoc dipimpin oleh seorang Hakim Ad Hoc di mana pengadilan Ad Hoc dan Hakim Ad Hoc tersebut sifatnya hanya sementara.

2. Dalam Organisasi
Istilah Ad hoc sangat erat hubungannya dalam kepanitiaan pembentukan organisasi. Panitia Ad hoc dalam organisasi adalah suatu panitia khusus yang dibentuk untuk mempersiapkan pendirian suatu organisasi atau lembaga. Panitia Ad hoc tersebut nantinya akan menangani badan atau organisasi tersebut dan sifatnya sementara.

3. Pada Jaringan
Istilah Ad Hoc juga digunakan dalam bidang teknologi, yaitu jaringan komputer. Pengertian Ad Hoc pada jaringan adalah wireles local area network (WLAN) yang terdiri dari node-node untuk saling berkomunikasi. Pada jaringan Ad hoc, masing-masing node memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima informasi sekaligus berperan sebagai router. Jaringan Ad hoc memungkinkan pengguna perangkat wireless dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan central acces point.

Melalui jaringan Ad hoc pengguna dapat mengirimkan file dari satu perangkat komputer/ smartphone ke perangkat lainnya dengan memanfaatkan wifi. Pada jaringan komputer, ad hoc mengacu pada koneksi jaringan yang dibuat untuk satu tujuan dan tidak memerlukan router. Misalnya, saat Anda ingin berbagi file ke laptop teman, maka Anda bisa mengggunakan jaringan Ad hoc wireless. Jika Anda perlu berbagi file dengan lebih dari satu perangkat, Anda dapat mengatur jaringan ad hoc mutli-hop tanpa router, yang dapat mentransfer data melalui beberapa node.

Pada dasarnya, jaringan ad hoc adalah koneksi jaringan sementara yang dibuat untuk tujuan tertentu (seperti mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain).  Ad hoc termasuk ke dalam satu dari sekian banyak jenis WLAN (Wireless  Local Area Network) yang berisi sekumpulan node agar bisa berkomunikasi atau berbagi antara satu dengan yang lain.

4. Dalam PEMILU
Istilah Ad hoc juga sering digunakan dalam proses penyelenggaraan PEMILU, yaitu pembentukan badan Ad Hoc penyelenggara PEMILU. Pembentukan badan Ad hoc dalam PEMILU tersebut dilakukan untuk mempersiapkan proses PEMILU, mulai dari awal hingga selesai. Hal ini meliputi banyak hal, mulai dari perekrutan anggota hingga pelaksanaannya. Dengan adanya badan Ad hoc maka keberadaan Komisi Pemilihan umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) hanya akan bekerja menjelang tahun PEMILU.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Ad Hoc dan Penggunaannya"