Twibbonize: Pengertian, Fungsi, Aplikasi, Cara Membuat, dan Tipsnya

Pengertian Twibbonize atau Twibbon
Twibbonize (Twibbon)
Pengertian Twibbonize
Twibbonize (Twibbon) adalah bingkai foto digital dengan format PNG yang digunakan untuk membuat foto menjadi lebih menarik. Twibbon berguna untuk memperindah foto dan biasanya digunakan untuk pembuatan promosi. Promosi yang dibuat bisa berbagai macam, baik itu sebuah produk atau social campaign.

Unsur keindahan dalam bentuk bingkai foto ini bukan hanya estetika saja, tetapi untuk menarik perhatian. Semakin indah maka akan lebih menarik banyak orang untuk melihatnya. Dulunya Twibbon dibuat dengan software seperti Photoshop atau Coreldraw.

Perlu keahlian dan kreativitas untuk menciptakan twibbon yang menarik sebelum ditambahkan foto. Namun semakin berkembangnya zaman dan banyak yang membutuhkan bingkai foto menarik ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

Twibbonize merupakan sebuah platform daring yang memfasilitasi segala kebutuhan kampanye dengan cara yang asyik dan menarik. Anda bisa membuat kegiatan, keprihatinan, atau dukungan Anda diketahui oleh masyarakat yang lebih luas.
 
Di Twibbonize, Anda bisa unggah bingkai foto buatan sendiri, tulis caption paling menarik soal kampanye Anda, membagikan informasi terkait kampanye melalui link, embed, menunjukkan file media dan viralkan di media sosial Anda dengan tagar-tagar menarik.
 
Tidak hanya itu, untuk pendukung kampanye, di Twibbonize Anda juga bisa menyuarakan suara Anda dengan mendukung kampanye-kampanye lainnya. Cukup telusuri kolom pencarian dan berikan dukungan sebanyak-banyaknya untuk kampanye favorit Anda.

Fungsi Twibbonize
Saat ini twibbonize memang suatu alternatif yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang dalam melakukan sebuah promosi, entah promosi produk atau yang lainnya. Twibbonize memiliki beberapa fungsi di antaranya,
1. Bisa di gunakan untuk membuat poster.
2. Untuk banner di halaman facebook.
3. Sebagai alat media promosi.
4. Sebagai alat media dukungan.
5. Sebagai banner, poster untuk beberapa acara tertentu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan dibuatnya Twibbonize tidak lain adalah untuk pembuatan banner, poster, dan lainnya yang kemudian nantinya bisa digunakan untuk media promosi dan lain sebagainya.

Aplikasi Untuk Membuat Twibbon
Twibbon merupakan sebuah bingkai foto vector sehingga pembuatannya memerlukan software editing seperti Corel Draw atau Photoshop. Dalam membuat twibbon diperlukan kreativitas dan keahlian. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini sudah ada banyak bingkai foto menarik dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada.

Pembuatan twibbon menggunakan  aplikasi sangat mudah hanya perlu menambahkan foto. Berikut beberapa aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk membuat twibbon di antaranya,
1. PicsArt
Aplikasi pertama adalah aplikasi PicsArt. Untuk menggunakan aplikasi PicsArt dapat diunduh pada Google Play Store. PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang sangat lengkap dan cukup ringan pada smartphone.

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi ini seperti membuat kolase, memberi teks, memberi label, dan sebagainya untuk membuat twibbon. Aplikasi ini memerlukan ukuran penyimpanan memori sebesar 30 MB.

2. Canva
Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Canva. Pada aplikasi Canva ini dapat digunakan pada smartphone baik berupa aplikasi maupun pada website. Jika menggunakan website dapat diakses pada browser. Jika menggunakan smartphone aplikasi dapat diunduh pada Google Play Store. Pengguna perlu melakukan login dengan menggunakan email.

Baik Canva maupun PicsArt terdapat banyak pilihan twibbon yang tersedia. Selain itu, pengguna bahkan bisa merancang desain twibbon sendiri untuk berlatih. Aplikasi ini tergolong aplikasi gratis.

3. Twibbon.com
Sesuai dengan nama di atas, aplikasi ini berbasis web dan dapat diakses dengan menggunakan browser. Untuk mengaksesnya juga diperlukan koneksi internet. Hasil edit yang diberikan juga tidak kalah menarik dari Canva maupun PicsArt.

Pengguna twibbon juga harus menggunakan akun Facebook atau Twitter untuk Login. Setelah login pengguna harus mengisi data campaign seperti nama, promosi, serat deskripsi. Setelah selesai, baru pengguna dapat menambahkan foto serta memilih frame.

Cara Membuat Twibbonize
Terdapat banyak cara membuat twibbonize yang bisa dipraktikan. Semuanya bisa dibuat dengan cara yang mudah dan cepat.
1. Membuat twibbon dengan twibbonize
Cara pertama untuk membuat twibbonize adalah membuatnya langsung di situs web twibbonize. Berikut langkah-langkahnya.
a. Pastikan terlebih dulu koneksi internet sudah tersambung
b. Buka browser yang ada di handphone
c. Buka alamat website di https://twibbonize.com/
d. Pilih desain twibbon yang ingin digunakan
e. Selanjutnya, tap pada desain twibbon yang ingin digunakan
f. Pilih “Browse Image”, tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai
g. Sesuaikan letak foto untuk desain twibbon sampai terlihat pas
h. Jika sudah sesuai, klik pada bagian “Upload Photo”
i. Klik “Download”, pada icon kecil di pojok kiri atas
j. Twibbonize pun sudah bisa digunakan

2. Membuat twibbon dengan Twibbon.com
Anda juga bisa membuat twibbonize lewat situs yang satu ini. Berikut langkahnya.
a. Pastikan koneksi internet sudah tersambung
b. Buka aplikasi browser masing-masing
c. Buka website https://twibbon.com/
d. Selanjutnya, klik pada tombol “Login” di pojok kanan atas. Lalu, login menggunakan akun Facebook atau Google Anda
e. Setelah melakukan login, klik “Start Campaign”
f. Anda akan diarahkan menuju ke dalam formulir “Campaign Details”
g. Pada bagian “Your Email” isi dengan email Anda. Checklist jika ingin mendapatkan notifikasi dari Twibbon.com. “Twibbon Name” dapat diisi dengan nama twibbon Anda, bagian “Description” bisa diisi dengan deskripsi kegiatan atau campaign
h. Setelah semuanya terisi dengan benar, selanjutnya tinggal klik “I am Happy, Continue”
i. Lalu, Anda akan diarahkan ke kotak “Add File”, untuk memilih foto atau gambar.
j. Jika sudah terunggah, Anda bisa mengedit twibbon sesuai dengan keinginan
k. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya dan menggunakan twibbon tersebut

3. Membuat twibbonize dengan Canva
Selain dengan kedua langkah tersebut, Anda juga bisa membuat twibbonize menggunakan Canva. Berikut langkah-langkahnya.
a. Buka aplikasi browser. Buka situs canva.com dan login dengan menggunakan akun Google. Anda juga bisa mengunggah aplikasinya untuk lebih memudahkan
b. Pada halaman utama akan terdapat fitur, seperti banner, card, Instagram, dan lain-lain. Pilih salah satunya saja
c. Selanjutnya, Anda akan sampai pada halaman desain. Klik tombol “Search” dan tombol “Frame”. Nantinya, akan muncul beberapa pilihan frame. Pilih salah satu frame yang diinginkan
d. Klik tombol “Text” untuk menambah teks, upload foto atau background
e. Kemudian klik “Download” jika sudah selesai
f. Gambar twibbon yang telah diunduh akan langsung tersimpan di galeri Anda
g. Sebelum memulai mengunggah atau upload twibbonize, Anda perlu untuk membuat background-nya agar terlihat transparan sehingga bisa diganti dengan foto

Tips Membuat Twibbon
Untuk menarik banyak perhatian orang – orang biasanya dibuat twibbon yang menarik. Twibbon yang menarik orang lain akan mendapatkan respons seperti twibbon akan tersebar luas, meningkatnya penggunaan twibbon, banyak orang yang mendapatkan informasi melalui twibbon yang tersebar, dan sebagainya.

Untuk membuat twibbon yang menarik dan bagus agar banyak digunakan oleh orang – orang dapat menggunakan beberapa tips berikut di antaranya,
1. Menyesuaikan warna
Dalam pemilihan warna dapat disesuaikan dengan warna pada logo. Gunakanlah 2 atau 3 warna saja. Jangan menggunakan terlalu banyak warna pada twibbon. Gunakan hanya warna – warna yang sesuai. Penggunaan warna yang terlalu banyak dapat membuat twibbon menjadi kurang menarik.

2. Memilih foto yang terbaik
Untuk hasil twibbon yang bagus, pilih foto yang bagus untuk mendukung hasil twibbon yang bagus. Pilih foto yang pas untuk digunakan dengan twibbon. Gunakan foto dengan kualitas baik pula sehingga tampilan hasil akan lebih menarik.

3. Hindari desain yang kaku dan kuno
Bagian desain pada twibbon memang sangat penting untuk menghasilkan twibbon yang menarik. Untuk menghasilkan twibbon yang menarik gunakan desain yang menarik, tidak kaku, dan tidak kuno. Untuk mendapatkan desain yang menarik dapat menggunakan aplikasi Canva.  Desain yang kaku dan kuno cenderung tidak menarik untuk dilihat.

4. Carilah referensi sebanyak mungkin
Untuk mencari desain yang menarik dapat menggunakan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya. Contoh referensi desain dapat ditemukan pada internet untuk mendapat inspirasi desain yang menarik dan tidak kaku. Pada aplikasi Canva dapat ditemukan berbagai desain twibbon yang menarik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Twibbonize: Pengertian, Fungsi, Aplikasi, Cara Membuat, dan Tipsnya"