Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hreflang Tag: Pengertian, Manfaat, Penggunaan, dan Contohnya

Pengertian Hreflang Tag
Hreflang Tag
Pengertian Hreflang Tag
Hreflang Tag adalah atribut HTML yang berfungsi untuk memberitahu Google mengenai bahasa mana yang harus digunakan saat menyajikan hasil penelusuran ke user yang ditargetkan secara geografis. Atribut tersebut dibutuhkan agar Google memahami bahasa dan negara mana yang Anda targetkan untuk halaman website Anda.

Google menggunakan atribut untuk melayani URL regional atau bahasa yang benar dalam hasil pencariannya berdasarkan negara dan preferensi bahasa pencari. Jika saat ini Anda ingin mengembangkan situs web multibahasa, maka Hreflang Tag penting untuk SEO.

Atribut hreflang ini akan memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa pengguna yang mengajukan kueri dalam bahasa “x” akan menginginkan hasil ini, bukan halaman dengan konten serupa dalam bahasa “y”. Jadi, dengan  Hreflang Tag Anda dapat menargetkan konten yang ada pada halaman website sesuai dengan wilayah dan bahasa yang digunakan.

Manfaat Penggunaan Hreflang Tag
Berikut beberapa manfaat penggunaan Hreflang Tag di antaranya,
1. Meningkatkan User Experience
Audiens akan cenderung lebih nyaman mencari konten website dengan bahasa yang familiar dan dimengerti. Jika website Anda menggunakan Hreflang Tag dan memiliki beberapa versi bahasa, maka search engine bisa menyajikan konten yang sesuai dengan lokasi atau bahasa audiens.

Cara ini tidak hanya menurunkan bounce rate dan meningkatkan time on page saja, tapi juga berpengaruh terhadap traffic karena website dengan versi bahasa yang berbeda-beda akan memperbesar peluang untuk mendatangkan audiens baru dari berbagai negara.

2. Mencegah Isu Konten Duplikat
Terkadang ada website yang hanya menggunakan satu bahasa namun menargetkan beberapa negara. Contohnya, website Anda berbahasa Inggris dan menargetkan negara Australia dan Singapura. Kondisi ini berpeluang menimbulkan masalah terkait konten duplikat.

Misalkan Anda memiliki dua halaman produk yang isinya serupa dan menjual produk yang sama. Namun, halaman pertama dibuat untuk audiens Singapura dengan harga khusus, sedangkan halaman kedua dibuat untuk pelanggan Australia dengan harga yang berbeda pula.

Dengan menggunakan Hreflang Tag, search engine akan mengerti bahwa kedua halaman tersebut ditujukan untuk audiens dengan geografi yang berbeda sehingga website dapat terhindar dari isu konten duplikat.

Penggunaan Hreflang Tag
Hreflang tag digunakan jika website yang dikembangkan memiliki beberapa kondisi di antaranya,
1. Website memiliki konten yang sama dalam berbagai bahasa.
2. Website memiliki konten secara khusus ditujukan untuk suatu wilayah geografis yang berbeda namun menggunakan bahasa yang sama. Contoh, Anda ingin membuat konten menggunakan bahasa inggris dan ditujukan secara khusus untuk dua wilayah berbeda yaitu Great Britain (Inggris Raya) dan Australia. Maka, kode yang digunakan adalah “en-gb” untuk wilayah Inggris Raya dan “en-au” untuk wilayah Australia.

Contoh Struktur Hreflang Tag
Tag yang dipergunakan akan terlihat seperti berikut :
rel="alternate" href="URL" hreflang="x"
Penjelasan :
rel = “alternate” adalah kode yang memberi tahu mesin pencari bahwa ada versi lain dari laman web ini.
href = URL adalah lokasi halaman web yang ditentukan.
hreflang = “x” Atribut hreflang ini dipergunakan untuk menentukan bahasa halaman yang ditargetkan. Meskipun demikian, Anda juga dapat mengisinya menggunakan kode bahasa yang diikuti dengan kode wilayah.

Format yang digunakan adalah sebagai berikut:
Untuk kode bahasa, Anda perlu menggunakan format ISO 639-1.
Contoh:
Bahasa Indonesia menggunakan id
Español menggunakan es
English menggunakan en, dan lain-lain.

Untuk kode wilayah maka Anda harus mengikuti format ISO 3166-1 Alpha 2.
Contoh:
Wilayah Indonesia menggunakan id
Spanyol menggunakan es
Australia menggunakan au,
United States of America menggunakan us
dan lain-lain.

Perlu Anda perhatikan, ketika menulis hreflang tag, selalu letakkan kode bahasa terlebih dahulu kemudian dipisah dengan tanda “-” yang diikuti dengan kode negara. Sebagai contoh, sebuah website ingin menampilkan halaman beranda untuk pengguna berbahasa Inggris yang berada di wilayah United States, maka script yang dipergunakan adalah sebagai berikut:
<link rel="alternate" href= "https://www.contohdomain.com/" hreflang="en-us" />

“en” di bagian pertama tag mengacu pada kode bahasa yaitu Bahasa Inggris, dan “us” mengacu pada kode negara untuk United States. Script kode di atas akan memberitahu Google bahwa halaman berbahasa Inggris tersebut secara khusus ditujukan untuk audiens di United States.

Tidak Ingin Menargetkan Siapapun? Gunakan x-default!
Pada dasarnya, hreflang = “x-default” merupakan cara untuk memberitahu mesin pencari bahwa halaman ini tidak ditargetkan secara khusus untuk bahasa mana pun dan terbuka untuk semua users. Jika halaman Anda menyajikan konten dalam berbagai bahasa dan meminta users untuk memilih versi bahasa yang ingin dikunjungi, maka Anda dapat menggunakan x-default ini.

Meskipun tag ini bersifat opsional, namun Google sendiri merekomendasikannya sebagai solusi untuk mengontrol halaman website ketika tidak ada kode bahasa yang cocok.
Contoh hreflang x-default :
<link rel="alternate" href= "https://www.contohdomain.com/" hreflang="x-default" />

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Hreflang Tag: Pengertian, Manfaat, Penggunaan, dan Contohnya"