Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Port Lightning Apple: Pengertian, Alasan, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Merawatnya

Pengertian Port Lightning Apple
Port Lightning Apple
Pengertian Port Lightning Apple
Port Lightning adalah konektor kecil yang digunakan smartphone Apple untuk mengisi daya dan menghubungkan device ke komputer. Port Lightning diperkenalkan pada tahun 2012 dengan kedatangan iPhone 5. Tujuannya untuk menggantikan 30-pin dock connector yang digunakan sebelumnya.

Kabel port ini berukuran kecil dengan adaptor Lightning dan adaptor USB-A di sisi lainnya. Port Lightning 80% lebih kecil dari konektor 30-pin yang diganti dan sepenuhnya dapat dibalik. Tipe ini memiliki konektor yang simetris sehingga bisa dicolokkan ke port tanpa memerhatikan sisi bawah atau atasnya.

Alasan Port Lightning Apple
Terdapat beberapa alasan yang membuat Apple tetap memilih menggunakan kabel konektor lightening  bukan port USB C. Salah satu alasannya adalah agar Apple tetap memperoleh pendapatan dari penjualan segmen aksesoris, khususnya port lightening.

Beberapa di antaranya mencakup aneka adapter Lightning, kabel data orisinal, USB dongle, dan beragam aksesori buatan Apple lainnya. Mereka juga bakal mendapatkan biaya lisensi dari para vendor MFi (Made For iPhone/iPod/iPad) yang membuat produk adapter atau kabel data yang mengadopsi konektor Lightning.

Jika konektor Lightning di iPhone ditiadakan dan diganti dengan USB-C, maka Apple sejatinya bakal kehilangan salah satu sumber pendapatan dari segmen aksesori. Terlebih, hak istimewa untuk menyeleksi aksesori mana saja yang bisa terhubung dengan iPhone dan ekosistem Apple lainnya tentunya perlahan akan sirna.

Pasalnya, kehadiran USB-C akan turut membuat iPhone bisa dipasangkan dengan beragam aksesori yang tersedia di pasaran dari berbagai merek, mulai dari keyboard, mouse, gamepad, USB drive, dan lain sebagainya.

Selain itu, pihak Apple juga beranggapan bahwa jika semua perangkat menggunakan port USB C, maka inovasi akan terhambat.

Fungsi Port Lightning
Terdapat beberapa fungsi Port Lightning keluaran Apple ini di antaranya,
1. Pengisian Daya
Konektor yang satu ini dapat dihubungkan dengan charger sehingga memiliki kemampuan untuk mengisi daya baterai smartphone Apple. Kualitasnya yang baik tidak perlu diragukan lagi karena sudah mendapat sertifikat MFi. Smartphone Apple seperti iPhone 12 Pro dapat melakukan pengisian daya dengan cepat menggunakan port lightning.

2. Menerima dan Transfer Data atau Informasi Digital
Selain digunakan sebagai adaptor pengisian daya baterai, port lightning juga dapat digunakan untuk melakukan transfer data atau informasi digital ke perangkat lainnya. Sebaliknya, kabel ini juga dapat digunakan untuk menerima data atau informasi digital dari device lainnya.

Misalnya, kabel port lightning dapat digunakan untuk mengirim foto, video, dan audio dari smartphone iPhone ke laptop atau komputer.

Keunggulan Port Lightning
Kabel lightning yang digunakan oleh Apple memiliki beberapa keunggulan di antaranya,
1. Revolusioner dan Inovatif
Kehadiran konektor lightning sebagai ganti dari konektor 30-pin dianggap sebagai sebuah tindakan revolusioner dan inovatif yang dilakukan oleh Apple. Hal ini karena port lightning merupakan konektor pertama perangkat mobile yang bersifat reversible sebelum USB Type-C. Pengguna dapat memasang konektor port pada bagian sisi atas maupun bawah.

2. Ukurannya Lebih Kecil dan Kuat
Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh konektor lightning adalah ukurannya yang lebih kecil dan tetap kuat. Selain itu, ukurannya yang lebih ringkas membuat konektor ini lebih mudah dihubungkan ke perangkat atau device lainnya. Hal ini juga membuat port lightning lebih cocok digunakan dalam jangka waktu panjang.

3. Pengembangan Berkelanjutan
Kabel konektor lightning yang dikelola langsung oleh Apple tentu saja memberikan kontrol penuh kepada pihak Apple untuk terus mengembangkannya. Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan adalah meningkatkan kecepatan transmisi data port lightning.

4. Sumber Penghasilan Bagi Apple
Penjualan port lightning dapat dimanfaatkan Apple untuk meningkatkan penghasilan aksesoris perangkat Apple. Selain itu, Apple juga mengeluarkan izin berbayar dengan harga tertentu kepada produsen yang ingin menggunakan teknologi Apple ini.

Cara Merawat Port Lightning
Kabel atau port Lightning yang kotor dapat menyebabkan koneksi yang salah, jadi Anda harus membersihkan charging port dengan cara ditiup. Selanjutnya Anda bisa membersihkan konektor dan port dengan rubbing alkohol.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Port Lightning Apple: Pengertian, Alasan, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Merawatnya"