Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pasar Dua Sisi dan Tantangannya

Pengertian Pasar Dua Sisi
Pengertian Pasar Dua Sisi
Pasar dua sisi adalah istilah yang merujuk pada proses interaksi antara pembeli dan penjual untuk bertukar produk atau layanan, menciptakan tawaran untuk membeli dan menawarkan (meminta) untuk menjual melalui perantara atau platform untuk keuntungan kedua belah pihak. Pasar dua sisi dikenal juga sebagai “pasar dua arah” atau “jaringan dua sisi”.

Pasar dua sisi memiliki pembeli dan penjual, yang berarti bahwa pelaku pasar dapat membeli dan menjual terhadap pelaku pasar lainnya ini. Terkadang, pembuat pasar ditetapkan untuk memberikan harga di kedua sisi pasar pada saat yang bersamaan.

Pasar dua sisi dapat menciptakan nilai dengan menyederhanakan dan mempercepat transaksi, serta menurunkan biaya untuk pihak-pihak yang terhubung. Seiring pertumbuhan jaringan dua sisi, platform yang sukses dapat berkembang. Pengguna, melihat pasar potensial yang lebih besar, kemudian akan membayar harga yang lebih tinggi untuk mengakses platform tersebut.

Pasar dua sisi memiliki keunggulan dibandingkan pasar satu sisi tradisional (sering ditemukan dalam bisnis yang berorientasi pada jasa atau manufaktur), yang pada titik tertentu mengalami penurunan laba atas pertumbuhan pasar (akuisisi pelanggan).

Karakteristik pasar dua sisi
1. Efek jaringan. Semakin tinggi masing-masing sisi, semakin banyak nilai yang biasanya didapat pengguna, dan karena itu saya akan bersedia membayar lebih.
2. Adanya skala ekonomi. Biasanya, ketika ada lebih banyak pengguna, biaya penyediaan barang atau jasa berkurang.
3. Saling ketergantungan. Kedua kelompok pengguna saling membutuhkan.

Contoh pasar dua sisi
1. Kartu kredit. Tempat pedagang dan pembeli berinteraksi.
2. Situs pencarian kerja. Tempat perusahaan yang menawarkan pekerjaan dan orang yang ingin bekerja berinteraksi.
3. Koran dan majalah. Di mana perusahaan yang mempromosikan produknya melalui iklan dan calon konsumen yang membaca koran atau majalah berinteraksi.
4. Konsol permainan video. Tempat para pemain dan pengembang game berinteraksi.

Tantangan Pasar Dua Sisi
Ketika ada pasar dua sisi, harga di mana layanan dijual di satu sisi mempengaruhi profitabilitas tidak hanya satu bagian dari pasar tetapi juga yang lain. Memang, karena efek jaringan dan saling ketergantungan, strategi penetapan harga yang optimal tidak boleh mempertimbangkan harga setiap bagian pasar secara terpisah tetapi harus memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari jumlah kedua bagian tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan strategi penetapan harga yang tidak konvensional seperti mensubsidi satu bagian pasar dan bahkan memberikan produk (misalnya surat kabar) untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi di bagian pasar yang lain.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mengenal Pasar Dua Sisi dan Tantangannya"