Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Economies Scale, Penyebab, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Economies Scale, Penyebab, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Economies Scale

Economies scale (skala ekonomi) adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan menurunnya biaya produksi yang disertai dengan meningkatnya volume produksi. Economies of scale memungkinkan terjadinya efisiensi biaya produksi untuk aktivitas produksi yang tinggi.

Skala ekonomi merupakan penanda perusahaan telah berkembang pesat. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas penjualan yang meningkat sehingga mendorong perusahaan untuk menaikkan produksi. Semakin besar jumlah output yang bisa dihasilkan, maka akan semakin rendah juga biaya tetap per unit. Selain itu,  perusahaan juga akan mendapatkan penghematan biaya lain saat operasional perusahaan semakin besar.

Economies of scale merupakan salah satu sumber keunggulan yang kompetitif. Perusahaan mempunyai struktur biaya yang lebih rendah, sehingga memungkinkan mereka dalam untuk mengajukan tawaran produk pada harga yang lebih kompetitif daripada harga pesaing. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

B. Penyebab Economies Scale
Terdapat beberapa hal yang menjadi sebab suatu perusahaan mampu menghasilkan biaya produk yang lebih rendah di antaranya,
1. Teknologi dan tenaga kerja spesialis yang lebih terintegrasi sehingga volume dan jumlah produksi bisa ditingkatkan. Ini akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang mampu memberikan lebih banyak output dengan jumlah input yang sama.  
2. Banyaknya permintaan dari pemasok, biaya bahan baku yang lebih murah, dan pembelian dari iklan yang lebih mahal juga bisa membantu menurunkan biaya produk.
3. Kemampuan perusahaan dalam membagi anggaran bisnis dengan lebih baik sehingga membuat biaya akhir produk menjadi lebih rendah.

Jika dilihat dari sumber penghematan anggaran, skala ekonomi terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Keekonomian skala internal merupakan skala ekonomi yang menggunakan sumber daya penurunan biaya yang berasal dari pihak internal perusahaan. Sementara itu, skala ekonomi eksternal mendapatkan sumber daya penghematan anggaran dari luar perusahaan.

C. Jenis Economies Scale
1. Skala Ekonomi Internal
Skala ekonomi internal merupakan jenis skala ekonomi yang sumber penurunan biaya rata-ratanya berawal dari internal perusahaan itu sendiri. Perusahaan besar dapat menggapai skala ekonomi internal karena perusahaan terseput bisa membeli input dengan jumlah yang tidak sedikit, memiliki teknologi yang baik, dan bisa mengakses modal besar yang tidak mahal.

Di dalam skala ekonomi internal, terdapat rincian sumbernya, yakni :
a. Diskon perbelanjaan bahan baku dengan jumlah yang besar. Potongan harga dapat meringankan biaya bahan baku. Sama halnya bagi beberapa input lainnya yakni iklan, peralatan kantor dan lain-lain.
b. Spesialisasi tenaga kerja. Yakni untuk dapat bekerja dengan efektif, baiknya perusahaan membagi proses yang rumit menjadi beberapa bagian tugas yang spesifik.
c. Kurva pengalaman. Kurva pengalaman, bukan hanya dapat digunakan perindividu tetapi juga perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan cara yang produktif agar menghasilkan output dengan belajar dan melakukan.
d. Biaya input modal yang menyebar dengan mahal ke sebagian besar output. Biaya mesin setiap unit output bisa menjadi lebih murah saat perusahaan dapat menghasilkan output yang banyak
e. Berinvestasi pada sumber daya manusia. Contohnya Training di mana dengan adanya training dapat mengembangkan keterampilan dan skill karyawan. Tidak hanya itu, dengan ini perusahaan juga dapat meminimalisir kebutuhan tenaga teknis di luar perusahaan.
f. Skala ekonomi Modal
Untuk perusahaan yang besar umumnya mempunyai kelayakan kredit juga akses keuangan yang baik dan dapat diakses dengan biaya yang tidak mahal.
 
2. Skala ekonomi eksternal
Berbeda dengan skala ekonomi internal, skala ekonomi eksternal merupakan sumber penghematan biaya yang berawal dari luar perusahaan dan perusahaan dapat menikmati manfaat penurunan biaya rata-rata. Berikut sumber skala ekonomi eksternal :
a. Aglomerasi
Sebagian industri atau pabrik yang membuat fasilitas produksi di beberapa wilayah, misalnya bisnis perangkat lunak pada Silicon Valley. Jika Pemerintah membuat sebuah jaringan transportasi di wilayah tersebut, maka perusahaan pun dapat memiliki penurunan biaya logistik. Seperti dengan sebagian pemasok komponen yang dapat merelokasi operasionalnya dekat dengan wilayah tersebut.

b. Keringanan Pajak
Sering kali perusahaan menetapkan keringanan pajak pada semua industrinya, kemudian penurunan biaya pajak dapat terjadi di semua bagian pada perusahaan.

D. Manfaat Economies Scale
Perusahaan bisa berusaha untuk segera mencapai skala ekonomi. Penurunan biaya rata-rata ini sangat mendukung untuk keuntungan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, jangan heran jika ada beberapa pemain baru yang umumnya lebih agresif dalam hal mempenetrasi pasar. Mereka menjual produk dengan harga yang lebih murah, berharap semakin banyak pelanggan yang nantinya akan membeli.

Peningkatan penjualan pun akan menghasilkan penurunan biaya dengan adanya skala ekonomi, mengkompensasi margin keuntungan yang lebih rendah karena penetapan harga penetrasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari skala ekonomi:
1. Meningkatkan Daya Saing. Struktur biaya yang lebih rendah memungkinkan suatu perusahaan untuk bisa mendapatkan keunggulan yang kompetitif. Perusahaan akan lebih siap apabila pesaing memperoleh strategi agresif dengan cara menurunkan harga jual.
2. Menyediakan Bisnis dengan Platform untuk Tumbuh. Penurunan biaya rata-rata yang merujuk pada keuntungan tinggi akan lebih banyak menghasilkan profit untuk perusahaan guna mendanai ekspansi di masa depan.
3. Harga Lebih Rendah. Pengurangan biaya per unit akan memungkinkan suatu perusahaan dalam menawarkan harga yang lebih rendah. Untuk konsumen, hal tersebut akan meningkatkan keterjangkauan mereka dalam membeli produk.
4. Variasi Produk. Kemungkinan besar perusahaan akan bisa menginvestasikan kembali keuntungannya dalam meneliti dan juga mengembangkan agar bisa menghasilkan berbagai produk agar bisa memenuhi keperluan konsumen.
5. Upah yang Lebih Tinggi. Karyawan akan bisa menegosiasikan gaji yang lebih tinggi lagi saat keuntungan perusahaan mereka bisa meningkat.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Economies Scale, Penyebab, Jenis, dan Manfaatnya"