Kebijakan Suku Bunga Negatif: Pengertian, Target, Negara, dan Efeknya

Pengertian Kebijakan Suku Bunga Negatif
Kebijakan Suku Bunga Negatif
Pengertian Kebijakan Suku Bunga Negatif
Kebijakan suku bunga negatif adalah mekanisme kebijakan moneter yang menempatkan tingkat bunga nominal referensi untuk deposito di bawah 0%. Menurut pandangan umum, suku bunga negatif berarti nasabah yang menyimpan uangnya di bank, bukannya mendapat bunga, justru nasabah itu diharuskan membayar. Begitu pula dengan lembaga keuangan yang menaruh uangnya di bank sentral.

Salah satu strategi yang paling umum ketika melakukan kebijakan moneter ekspansif adalah dengan menurunkan suku bunga. Ini mekanisme yang digunakan oleh bank sentral untuk merangsang ekonomi dan dengan demikian mencapai pertumbuhan ekonomi. Terutama pada periode pertumbuhan rendah dan ketika inflasi rendah atau bahkan deflasi.

Kebijakan moneter ekspansif diterapkan selama periode pertumbuhan yang rendah. Karena, pada periode inilah individu lebih suka menyimpan uang, daripada membelanjakannya atau menginvestasikannya. Selanjutnya, jika terjadi deflasi, situasi ini menyebabkan tercekiknya permintaan agregat, yang menyebabkan penurunan harga yang lebih nyata.

Untuk memperbaiki efek “bola salju” ini, bank sentral dapat menurunkan suku bunga. Tujuannya adalah untuk mendorong orang untuk berinvestasi atau membelanjakan uangnya. Karena profitabilitas tabungan, karena suku bunga rendah, sangat rendah, orang lebih suka membelanjakan atau berinvestasi di suatu tempat yang memberikan lebih banyak profitabilitas.

Target Suku Bunga Negatif
Jika suku bunga rendah tidak cukup untuk merangsang permintaan, bank sentral dapat menempuh kebijakan suku bunga negatif. Hal ini dapat memaksa bank untuk menawarkan deposito bank dengan bunga negatif, memaksa orang untuk membayar untuk menyimpan uang mereka di bank.

Ini, secara teori, seharusnya mendorong individu dan perusahaan untuk mencari cara yang lebih berisiko untuk berinvestasi; di mana mereka dapat mencapai profitabilitas yang lebih besar daripada di deposito. Menurunkan suku bunga di bawah nol juga akan mengurangi biaya pinjaman uang. Dengan cara ini, memungkinkan lebih banyak perusahaan dan individu untuk meminjam, sehingga meningkatkan pengeluaran dan investasi.

Kebijakan suku bunga negatif mungkin tidak memiliki konsekuensi yang diinginkan. Karena bank, daripada meminjamkan lebih banyak uang, mereka mungkin lebih suka menanggung biaya suku bunga negatif ke bank sentral dan dengan demikian tidak meneruskan bunga negatif ke simpanan nasabah. Ini akan mengurangi keuntungan Anda, sementara tidak mendorong pinjaman, pengeluaran, atau investasi.

Negara dengan Suku Bunga Negatif
Sebelum Jepang menerapkan suku bunga negatif, beberapa negara di dunia telah menganut kebijakan ini. Di antaranya Swiss, Swedia, Denmark serta Uni Eropa.

Bank sentral Eropa menurunkan suku bunga deposito menjadi minus 0,1 persen pertama kali pada Juni 2014 dan terakhir pada Desember 2015 lalu menjadi minus 0,3 persen. Kebijakan bunga negatif yang diambil Mario Draghi yang kala itu menjabat sebagai gubernur ECB didasari rendahnya inflasi, tingginya tingkat pengangguran dan rendahnya pertumbuhan ekonomi.

Efek Suku Bunga Negatif
Dampak jangka pendek keputusan BOJ ini memberi sentimen positif bagi pasar saham Jepang. Bursa saham Jepang langsung melonjak dan nilai tukar Yen terhadap Dolar AS langsung turun.

Namun, menurut Macquarie dalam laporan risetnya, kebijakan bank sentral dengan suku bunga negatif dan quantitative easing belum terbukti dapat mengatasi masalah perekonomian seperti inflasi dan pertumbuhan ekonomi meskipun pelonggaran moneter tersebut akan membuat mata uang menjadi lebih murah yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

Jana Randow dari Bloomberg menulis secara teori suku bunga negatif dapat mengurangi bunga pinjaman dan meningkatkan permintaan akan kredit/pinjaman. Namun pada praktiknya, ada risiko bahwa kebijakan ini malah akan berbahaya. Nasabah akan lebih memilih menyimpan uangnya di rumah daripada di bank yang dapat mengakibatkan bank kekurangan likuiditas.

Janet Yellen pada 2013 juga pernah menyebutkan bahwa kebijakan suku bunga nol akan berdampak bagi pasar uang karena mengganggu pendanaan lembaga keuangan/bank. Selain itu, juga ada risiko perang mata uang (currency wars), di mana negara berlomba-lomba melemahkan mata uangnya demi mengejar pertumbuhan seperti yang dikemukakan oleh ekonom Deutsche Bank.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kebijakan Suku Bunga Negatif: Pengertian, Target, Negara, dan Efeknya"