Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Media Pembelajaran
Media Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar. Media pembelajaran digunakan sebagai penghubung antara pendidik dan peserta didik dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2013:4) mengatakan bahwa media pembelajaran mencakup alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar. Peralatan ini dapat berupa alat grafik, visual, elektronik dan audio yang digunakan untuk mempermudah informasi yang disampaikan kepada siswa.

Media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran, dan juga merupakan sarana fisik dan komunikasi untuk menyampaikan materi pelajaran. Sehingga, diharapkan mampu membangkitkan daya pikir, perasaan serta keinginan peserta didik, dan tercipta suatu proses belajar yang baik, efisien dan efektif.

Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
1. Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, media pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik secara terencana, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
2. Brigs (1997), media pembelajaran adalah bentuk sarana fisik untuk menyampaikan berbagai informasi pembelajaran. Menurutnya sarana yang dapat digunakan bisa melalui video, buku dan lain lainnya.
3. National Education Associaton atau  NEA (1969), media pembelajaran adalah sarana untuk komunikasi. Yang pada umumnya bisa berbentuk teknologi perangkat keras dan penglihatan-pendengaran atau cetak.
4. H. Malik (1994), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan.
5. Gerlach dan Ely (1971), media belajar merupakan alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
6. Latuheru, media pembelajaran adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi, komunikasi, edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya.

Fungsi Media Pembelajaran
Levie dan Lentz mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, di antaranya,
1. Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian peserta didik untuk berkonsentrasi pada pelajaran yang berkaitan dengan makna yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2. Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari kenikmatan peserta didik ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar.
3. Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4. Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu peserta didik yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran
Beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran di antaranya,
1. Untuk menjaga tujuan dari proses belajar serta fokus setiap murid.
2. Untuk menjaga dan meningkatkan efisiensi dan keefektifan proses pembelajaran
3. Menggunakan media belajar dapat mempermudah proses pembelajaran dan juga membuat murid tidak mudah bosan atau jenuh.

Selain itu, terdapat beberapa tokoh juga memberikan penjelasan terkait tujuan menggunakan media dalam pembelajaran di antaranya,
1. Briggs menjelaskan bahwa media pembelajaran berfungsi sebagai sarana  berbentuk fisik yang di dalamnya terdapat materi instruksional.
2. Gagne berpendapat bahwa media belajar adalah komponen utama dalam proses pembelajaran yang bisa merangsang murid untuk belajar.
3. Miarso mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala hal yang bisa merangsang proses pembelajaran murid.
4. Schramm berpendapat bahwa media pembelajaran adalah teknologi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat instruksional.

Jenis Media Pembelajaran
Berikut beberapa jenis dari media pembelajaran yang bisa dipraktikkan dalam berbagai keadaan di antaranya,
1. Media Visual. Visual lebih menekankan penggunaan tampilan-tampilan yang dapat menarik perhatian mata. Misalnya saja diagram, grafik, chart, bagan, komik, dan poster.
2. Media Audial. Jenis media audial menekankan pada penggunaan pendengaran. Beberapa contohnya adalah tape recorder, laboratorium bahasa, radio, dan jenis berbagai audio lainnya.
3. Projected Still Media. Beberapa contoh ProjectedStill Media adalah pemakaian slide, over headprojektor (OHP), in focus.
4. Projected Motion Media. Media project motion yaitu menyampaikan berbagai informasi melalui gambar yang bisa bergerak. Misalnya saja televisi, film, video (VCD, DVD, VTR), animasi, dan komputer.

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
Sementara itu, Encyclopedia of Educational Research merincikan manfaat penggunaan media pembelajaran di antaranya,
1. Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
2. Memperbesar perhatian peserta didik.
3. Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
4. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan peserta didik.
5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur terutama melalui gambar hidup.
6. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
7. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya"