Pengertian Simpati dan Contohnya

Pengertian Simpati dan Contohnya
Simpati
A. Pengertian Simpati
Simpati dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah rasa kasih; rasa setuju (kepada); rasa suka; keikutsertaan merasakan perasaan (senang, susah, dan sebagainya) orang lain. Sementara bersimpati adalah menaruh kasih (kepada); suka (akan); ikut serta merasakan perasaan orang lain. Di dalam proses ini perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting, dorongan utama pada simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerja sama dengannya.

Simpati adalah suatu proses kejiwaan di mana seorang individu merasa tertarik pada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya yang sedemikian rupa. Simpati ditandai dengan suatu perasaan peduli dan perhatian terhadap orang lain dan disertai dengan adanya keterlibatan pribadi.

B. Contoh Simpati
1. Seseorang memberikan ucapan turut sedih dan rasa bela sungkawa kepada teman yang tertimpa musibah.
2. Memberikan ucapan selamat dan turut bergembira kepada orang lain yang menerima kebahagiaan.
3. Keberadaan perasaan tertarik dari seorang pemuda kepada seorang gadis lantaran sifat baiknya, seperti sabar, telaten, ulet, dan giat beragama.
4. Keberadaan kepedulian yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian pada saat menjelang lembaran, terutama Hari Raya Idul Fitri.
5. Membagikan informasi berharga pada orang lain melalui media sosial.
6. Turut menjaga keamanan dan kenyamanan kegiatan keagamaan, baik yang seagama maupun yang berbeda agama.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Simpati dan Contohnya"