Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ISTP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ISTP
Kepribadian ISTP
Pengertian Kepribadian ISTP
Kepribadian ISTP adalah akronim dari kepribadian Introverted, Sensing, Thinking, and Perceiving (ISTP). Tipe kepribadian ISTP merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Mereka yang memiliki tipe kepribadian ISTP digambarkan senang memiliki waktu untuk berpikir sendiri dan sangat mandiri. Menariknya lagi, mereka juga dikenal sebagai orang yang akan menyukai hal-hal baru dan mencari petualangan.

Apabila dijelaskan satu-persatu, kepribadian ISTP dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Introversion, individu akan cenderung tertutup dan pendiam, tetapi mereka tetap dapat berinteraksi dengan baik dan disukai oleh orang lain. Namun, perlu waktu sendiri untuk mengisi kembali energinya.
2. Sensing, membuat individu cenderung dapat melihat segala sesuatu dengan detail dan tidak hanya dari gambaran secara keseluruhannya saja.
3. Thinking, kecenderungan pada dimensi thinking akan membuat individu menjadi lebih menekankan pada penggunaan pikiran yang logis dan rasional untuk membuat keputusan dibanding dengan penggunaan perasaan yang bersifat subjektif.
4. Perceiving, menunjukkan individu yang lebih menekankan pada efisiensi sehingga cenderung fleksibel dan tidak terpaku pada struktur atau ketentuan tertentu. Selain itu, mereka juga menjadi lebih mudah diterima oleh orang lain.

Kepribadian ISTP Menurut Para Ahli
1. Utami dan Bahtiar (2020), kepribadian ISTP yang terdiri atas introversion, sensing, thinking, serta perceiving adalah kepribadian pada seseorang yang lebih introvert dengan kemampuan penginderaan, tetapi tanpa kemampuan perasa yang baik.
2. Very Well Mind, seseorang yang berkepribadian ISTP memiliki beberapa sebutan, yakni “the crafter” atau perajin. Hal tersebut ditunjukkan dengan kreativitasnya, ketertarikannya pada pengalaman baru, dan kemampuannya untuk menciptakan solusi yang tepat dari suatu permasalahan.

Karakteristik Kepribadian ISTP
Umumnya, orang dengan kepribadian ISTP memiliki karakteristik utama di antaranya,
1. Pendiam
Pendiam bukan saja menjadi karakter pemilik kepribadian INFP, bahkan pendiam merupakan salah satu karakteristik utama seorang ISTP. Individu ISTP biasanya tidak terlalu suka mengekspresikan dirinya kepada orang lain secara verbal. Sebaliknya, ia lebih senang memikirkan dan mencerna informasi dalam pikirannya sendiri.

Kendati memang pendiam, tetapi orang dengan kepribadian ISTP biasanya juga merupakan sosok yang santai dan baik terhadap orang lain.

2. Praktis
Orang dengan kepribadian ISTP merupakan orang yang praktis. Ini artinya, ia cenderung lebih suka mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada.

Selain itu, pribadi ISTP biasanya juga sangat energik dan suka mencoba berbagai hal baru yang berisiko atau memacu adrenalin, misalnya mencoba berbagai macam olahraga ekstrem.

3. Logis
Individu ISTP umumnya juga merupakan sosok yang sangat logis dan rasional. Hal ini biasanya terlihat saat pribadi ISTP dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil sebuah keputusan.

Saat harus mengambil keputusan, orang dengan kepribadian ISTP cenderung akan mengesampingkan perasaan dan emosi, baik miliknya maupun orang lain. Sebaliknya, ia akan mengambil keputusan berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada, seobjektif mungkin.

4. Pandai memecahkan masalah
Berkat pemikirannya yang logis dan rasional, pribadi ISTP umumnya juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memecahkan masalah secara efektif.

Saat dihadapkan pada suatu masalah, pribadi ISTP biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk mencari penyebab dari masalah yang ada, sehingga ia bisa dengan cepat menentukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Fleksibel
Orang dengan kepribadian ISTP biasanya juga merupakan sosok yang fleksibel. Ini artinya, ia memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan pola pikirnya sesuai dengan situasi yang ada, sehingga ia bisa dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi di dalam hidupnya.

Sementara, dilansir dari situs Very Well Mind, ada beberapa karakteristik kunci pada orang-orang yang memiliki kepribadian ISTP di antaranya,
1. Individu yang berkepribadian ISTP menyukai dan menikmati adanya pengalaman-pengalaman baru atau bahkan sering terkait dengan perilaku mencari sensasi dan mengambil risiko tinggi. Hal tersebut menyebabkan hobi yang biasanya dimiliki, seperti balapan, menyelam, hoki es, tinju, paragliding, dan sebagainya.
2. Cenderung berorientasi pada hasil ketika mengerjakan sesuatu dan apabila ada masalah yang datang, mereka akan berusaha sesegera mungkin untuk memahami permasalahan, mencari akar masalahnya, serta menerapkan solusi-solusi yang tepat.
3. Mereka kurang mampu memahami kondisi emosional orang lain sehingga memang kurang peka. Bahkan mereka pun tidak terlalu memahami dan peduli dengan emosinya sendiri.
4. Menyukai hal-hal yang bersifat logis dan teknis dibanding kompleksitas yang ada pada emosi manusia.
5. Lebih memilih untuk membuat keputusan atau pendapat berdasarkan pada kriteria yang objektif dibanding kepercayaan atau nilai-nilai pribadi
6. ISTP cenderung pendiam, tetapi easygoing ketika bersama dengan orang lain.
7. Meskipun pendiam dan tertutup, tetapi ketika ada gangguan yang muncul, mereka dapat mempertahankan objektivitasnya untuk mengatasi gangguan tersebut.

Profesi yang Cocok untuk Kepribadian ISTP
Individu yang masuk dalam tipe kepribadian ISTP cenderung kurang peka, tetapi ahli dalam hal-hal teknis, pemikiran logis, serta pemecahan masalah dengan cara yang efektif. Berikut beberapa profesi yang dapat menyesuaikan dengan karakteristik tersebut di antaranya insinyur, teknisi, mekanik, pilot, programmer, polisi, analis sistem, atlet, entrepreneur, ahli forensik.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ISTP
Jumlah individu yang berkepribadian ISTP cukup banyak. Berikut tokoh-tokoh dunia yang juga berkepribadian ISTP di antaranya Lance Armstrong, Tiger Woods, Miles Davis, Clint Eashwood, Chuck Yaeger, Milla Jovovich, Olivia Wilde, Bear Grylls, Katherine Hepburn, Amelia Earhart, Daniel Craig, Michelle Rodriguez, Tom Cruise, Michael Jordan.

Kelebihan Kepribadian ISTP
Orang dengan tipe kepribadian ISTP memiliki sejumlah kelebihan di antaranya,
1. Suka mencoba hal baru dan menantang
Orang dengan kepribadian ini selalu mencari hal-hal baru untuk dilakukan. Mereka pun menyukai tantangan. Itu sebabnya, sosok ini seringkali mencoba aktivitas fisik yang terbilang ekstrem. Misalnya saja, bungee jumping, surfing, atau hang gliding.

2. Kreatif dan cekatan
Orang dengan kepribadian ISTP juga disebut sebagai “pengrajin”. Pasalnya, sosok ini senang memiliki kemampuan mekanis dan teknis yang baik. Sosok ISTP umumnya adalah orang yang kreatif dan cekatan dalam hal membuat atau memperbaiki barang.

3. Problem solver yang baik
Sosok ISTP adalah seorang problem solver yang dapat diandalkan, bahkan dalam kondisi tertekan. Ketika terjadi masalah, sosok ini mampu menganalisis penyebab dan mencari cara efektif untuk menyelesaikannya berdasarkan ilmu dan kemampuan yang dimilikinya.

4. Rasional dan spontan
Dua hal ini adalah kelebihan pemilik kepribadian ISTP. Berkat karakter spontan dan mengedepankan logika, sosok ini jadi mudah beradaptasi dengan hal baru. Mereka pun cepat berimprovisasi untuk merespons berbagai situasi.

5. Menghadapi krisis dengan baik
Dengan kreativitas dan spontanitas yang dimiliki, sosok ISTP dapat menghadapi krisis dengan baik. Apalagi, pemilik kepribadian ini juga suka mengambil risiko dan tantangan. Hal inilah yang membuat sosok ini siap menghadapi situasi apa pun.

6. Bisa menempatkan diri
Sosok ISTP mengerti bahwa ada hal-hal yang harus diprioritaskan. Itu sebabnya, mereka tahu cara menempatkan diri. Mereka memang spontan dan impulsif. Namun, spontanitas tersebut hanya akan dikeluarkan di saat yang tepat.

7. Bersikap santai
Kelebihan lain kepribadian virtuoso adalah mereka mampu bersikap santai. Terkadang, mereka hanya akan mengikuti alur kehidupan dan tidak terlalu memikirkan masa depan.

Kekurangan Kepribadian ISTP
Meski memiliki sejumlah kelebihan, pemilik kepribadian ini juga punya beberapa kekurangan di antaranya,
1. Sulit diprediksi
Kepribadian ISTP cenderung sulit diprediksi, bahkan oleh orang terdekatnya sekali pun. Sosok ini terlihat pendiam, tapi juga bisa ramah. Ada kalanya tenang, tetapi juga bisa spontan. Terkesan stabil, tetapi bisa saja impulsif mencoba hal baru sewaktu-waktu.

2. Mudah bosan
Secara natural, pemilik kepribadian ISTP adalah sosok yang penuh rasa ingin tahu dan gemar mencoba hal baru. Mereka adalah pembelajar yang baik. Namun, ketika sudah mengerti satu hal, mereka akan mudah bosan dan ingin beralih ke hal baru yang lebih menarik.

3. Tidak sensitif
Tipe kepribadian ini selalu mengutamakan logika. Mereka pun akan menyampaikan pendapatnya dengan jujur dan blak-blakan. Hal ini memang dapat menjadi kekuatan mereka. Namun, ada kalanya, hal ini membuat mereka terlihat keras dan tidak sensitif dengan perasaan orang lain.

4. Tidak menyukai komitmen
Dikarenakan sifatnya yang mudah bosan, pemilik kepribadian ISTP cenderung sulit berkomitmen jangka panjang. Mereka akan merasa tertekan jika melakukan satu hal dalam jangka waktu lama. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri saat menjalin hubungan asmara dengan orang lain.

5. Sangat private
Sosok ISTP membutuhkan tempat untuk menyendiri. Tentu saja, hal ini bukan masalah. Yang jadi masalah adalah jika kebutuhan akan personal space ini membuat mereka menjauh dari orang-orang dan menghindari kedekatan dengan orang lain.

6. Cenderung mengambil risiko berlebihan
Kecenderungan sosok ISTP untuk mencoba hal baru yang menantang dapat memunculkan dorongan untuk mengambil risiko berlebihan. Mereka bisa saja bersikap sembrono tanpa memikirkan dampak atas hal yang dilakukan.

Fakta pada Kepribadian ISTP
Kepribadian ISTP merupakan tipe kepribadian yang umumnya dapat dipercaya banyak orang dengan beberapa fakta terkait dengan kepribadian ini berdasarkan situs Truity di antaranya,
1. Jumlah orang yang memiliki tipe kepribadian ISTP tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, yakni terdapat 5,4 persen dari seluruh populasi di dunia.
2. Tipe kepribadian ini banyak ditemukan pada atlet pria yang mendapatkan beasiswa di kampusnya.
3. Kelompok yang paling rendah dalam penggunaan bersosialisasi sebagai sumber coping stress.
4. Jika dibandingkan dengan tipe kepribadian lain, ISTP adalah yang paling sedikit yang menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.
5. Termasuk salah satu dari empat tipe yang paling sedikit merasakan kepuasan dari pernikahannya atau dari hubungan intim yang dijalani.
6. Kebanyakan memiliki kemampuan berdagang, mengatasi hal-hal teknis di lapangan, agrikultur, lingkungan hukum, serta pekerjaan terkait militer.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ISTP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, kekurangan, dan Faktanya"