Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian INTP: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian INTP
Kepribadian INTP
Pengertian Kepribadian INTP
Kepribadian INTP adalah akronim dari kepribadian Introverted, Intuitive, Thinking, and Perceiving (INTP). Tipe kepribadian INTP merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Pemilik kepribadian INTP biasanya dikenal sebagai orang yang pendiam, memiliki wawasan luas, serta sering menganalisa sesuatu. Pemilik kepribadian ini juga memiliki sifat yang percaya pada kebenaran, menyukai pengetahuan baru, dan erat dengan kompetensi.

Selain itu, seseorang dengan kepribadian ini disebut-sebut lebih sering menyendiri untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Orang INTP bisa dibilang sebagai pribadi yang genius dengan dunianya sendiri.

Tak heran jika orang yang memiliki karakteristik INTP hanya memiliki beberapa teman dekat, serta tidak pandai bergaul untuk memperlebar lingkaran pergaulan. Disebutkan jika Albert Einstein memiliki kepribadian ini.

Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian INTP dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Introvertion, di mana individu cenderung pendiam dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain. Hal ini dikarenakan orang yang introvert dapat mengisi “energi”-nya dengan menghabiskan waktu sendirian sedangkan berinteraksi justru akan sangat menguras energi.
2. Intuition, individu dengan dimensi ini memiliki cara pandang yang lebih menyeluruh atau komprehensif dibanding secara mendetail karena kurang mengandalkan kemampuan menginderanya.
3. Thinking, dimensi ini menunjukkan individu yang lebih menggunakan pikiran rasional secara objektif dibanding dengan perasaan yang sifatnya subjektif. Keputusan atau pertimbangan yang dimiliki logis berdasarkan fakta-fakta yang ditangkap.
4. Perceiving, individu akan cenderung open-minded atau terbuka pada peluang atau kemungkinan yang ada. Selain itu, individu dengan dimensi ini juga fleksibel sehingga lebih mudah melakukan proses adaptasi diri berdasarkan situasi atau kondisi yang dialami.

Kepribadian INTP Menurut Para Ahli
1. Utami & Bahtiar (2020), kepribadian INTP yang terdiri atas introvertion, intuition, thinking, serta perceiving adalah kepribadian pada seseorang yang lebih menonjolkan kemampuan berpikir yang introvert dengan bantuan intuitif.
2. Dari situs Very Well Mind, orang dengan kepribadian INTP memiliki dunia batin yang kaya dan cenderung memusatkan perhatian pada pikirannya daripada dunia luar. Selain itu, berdasarkan psikolog bernama David Keirsey, hanya ada sekitar 1-5 persen orang di dunia yang memiliki tipe kepribadian ini.

Karakteristik Kepribadian INTP
Terdapat beberapa karakteristik utama tipe kepribadian INTP di antaranya,
1. Suka menyendiri
Sebagai seorang introvert, pribadi INTP sangat suka menghabiskan waktu seorang diri. Mereka lebih suka memusatkan perhatian pada pikirannya sendiri daripada dunia luar, terutama ketika sedang tertekan atau stres.

Orang dengan tipe kepribadian INTP juga biasanya tidak memiliki lingkaran pertemanan yang luas, sehingga cenderung tidak percaya diri bila berada di lingkungan yang baru. Mereka lebih suka bersosialisasi dengan kelompok kecil atau orang-orang terdekat yang memiliki minat dan kesenangan yang sama dengannya.

2. Pemikir
Pribadi INTP umumnya adalah seorang pemikir karena sangat menyukai teori dan ide-ide abstrak. Tipe kepribadian INTP biasanya memiliki pemahaman yang kompleks terhadap segala hal, bahkan sering memikirkan tentang sesuatu yang “out of the box”.

Selain itu, mereka juga selalu memikirkan bagaimana segala hal bisa terjadi dan selalu mencoba menemukan berbagai solusi untuk setiap masalah.

3. Analitis
Tidak hanya pemikir, orang dengan tipe kepribadian INTP juga sangat analitis. Saat dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya membuat keputusan, pribadi INTP cenderung mengesampingkan perasaan serta mengutamakan sifat logis dan objektif.

Saat orang dengan tipe kepribadian INTP mendapatkan informasi dan pengalaman baru, mereka akan membandingkan apa yang sudah diketahui sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mencari pola dan membuat prediksi mengenai apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

4. Fleksibel
Karakteristik tipe kepribadian INTP lainnya adalah fleksibel. Pribadi INTP sangat suka jika memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal. Oleh sebab itu, biasanya ia tidak menyukai aturan dan perencanaan karena kedua hal ini dianggap mengekang kebebasannya.

5. Jujur
Pribadi INTP umumnya juga merupakan pribadi yang sangat jujur dan apa adanya. Mereka percaya bahwa kebenaran adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, pribadi INTP tidak akan segan untuk mengatakan kebenaran, meski dampaknya dapat melukai perasaan orang lain.

Karena orang dengan tipe kepribadian INTP sangat analitis, mereka akan mudah sekali mengetahui saat seseorang tidak berkata jujur. Mereka juga tidak terlalu baik dalam memahami emosional orang lain, sehingga lawan bicaranya harus berterus terang tentang apa yang dibutuhkan dan diharapkan.

Sementara dilansir dari Very Well Mind, terdapat beberapa kunci karakteristik orang yang memiliki kepribadian INTP di antaranya,
1. Cenderung pendiam, memendam perasaan, serta penuh pertimbangan atau bijaksana. Kepribadiannya yang cenderung introvert membuat orang dengan kepribadian ini lebih memilih bersosialisasi dengan teman dengan kelompok kecil yang mempunyai kesamaan ketertarikan atau hubungan dekat.
2. Menikmati waktu untuk memikirkan konsep secara teoritis serta kecenderungan lebih besar pada menggunakan pikiran dibanding emosi. Dengan kata lain, orang yang INTP ketika membuat keputusan lebih berdasarkan pada logika serta hal-hal yang objektif ketimbang menggunakan perasaan yang subjektif.
3. Sangat menekankan pada pentingnya logika untuk melakukan  analisis secara rasional dan objektif berdasarkan fakta-fakta yang ada mengenai segala hal.
4. Cenderung fleksibel dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menemukan ide-ide unik atau menarik.
5. Pola pikir yang digunakan cenderung secara menyeluruh dibanding fokus pada detail-detail kecil.
6. Individu dengan kepribadian ini tidak membatasi pikiran mereka, tetapi lebih dibatasi pada struktur dan peraturan.

Tipe Kepribadian INTP
Ternyata INTP terbagi menjadi dua tipe di antaranya,
1. INTP-A
INTP-A adalah tipe kepribadian dari INTP yang asertif, atau bisa diartikan lebih percaya diri. Seseorang dengan jenis kepribadian ini terus berpikir tentang segala hal yang ada di sekitarnya. Tipe ini dikenal dengan neurotisisme yang rendah.

Hal ini sebab seseorang dengan tipe kepribadian ini memiliki sifat berpikir secara introvert yang dominan dengan intuisi yang kuat.

2. INTP-T
Seseorang dengan tipe kepribadian INTP-T kerap dihubungkan dengan sifat ragu. Orang ini terus-menerus melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Pemilik kepribadian ini memiliki neurotisisme yang tinggi dan terlihat perbedaannya dengan INTP-A.

Selain itu, pemilik kepribadian ini juga memiliki sifat ekstrovert dan membandingkan pengalaman masa lalu dengan yang baru.

Profesi yang Cocok dengan Kepribadian INTP
Orang dengan kepribadian INTP memiliki kekuatan pada berpikir secara logis dengan analisis terhadap konsep yang abstrak. Oleh karena itu, mereka juga memiliki kekuatan dalam penalaran serta kreatif.

Berikut beberapa pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian INTP di antaranya ahli kimia, ahli fisika, ahli forensik, ahli matematika, insinyur, epidemiologis, apoteker, pakar di bidang medis, profesor, teknisi mesin, pengembang software, programer komputer, desainer grafis, animator, analis keuangan, manajemen konsultan, akuntan atau auditor, pengacara, fotografer, penulis.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian INTP
Berikut merupakan nama-nama tokoh yang sudah sangat terkenal di dunia selama bertahun-tahun dengan kepribadian INTP di antaranya Socrates, Rene Descartes, Albert Einstein, Isaac Newton, Abraham Lincoln, William James, Carl Gustav Jung, Immanuel Kant, Bill Gates, Blaise Pascal.

Kelebihan Kepribadian INTP
Seseorang dengan kepribadian INTP bukanlah seseorang yang tidak ramah atau tegang. Ketika mereka terhubung dengan seseorang yang dapat menandingi energi mental mereka, kepribadian INTP benar-benar menyala, melompat dari satu pikiran ke pikiran lainnya.

Beberapa hal memberi mereka energi seperti kesempatan untuk bertukar ide atau menikmati debat yang hidup dengan jiwa penuh keingintahuan. Kelebihan seseorang dengan kepribadian INTP biasanya saat mereka pidato. Mereka mampu mengkomunikasikan ide-ide kompleks dengan kata-kata yang dipilih dengan cermat.

Berikut beberapa kelebihan lain di antaranya,
1. Kecemerlangan secara analistis
Di bawah permukaan yang tenang terdapat kecakapan intelektual yang dibawa oleh INTP ke lingkungan tempat mereka berada. Mereka adalah pemikir cepat dan sangat logis.

Orang lain mungkin tidak mengetahuinya karena banyak yang terjadi di dalam kepala INTP sendiri, tetapi tipe ini unggul dalam menganalisis hubungan antara potongan informasi yang tampaknya acak dan menemukan penjelasan sempurna untuk masalah yang membingungkan sebagian besar tipe kepribadian lainnya.

2. Objektif
INTP dihormati karena mengejar kebenaran, objektivitas, dan pemahaman tanpa henti. Mereka menjadikan ini tujuan hidup mereka dan menyalurkan energi mereka untuk membasmi kesalahan dan menghilangkan ketidakkonsistenan.

Mereka melakukan ini tidak hanya untuk kesenangan pribadi mereka sendiri tetapi karena mereka melihatnya sebagai kontribusi utama mereka kepada dunia dalam bidang apa pun yang mereka temukan sendiri.

3. Imajinatif
Seseorang dengan kepribadian INTP berpikir secara mendalam tentang teori, bagaimana memahami dan menjelaskan konsep yang sulit, dan bagaimana sistem dan produk berfungsi dan dapat ditingkatkan.

Mereka secara alami melihat hal-hal yang tidak dilihat orang lain karena mereka memiliki imajinasi yang secara aktif terfokus dan terpaku pada potensi dan kemungkinan masa depan.

4. Antusias
Bagi orang lain, INTP mungkin terlihat tertutup, tetapi ketika sebuah topik menarik minat mereka, INTP bisa sangat antusias⁠ bahkan bersemangat⁠ untuk mendiskusikannya.

Kegembiraan ini membuat mereka senang berada di sekitar para pendukungnya. Di perusahaan yang tepat, INTP tertarik untuk mengekspresikan selera humor imajinatif mereka, dan senang bermain-main dengan orang-orang yang dapat mereka percayai.

Kekurangan Kepribadian INTP
Orang dengan kepribadian INTP adalah introvert dan cenderung lelah dengan sosialisasi yang ekstensif. Setelah hari yang panjang, mereka mendambakan waktu sendirian untuk berkonsultasi dengan pikiran mereka sendiri.

Kekurangan dari orang dengan kepribadian INTP sering benar-benar terlibat dalam pikiran mereka sendiri. Bagi orang lain, hal tersebut tampak aneh dan tidak konvensional. Selain itu, berikut beberapa kekurangan karakter kepribadian INTP di antaranya,
1. Ketakpastian
Terlepas dari kecakapan intelektual mereka, orang dengan kepribadian INTP sering hidup dalam ketakutan akan kegagalan, cemas bahwa mereka akan mengabaikan beberapa aspek kritis dari teori, ide, atau penemuan mereka.

Hal ini menyebabkan mereka menjadi sadar diri telah membuang waktu dan energi untuk menebak-nebak diri sendiri.

2. Kelinglungan
INTP tidak diberi label "profesor linglung" tanpa alasan. Pada hal yang paling buruk, mereka cenderung tersebar dan tidak teratur. Intelektual dan berpikiran tinggi, mereka terjebak dalam otak mereka sendiri dan gagal untuk menangani kebosanan tingkat rendah di sini dan sekarang seperti tagihan atau tenggat waktu.

Mereka mungkin gagal untuk menyesuaikan diri bahkan dengan harapan dasar kehidupan sehari-hari di masyarakat.

3. Merendahkan
Kelemahan yang signifikan dari karakter INTP adalah kecenderungan untuk merendahkan dan kritis, baik dari lawan mereka atau mereka yang tidak menangkap secepat yang mereka lakukan.

Pengejaran mereka yang terus-menerus akan kebenaran dan objektivitas, meskipun mengagumkan, juga dapat memicu kebrutalan dan ketidaksabaran saat mereka membawa pulang perspektif mereka sendiri. Ini bisa sangat beracun dalam hubungan di mana logika tidak selalu berkuasa.

4. Ketidakpekaan
Orang dengan INTP bisa mendapat masalah karena kecenderungan mereka untuk memprioritaskan aktivitas yang terjadi di pikiran mereka di atas kebutuhan orang lain.

Mereka dengan nyaman menghuni wilayah imajinasi mereka dan ini dapat membawa masalah tertentu, paling tidak bahwa INTP begitu terperangkap dalam teori dan abstraksi mereka sendiri sehingga mereka melupakan segala jenis pertimbangan emosional.

Fokus mereka pada ide dan logika dengan mengabaikan pertimbangan pribadi, sehingga dapat dengan mudah menyinggung perasaan.

Fakta Kepribadian INTP
Kepribadian INTP adalah kepribadian yang unik dengan beberapa fakta yang umumnya terdapat pada individu dengan kepribadian ini di antaranya,
1. Merupakan kepribadian ke-6 yang paling jarang di dunia, yakni hanya terdapat 3,3 persen masyarakat di seluruh dunia yang memiliki kepribadian INTP.
2. Individu dengan kepribadian ini dapat bekerja dengan baik dan maksimal ketika dapat bekerja secara fokus, penuh konsentrasi, serta tidak ada gangguan.
3. Dalam hal jenjang karier, individu yang memiliki kepribadian INTP memang cenderung cocok dalam pekerjaan yang berhubungan dengan sains dan teknis sebab memiliki kekuatan logika dan nalar yang sangat baik, juga ditambah dengan kemampuan berpikir kreatif.
4. Lebih suka melakukan pekerjaan yang lebih lepas dan fleksibel dibanding harus selalu mengikuti peraturan yang ketat.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian INTP: Pengertian, Karakteristik, Tipe, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"